Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Sambal Hitam Madura yang Satu Ini Benar-Benar Menggugah Selera

Resep Sambal Hitam Madura yang Satu Ini Benar-Benar Menggugah Selera

Sambal Hitam Madura

Resep sambal hitam Madura

Resep sambal hitam madura dicari banyak orang setelah kuliner bebek hitam Madura viral duluan. Bebek gorengnya mungkin rasanya sama dengan yang dijual di berbagai warung atau rumah makan. Namun, berbeda dengan sambal atau bumbu hitam khas Maduranya yang rasanya benar-benar otentik.

Rasa nikmat sambal hitam tersebut bahkan bisa mengalahkan proteinnya. Tidak sedikit orang yang berbicara bahwa menyantap nasi putih hangat dengan sambal hitam saja sudah sangat lezat.

Apapun lauk proteinnya yang penting disajikan dengan sambal hitam Madura, dijamin rasanya menggugah selera tiap orang yang menyantapnya. Oleh karenanya, Anda memang harus coba membuat sendiri sambal hitam tersebut.

Lalu, bagaimana resep sambal hitam Madura yang super nikmat? Berikut informasi selengkapnya yang harus Anda ketahui.

Bahan-bahan

  1. 20 buah cabai rawit hijau
  2. 10 buah cabai hijau keriting
  3. 2 butir kemiri
  4. 10 butir bawang merah
  5. 3 siung bawang putih
  6. 2 cm kunyit dibakar
  7. ¼ sendok teh ketumbar disangrai
  8. 2 cm jahe
  9. 2 cm lengkuas
  10. 1 batang serai digeprek diambil bagian putihnya saja
  11. 5 lembar daun jeruk dibuang tulang daunnya
  12. ¼ sendok teh kaldu bubuk ayam
  13. ¼ sendok teh garam
  14. ¼ sendok teh merica
  15. 100 ml air matang
  16. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng dan menumis
Baca Juga :  Cara Membuat Resep Rendang Bumbu Padang

Cara membuat sambal hitam Madura

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep sambal hitam Madura dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Panaskan wajan penggorengan dulu dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng. Setelah minyak panas, goreng semua cabai dan kemiri setengah matang saja. Matikan kompor, angkat dan tiriskan.
  2. Selanjutnya, haluaskan semua cabai dan kemiri yang sudah digoreng tadi. Ditambah kunyit, ketumbar, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, dan batang serai. Anda bisa menggunakan blender atau chopper agar lebih cepat. Namun jika tidak memilikinya, bisa diuleg manual diatas cobek.
  3. Panaskan wajan penggorengan lagi dan kurangi minyak goreng sisa menggoreng cabai dan kemiri sebelumnya. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum.
  4. Tambahkan daun jeruk dan aduk merata. Setelah itu, bumbui dengan kaldu bubuk, garam dan merica. Aduk merata lagi.
  5. Tuangkan air dan kecilkan api kompor. Masak hingga tercampur semua bahan dan mendidih. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah matang, matikan kompor karena sambal hitam sudah jadi dan siap disajikan.
  6. Siapkan piring atau mangkuk saji untuk plating, lalu tuangkan sambal hitam Madura yang sudah matang. Anda bisa langsung menyantapnya dengan nasi putih hangat dan lauk lainnya, seperti telur goreng, ayam, bebek, atau protein lainnya.
Baca Juga :  Resep Semur Daging Bisa Di Tiru Olahan Daging Qurban

Lihat video Sambal Hitam Madura

Sekarang, Anda sekalian tidak penasaran lagi setelah membaca resep sambal hitam Madura diatas. Silahkan dicoba sendiri di rumah dan jika masih tersisa sambalnya, Anda bisa menyimpannya di toples tertutup. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan