Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Steak Ayam Saus Madu, Sajian Western ala Rumahan yang Menggugah Selera

Resep Steak Ayam Saus Madu, Sajian Western ala Rumahan yang Menggugah Selera

Resep Steak Ayam Saus Madu

Resep steak ayam saus madu

Anda sekalian bisa memasak resep steak ayam saus madu yang bercitarasa menggugah selera. Biasanya, steak dibuat dari bahan daging sapi bagian tenderloin yang memang cocok untuk dipanggang.

Namun sekarang, steak berbahan daging ayam juga bisa dibuat dan dimasak. Apalagi ada tambahan saus madu yang rasa manisnya bisa mengimbangi rasa gurih pada bumbu steaknya.

Anda sekalian yang mengaku penggemar steak memang harus mencobanya. Bukan hanya coba mencicipi dan menyantapnya saja, tetapi juga membuatnya sendiri di rumah.

Semua bahan dan bumbunya mudah didapatkan dengan harga cukup terjangkau. Lalu, bagaimana resep steak ayam saus madu yang lezat dan direkomendasikan? Untuk lebih lengkapnya, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 500 gram ayam fillet segar
  2. 3 sendok makan madu
  3. 1 sendok makan kecap manis
  4. 1 sendok makan kecap Inggris
  5. ¼ sendok teh pala bubuk
  6. ½ sendok teh merica bubuk
  7. 3 sendok makan air kaldu ayam
  8. 1 sendok makan saus tomat
  9. 1 sendok teh garam
  10. Minyak goreng secukupnya

Bahan tumis sayuran

  1. 1 sendok makan mentega
  2. 1 buah jagus manis dipotong serong
  3. 2 buah wortel dikupas dan dipotong-potong memanjang
  4. ¼ sendok teh merica bubuk
  5. 1 batang daun seledri dicincang
  6. ¼ sendok teh garam
Baca Juga :  #3 Kue Bolu Sukun, Resep Olahan Buah Sukun

Bahan pelengkap

  1. 1 buah kentang dikupas, dipotong empat bagian, diberi garam secukupnya, lalu digoreng matang
  2. ½ sendok teh cabai merah bubuk

Cara membuat steak ayam saus madu

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep steak ayam saus madu dengan langkah-langkah membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua daging ayam fillet yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Lalu, potong memanjang dengan ketebalan sekitar 1 – 2 cm.
  2. Setelah itu, masukkan daging ayam ke dalam baskom, lalu tambahkan madu, kecap manis, saus omat, kecap Inggris, pala bubuk, merica bubuk, dan garam. Aduk merata dan diamkan sekitar 20 menit agar bumbunya meresap.
  3. Sambil menunggu daging ayam dimarinasi, Anda bisa memasak tumis sayurannya. Siapkan dan panaskan wajan teflon datar, lalu lelehkan mentega yang sdah disiapkan. Setelah panas, masukkan potongan jagung dan wortel. Aduk merata hingga layu.
  4. Tambahkan seledri, merica bubuk, dan garam. Aduk lagi hingga semua bahan tercampur. Silahkan sedikit mencicipi tumisannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah matang, angkat dan sisihkan dulu.
  5. Selanjutnya, siapkan wajan grill untuk memanggang daging ayam. Beri minyak goreng secukupnya diatas wajan, lalu ambil daging yang sudah dimarinasi untuk dipanggang diatasnya. Jangan lupa dibolak-balik agar tingkat kematangannya tepat.
  6. Anda bisa mengoleskan lagi sisa saus madu untuk marinasi tadi di permukaan dagingnya. Pastikan daging sudah matang, lalu angkat dan sisihkan.
  7. Waktunya untuk plating. Siapkan dulu sebuah piring saji untuk plating, lalu letakkan steak ayam yang sudah matang diatasnya. Lengkapi dengan tumisan sayuran dan kentang goreng di sekeliling steaknya. Jangan lupa taburi bubuk cabai secukupnya sesuai selera Anda.
Baca Juga :  Resep Kroket Panggang Sayuran, Cemilan Lezat Mengenyangkan Ide Berbisnis Kuliner

Tidak begitu sulit mempraktikkan cara membuat steaknya seperti uraian diatas. Pastinya resep steak ayam saus madu tersebut bisa disantap bersama keluarga tercinta dan orang terdekat.

Lihat video Resep Steak Ayam Saus Madu

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan