Lompat ke konten
Home » Wisata » Masih di Wilayah Jabotabek, Berlibur ke Situ Rawa Gede Saat Weekend Akan Membuat Pikiran Jadi Fresh Kembali

Masih di Wilayah Jabotabek, Berlibur ke Situ Rawa Gede Saat Weekend Akan Membuat Pikiran Jadi Fresh Kembali

Situ Rawa Gede5

Situ Rawa Gede

Tidak hanya terkenal akan koleksi air terjun, Bogor pun punya destinasi wisata alam menarik lainnya, salah satunya Situ Rawa Gede.

Ini adalah danau alami yang berlokasi di Kecamatan Sukamakmur. Belakangan, objek wisata satu ini semakin populer. Karena tawarkan rekreasi yang lengkap serta harganya murah.

Objek wisata ini menawarkan banyak keseruan. Mulai dari berlayar mengelilingi danau dengan perahu sampai berkemah serta bermain-main di air terjun kecil yang ada.

Tiket Masuk Wisata Situ Rawa Gede

Situ Rawa Gede2
Situ Rawa Gede2

Wisata Situ Rawa Gede berlakukan tiket masuk dari anak-anak di atas usia 5 tahun. Ada pula biaya parkir dan juga biaya tambahan lain untuk naik wahana yang ada atau untuk berkemah.

Pada Juni 2023, daftar harga wisata Situ Rawa Gede sebagai berikut:

  • Tiket Masuk      Rp20.000
  • Tiket Kendaraan Motor   Rp5.000
  • Tiket Kendaraan Mobil   Rp10.000
  • Tiket Camping   Rp10.000

Namun, harga-harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan yang diterapkan pengelola.

Jam Operasional dan Jam Buka Objek Wisata

Objek wisata satu ini dibuka setiap hari. Untuk pengunjung yang akan berkemah, tempat ini dibuka selama 24 jam.

Sementara untuk jam buka adalah Pos Utama 07.30-17.00 dan Pos Dua 24 Jam.

Berbagai Aktivitas Seru di Situ Rawa Gede

Situ Rawa Gede1
Situ Rawa Gede1

Situ Rawa Gede adalah kawasan rawa berlokasi di Desa Sirnajaya, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor. Pengelolaan tempat wisata ini dilakukan dengan gotong-royong oleh organisasi pemuda serta warga setempat yang dibantu pemerintah.

Sampai sekarang, kawasan wisata danau ini terus dikembangkan supaya potensi sebagai destinasi wisata maksimal. Walaupun demikian, ada berbagai macam aktivitas yang dapat dilakukan di sini, seperti wisata danau, berendam di bawah air terjun hingga berkemah.

  • Memancing dan Berlayar
Situ Rawa Gede3
Situ Rawa Gede3

Situ Rawa Gede letaknya tepat di balik perbukitan Puncak. Saat sampai di sana, para pengunjung akan langsung dapatkan pemandangan yang indah dari danau dengan background sawah, bukit, serta sejumlah air terjun di sana. Suara-suara dari alam seperti kicauan burung, suara serangga, serta embusan angin yang membuat daun-daun di pepohonan bergesek dan gemerisik akan manjakan telinga Anda.

Baca Juga :  Keindahan Curug Batu Templek, Bak Lukisan!!!

Setelah Anda menikmati keindahan alam sekitar, pengunjung dapat memilih aktivitas cocok untuk nikmati danau langsung. Ada pilihan sepeda air atau perahu untuk Anda yang ingin arungi danau dan juga semilir angin yang sejuk Situ Rawa Gede di atas air langsung. Perahu cocok untuk Anda yang berkunjung ramai-ramai bersama dengan teman atau keluarga. Sedangkan, sepeda air merupakan pilihan yang cocok untuk yang datang sendiri, bersama keluarga kecil, atau berpasangan.

Anda suka memancing? Situ Rawa Gede pun dapat jadi pilihan tempat memancing. Namun, Anda disarankan membawa peralatan sendiri karena belum ada tempat penyewaan peralatan memancing.

Ada berbagai macam ikan hidup di danau ini, seperti ikan mujair dan ikan nila. Ikan-ikan ini pun dapat diberi makan langsung dengan makanan dapat dibeli di kios yang ada di sekitar danau.

Jika Anda ingin bersantai saja, cobalah untuk mengarungi danau melalui jembatan apung. Jembatan bambu ditopang tong yang warna-warni sering dijadikan spot foto. Tak perlu khawatir akan kelelahan, sebab jaraknya tidak begitu panjang.

  • Bersantai di Kolam Renang
Situ Rawa Gede
Situ Rawa Gede

Ingin mencoba aktivitas yang menarik lain? Cobalah untuk mampir ke kolam renang, kolam ikan terapi, atau kolam rendam. Para pengunjung memang tak boleh berenang di telaga Situ Rawa Gede, tapi pengelola sudah sediakan kolam renang yang dapat dipakai untuk berenang sesukanya.

Baca Juga :  Bali pulina, ngopi sambil melihat keindahan alam

Di sebelum kolam renang, ada kolam yang isinya ikan terapi yang dapat hilangkan sedikit rasa penat dan lelah. Sambil biarkan kaki Anda digelitik mulut-mulut ikan, para pengunjung dapat bersantai nikmati hawa danau sejuk. Ada satu lagi kolam yang dapat digunakan bersantai, yakni kolam rendam. Kolam satu ini cukup unik karena keberadaannya tepat di bawah air terjun kecil. Kolam rendan ini menampung air mengalir dari air terjun. Dapat Anda bayangkan bagaimana kesegaran air di sana.

  • Berkemah dan Selfie
Situ Rawa Gede5
Situ Rawa Gede5

Untuk para pecinta alam yang ingin bermalam, danau ini pun mempunyai lahannya. Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, para pengunjung dapat membawa dan juga mendirikan tenda di sekitaran danau yang ada. Untuk tempat penyewaan tenda dan peralatannya memang belum ada. Maka dari itu, pastikan untuk bawa sendiri.

Ditemani langit malam yang penuh bintang, rasakanlah sensasi bermalam di alam tenang. Pengunjung akan tidur ditemani dengan suara angin malam dan juga hewan-hewan hidup di sekitar. Suhu udara di sekitar danau akan turun setelah hujan, jadi Anda jangan sampai lupa untuk bawa penghangat lebih seperti jaket dan selimut.

Jangan lupa untuk abadikan momen kunjungan Anda di Situ Rawa Gede. Tidak hanya pemandangan indah, ada sejumlah air terjun yang alami dan bisa menjadi spot menarik untuk selfie atau swafoto. Ada pula berbagai fasilitas ciamik sengaja dibuat untuk menjadi latar belakang berfoto, seperti air mancur dan Taman Love.

Fasilitas yang Ada Situ Rawa Gede

Situ Rawa Gede

Fasilitas yang ada di objek wisata ini yakni toilet, lahan parkir, mushola, kios-kios makanan dilengkapi saung, bale-bale istirahat. Fasilitas utama di sini adalah area berkemah, kendaraan air, kolam rendam, kolam renang, kolam terapi, serta taman.

Baca Juga :  Situ Gunung Suspension Bridge, Megah & Penuh Spot Instagramable

Lokasi Objek Wisata Situ Rawa Gede

Destinasi wisata ini berlokasi di Desa Sirnajaya, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat. Lokasi ini dapat Anda jangkau oleh motor dan mobil.

Jaraknya hanya sekitar dua jam dari Jakarta dengan menggunakan mobil (Anda bisa lewat Tol Jagorawi – Citeureup – Sukamakmur), tapi Anda juga bisa menggunakan motor dengan rute dari Cibubur – Cipanas Puncak – Sirnajaya. Sementara dari Bogor, Anda yang menggunakan mobil bisa memilih rute Jonggol atau Sentul. Sedangkan, untuk sepeda motor dapat lewat Cimahpar – Leuwi Hejo – Citeureup.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan