Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Memasak Resep Bacem Hati Sapi yang Lezat dan Bergizi Tinggi

Memasak Resep Bacem Hati Sapi yang Lezat dan Bergizi Tinggi

Bacem Hati Sapi (1)

Resep bacem hati sapi

Resep bacem hati sapi menjadi masakan lezat sekaligus tinggi protein untuk semua orang. Biasanya baceman hanya untuk tahu, tempe, dan daging ayam saja. Bumbu bacem yang identik dengan rasa manis legit memang sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat. Apalagi ditemani sambal sebagai pelengkapnya. Begitu juga dengan baceman memakai bahan utama hati sapi.

Diketahui bahwa hati sapi mengandung zat besi yang cukup tinggi, sehingga efektif mengatasi anemia atau kurang darah. Selain itu, anak-anak juga direkomendasikan memakannya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Tentu saja hati sapinya tidak hanya direbus atau digoreng saja, tetapi dimasak agar rasanya lebih lezat. Salah satu rekomendasinya, yaitu resep bacem hati sapi yang informasi selengkapnya sebagai berikut.

Bahan-bahan

  • 250 gram hati sapi segar
  • 1 lembar daun salam
  • 1 lembar daun jeruk
  • 10 gram gula Jawa
  • 1 sendok teh asam Jawa
  • Air secukupnya untuk merebus hati sapi dan memasaknya

Bumbu yang dihaluskan

  • 3 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sendok makan ketumbar bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 3 cm lengkuas digeprek
Baca Juga :  Inilah Resep Roti John Yang Pastinya Bikin Ngiler

Cara memasak bacem hati sapi

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disediakan lengkap, Anda sekalian bisa segera mempraktikkan cara memasak resep bacem hati sapi dengan langkah-langkah sebagai berikut.

1. Silahkan mencuci dulu semua hati sapi yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Setelah itu, rebus hati sapi sekitar 15 menit hingga matang. Angkat dan tiriskan.

2. Setelah itu, potong-potong hati sapi ukuran sedang atau sesuai selera Anda. Sisihkan saja.

3. Selanjutnya, siapkan panci bersih ukuran sedang dan isi dengan air sekitar 500 ml. Rebus air diatas api sedang hingga mendidih. Lalu, masukkan irisan hati sapinya.

4. Kecilkan api kompor, lalu tambahkan ke dalam panci semua bumbu halus. Aduk perlahan. Tambahkan juga daun salam, gula Jawa, dan asam Jawa.

5. Aduk perlahan dan masak hingga airnya menyusut. Silahkan mencicipi sedikit masakan baceman tersebut untuk mengkoreksi rasanya.

Baca Juga :  Resep Membuat Kue Coklat Tanpa Oven

6. Jika sudah benar-benar matang dan bumbu bacemannya meresap, matikan kompor. Biarkan beberapa saat hingga masakannya tidak terlalu panas.

7. Baceman hati sapi sudah matang dan bisa segera mencicipinya. Namun jika Anda menginginkan bacemannya agak kering, silahkan menggorengnya diatas minyak panas tidak perlu terlalu lama.

8. Siapkan piring saji untuk plating, lalu pindahkan masakan bacem hati sapi yang sudah matang diatasnya. Sajikan dengan nasi hangat untuk menjadikannya lauk makan yang lezat. Jika ingin ada rasa pedasnya, Anda bisa membuat dulu sambal tomat, sambal terasi, atau yang lainnya sesuai selera.

Setelah membaca resep bacem hati sapi diatas, silahkan Anda coba memasaknya di rumah. Semua bahan dan bumbunya masih mudah didapatkan dengan harga terjangkau. Selamat memasak.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan