Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Lappet Gadong Khas Sumatera Utara, Camilan Tradisional dengan Cita Rasa Manis dan Legit

Resep Lappet Gadong Khas Sumatera Utara, Camilan Tradisional dengan Cita Rasa Manis dan Legit

Lappet Gadong (2)

Lappet Gadong

Jajanan tradisional memang sudah hampir punah, tergantikan oleh produk-produk dari pabrik yang lebih fancy dan tahan lama. Padahal, banyak sekali, sebenarnya, kudapan khas daerah yang memiliki cita rasa lezat serta patut dilestarikan.

Salah satunya ialah lappet gadong. Bernama lain lappet pulut, penganan ini berasal dari Sumut, khususnya Suku Batak Toba. Sesuai dengan resep lappet gadong khas Sumatera Utara, bahan utama yang digunakan ialah tepung beras atau tepung ketan.

Nantinya, tepung tersebut dicampur dengan kelapa parut dan diisi irisan gula merah sebelum dibungkus dengan daun pisang dan dikukus sampai matang. Bentuknya menyerupai limas, lancip di bagian atasnya.

Lappet gadong sendiri umumnya dihidangkan hangat-hangat untuk sarapan dan camilan di sore hari. Tak jarang pula muncul di acara-acara Batak, seperti partangiangan atau persekutuan doa dari gereja, tardidi atau baptis, maresek-esek atau lahiran, malua atau naik sidi dan arisan keluarga.

Baca Juga :  6 Resep sederhana kue kering 3 bahan, ini rekomendasinya

Jika penasaran seperti apa, sih, kudapan yang dimaksud. Kamu dapat coba membuatnya di rumah. Dengan bantuan resep lappet gadong khas Sumatera Utara, proses memasak kudapan ini jadi lebih mudah.

Apalagi, bahan-bahan yang dibutuhkan tidak banyak dan gampang ditemukan. Asal ada niat, pasti ada jalan. Ayo lekas dicoba!

Bahan:

  • Tepung ketan atau tepung beras atau ubi parut,
  • Gula merah,
  • Kelapa parut,
  • Daun pisang.

Cara Membuat:

  • Pertama, pilih salah satu tepung yang ingin kamu gunakan dan campur dengan kelapa parut.
  • Kedua, letakkan campuran tadi di atas daun pisang secukupnya.
  • Setelah itu, beri potongan gula merah di bagian tengahnya, kemudian bungkus sampai membentuk kerucut.
  • Selanjutnya, ulangi sampai tepung habis.
  • Kalau sudah, kukus lappet gadong sampai matang. Sajikan saat masih panas.
Baca Juga :  Kue Bolu Mangga Kukus, Sajian nikmat dari olahan Mangga, Ini Resepnya

Mungkin di daerahmu lappet gadong punya nama yang berbeda. Cita rasanya yang manis dan gurih membuat lidah auto berdendang. Sangat pas dinikmati sambil minum kopi. Kalau ada kesempatan, buat, yuk, dengan resep lappet gadong khas Sumatera Utara di atas.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan