Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Onion Ring, Cemilan Lezat yang Mudah Membuatnya

Resep Onion Ring, Cemilan Lezat yang Mudah Membuatnya

Onion Ring (2)

Resep onion ring

Apakah Anda sudah mengenal resep onion ring atau belum? Jika sudah pernah mencicipinya, pasti ingin menyantapnya lagi karena rasanya benar-benar lezat.

Sementara bagi Anda yang belum mengetahuinya, diketahui bahwa onion ring merupakan sejenis makanan kecil atau cemilan.

Berbahan dasar bawang bombay yang diiris-iris berbentuk ring atau lingkaran. Setelah itu, onion dicelupkan di bahan tepung spesial untuk digoreng hingga garing dan matang.

Rasa bawang bombaynya menjadi lebih gurih karena sudah digoreng tepung. Biasanya onion ring disantap dengan cocolan saus tomat/cabai atau mayonais.

Anda yang penasaran dengan rasanya tidak perlu membelinya di luar karena bisa membuatnya di rumah. Namun sebelumnya, silahkan membaca dulu selengkapnya resep onion ring berikut. Semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  • 500 gram bawang bombay ukuran sedang atau besar
  • 500 ml minyak goreng untuk menggoreng
  • Bahan untuk adonan tepung
  • 200 gram tepung terigu
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • 1 butir telur ayam
  • 150 ml susu cair vanila
  • 2 sendok makan minyak goreng
Baca Juga :  Cara Mudah Membuat Dimsum Ayam Udang, Ini Resepnya

Bahan pelengkap

  • Saus tomat/cabai secukupnya
  • Mayonais secukupnya

Cara membuat onion ring

Setelah semua bahan diatas sudah disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan resep onion ring dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Kupas dulu semua bawang bombay yang sudah disiapkan. Setelah itu, iris-iris bawang bombay tersebut dengan ketebalan sekitar ½ cm dan berbentuk ring.
  2. Lakukan langkah tersebut untuk semua bawang bombay. Sisihkan dulu.
  3. Langkah berikutnya membuat adonan tepung untuk celupannya. Caranya, siapkan dulu sebuah wadah baskom bersih, lalu masukkan tepung terigu, garam, dan merica bubuk. Aduk merata.
  4. Setelah itu, tambahkan telur ayam dan minyak goreng. Aduk merata menggunakan sendok atau garpu sambil menuangkan susu cair sedikit demi sedikit ke dalam baskom. Pastikan adonan tepungnya kalis.
  5. Selanjutnya, panaskan wajan teflon datar dan beri minyak goreng untuk menggoreng onion ring. Pastikan minyak di wajan sudah panas, lalu kecilkan api kompor.
  6. Celupkan bawang bombay ke dalam adonan tepung, lalu masukkan ke dalam minyak panas. Lakukan langkah tersebut hingga semua irisan bawang beserta adonan tepung habis.
  7. Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan di semua sisi bawangnya. Jangan lupa membolak-balikkannya agar kematangannya merata.
  8. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Biarkan beberapa saat agar tidak terlalu panas.
  9. Waktunya plating. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu tata semua onion ring yang sudah matang diatasnya. Lengkapi dengan saus tomat/cabai dan mayonais secukupnya di wadah terpisah.
Baca Juga :  Inilah Cara Membuat Resep Kulit Risol Yang Empuk

Ternyata cukup mudah membuatnya dan semua bahannya juga mudah mendapatkannya. Jadi, jangan menunggu lebih lama lagi untuk mencoba resep onion ring diatas. Semoga berhasil.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info