Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Semur Ayam Kecap kesukaan Keluarga

Membuat Semur Ayam Kecap kesukaan Keluarga

Membuat Semur Ayam Kecap (1)

Membuat Semur Ayam Kecap

Bahan-bahan

  1. 1/2 ekor ayam bagi jd 7 atau 8
  2. 1 buah kentang potong kecil2

Bumbu halus(blender)

  1. 3 bh cabe merah keriting
  2. 5 siung bawang merah
  3. 2 siung bwg putih besar
  4. 2 bh kemiri
  5. 1 ruas jahe
  6. 1 bh tomat uk kecil

Bumbu pelengkap

  1. 1 ruas lengkuas geprek
  2. 1 lembar daun salam
  3. Secukupnya kecap manis
  4. Secukupnya lada putih bubuk
  5. Secukupnya garam
  6. Secukupnya kaldu rasa sapi
  7. Air matang

Langkah-langkah membuat Rebusan Ayam Kecap

  1. Langkah pertama dalam membuat Rebusan Ayam Kecap adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan [1]. Anda membutuhkan satu ekor ayam, dipotong menjadi delapan bagian, tiga buah kentang kupas dan potong dadu, sebatang serai yang sudah dimemarkan, dan empat lembar daun salam. Selain itu, Anda juga membutuhkan lima sendok makan kecap manis, satu sendok teh garam, dan satu sendok teh merica. Kentang dan ayam akan dijadikan sebagai komponen utama masakan, sedangkan serai dan daun salam akan memberikan aroma dan rasa yang harum. Kecap manis, garam, dan merica akan menambah kedalaman dan kompleksitas masakan, menjadikannya santapan yang gurih dan memuaskan [2].
  2. Setelah menyiapkan bahan, langkah selanjutnya adalah memasak ayam dan sayuran [3]. Panaskan minyak goreng dalam wajan lalu tumis bawang bombay cincang, bawang putih, dan irisan tomat hingga harum. Tambahkan potongan ayam dan bumbui dengan garam, merica, dan gula. Masak ayam hingga semua sisinya kecoklatan, lalu tambahkan kentang potong dadu dan air secukupnya hingga menutupi ayam dan kentang. Biarkan campuran mendidih sampai ayam dan kentang matang. Hasilnya adalah kuah kaldu beraroma yang cocok untuk disantap dengan nasi atau roti.
  3. Langkah terakhir dalam membuat Rebusan Ayam Kecap adalah menambahkan kecap dan bumbu ke dalam kuahnya [4]. Tambahkan kecap, merica, garam, lengkuas, gula pasir, dan daun salam ke dalam kaldu, aduk hingga tercampur rata. Masak ayam hingga matang sempurna dan bumbu meresap. Hasilnya adalah sup yang kaya dan gurih yang cocok untuk santapan lezat. Sajikan rebusan panas, hiasi dengan irisan daun bawang atau daun ketumbar, dan nikmati kelezatan rasa dan aroma masakan klasik Indonesia ini[5][6].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Bahan Berkualitas** – Gunakan potongan ayam segar berkualitas tinggi dan kecap asin untuk memastikan rasa terbaik pada rebusan Anda. Pilihlah kecap hitam untuk warna yang lebih kaya dan rasa yang lebih dalam. Selain itu, pilih jahe segar, bawang putih, dan bahan aromatik lainnya untuk meningkatkan rasa secara keseluruhan.

Baca Juga :  Membuat Martabak Manis Teflon, Siap dicoba buat Jualan

**Marinasi untuk Infus Rasa** – Marinasi ayam dengan kecap asin, jahe, bawang putih, dan bumbu lainnya minimal 30 menit atau maksimal semalaman. Hal ini memungkinkan bumbu meresap ke dalam daging, sehingga menghasilkan sup ayam yang lebih beraroma dan empuk.

**Menyeimbangkan Rasa** – Dapatkan profil rasa yang seimbang dengan menyesuaikan rasa manis, asin, dan umami dalam rebusan. Pertimbangkan untuk menambahkan sentuhan manis dengan gula merah atau sedikit umami dengan sedikit saus tiram untuk menambah kompleksitas hidangan.

**Memasak Lambat untuk Hasil Lembut** – Pilihlah metode memasak lambat seperti merebus atau merebus untuk memastikan ayam menjadi empuk dan menyerap rasa saus. Proses memasak yang lambat ini membuat daging menjadi lezat dan berair sekaligus menambahkan rasa kecap yang kaya.

**Meningkatkan dengan Aromatik dan Hiasan** – Tingkatkan kualitas hidangan dengan menambahkan bahan aromatik seperti adas bintang, kayu manis, atau merica Sichuan selama proses memasak untuk memberikan lapisan rasa tambahan. Hiasi rebusan dengan daun bawang segar atau daun ketumbar sebelum disajikan untuk menambah warna dan kesegaran pada hidangan.

Baca Juga :  Resep Prol Tape Yang Bisa Anda Nikmati Dengan Keluarga

Pertanyaan Umum

Q: Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Rebusan Ayam Kecap? A: Untuk membuat Rebusan Ayam Kecap, Anda memerlukan potongan ayam, sayuran seperti wortel dan kentang, kecap manis, bawang merah, bawang putih, jahe, garam, merica, dan air.

Q: Bagaimana langkah-langkah memasak ayam dan sayuran dalam rebusan? A: Setelah bahan-bahan siap, langkah pertama adalah merebus potongan ayam hingga matang. Kemudian tambahkan sayuran seperti wortel dan kentang ke dalam rebusan hingga sayuran matang dan empuk.

Q: Kapan tepatnya saya harus menambahkan kecap dan bumbu ke dalam rebusan? A: Setelah ayam dan sayuran matang, tambahkan kecap manis ke dalam rebusan dan biarkan meresap. Selanjutnya tambahkan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, jahe, garam, dan merica sesuai selera Anda.

Q: Apakah ada variasi bahan yang bisa ditambahkan ke dalam rebusan ayam kecap? A: Anda dapat menambahkan bahan-bahan lain sesuai selera, seperti jamur, daun bawang, atau bahkan irisan cabai untuk memberikan rasa pedas.

Q: Berapa lama waktu yang diperlukan untuk memasak Rebusan Ayam Kecap? A: Waktu memasak dapat bervariasi tergantung pada jumlah dan jenis bahan yang digunakan, namun secara umum memasak Rebusan Ayam Kecap biasanya memakan waktu sekitar 30-45 menit hingga semua bahan matang dan bumbu meresap.

Referensi : 

1.   Resep Semur Ayam Manis, Pekat dan Nikmat Bikin Nagih!.  (n.d.)   Diperoleh February 4, 2024, dari www.tokopedia.com 

2.   Resep Praktis Semur Ayam Kecap, Menu Sahur Bagi yang ….  (n.d.)   Diperoleh February 4, 2024, dari www.liputan6.com 

Baca Juga :  Yuk, Memasak Sendiri di Rumah Gulai Kapau Khas Sumatra Barat yang Mantul

3.   Resep Semur Ayam Kecap Sederhana, Lauk Makan untuk ….  (n.d.)   Diperoleh February 4, 2024, dari www.kompas.com 

4.   5 Resep Semur Ayam Favorit Keluarga dan Bisa Jadi ….  (n.d.)   Diperoleh February 4, 2024, dari www.sayurbox.com/blog/5-resep-semur-ayam 

5.   Ini Cara Membuat Semur Ayam yang Enak & Bikin ….  (n.d.)   Diperoleh February 4, 2024, dari aslimasako.com/kegiatan-kami/cara-membuat-semur-ayam-enak 

6.   7 Cara Membuat Semur Ayam yang Enak dan Sederhana, ….  (n.d.)   Diperoleh February 4, 2024, dari www.merdeka.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan