Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema and Video » Resep membuat Ketupat makanan Khas Lebaran yang Menggugah Selera, ini video lengkapnya

Resep membuat Ketupat makanan Khas Lebaran yang Menggugah Selera, ini video lengkapnya

Ketupat_ Makanan Khas Lebaran yang Menggugah Selera (1)

VIdeo

Proses Pembuatan Ketupat yang Unik

Salah satu hal yang menarik dari ketupat adalah proses pembuatannya yang cukup unik. Berbeda dengan nasi biasa yang hanya perlu dimasak, pembuatan ketupat memerlukan beberapa tahapan yang cukup rumit.

Pertama-tama, beras dicuci bersih dan direndam dalam air selama beberapa jam. Tujuannya adalah agar beras menjadi lebih empuk dan mudah diolah. Setelah itu, beras ditiriskan dan dimasukkan ke dalam anyaman daun kelapa yang berbentuk segi empat. Anyaman daun kelapa ini berfungsi sebagai “cetakan” untuk membentuk ketupat.

Selanjutnya, ketupat yang sudah terbungkus dalam anyaman daun kelapa, direbus dalam air mendidih selama beberapa jam. Proses perebusan ini bertujuan untuk memasak beras hingga menjadi padat dan kenyal. Setelah matang, ketupat diangkat dari air rebusan dan didiamkan hingga dingin.

Baca Juga :  Resep sederhana Ayam Goreng Bawang Putih, ini video membuatnya

Salah satu kunci keberhasilan dalam membuat ketupat adalah memastikan anyaman daun kelapa tidak bocor. Jika ada kebocoran, maka air rebusan akan masuk ke dalam beras, sehingga tekstur ketupat menjadi lembek dan tidak kenyal. Oleh karena itu, mempersiapkan anyaman daun kelapa dengan baik menjadi langkah yang sangat penting dalam proses pembuatan ketupat.

Selain itu, durasi perebusan juga memengaruhi tekstur akhir ketupat. Jika direbus terlalu lama, ketupat akan menjadi terlalu padat dan keras. Sebaliknya, jika direbus terlalu sebentar, ketupat akan terasa lembek dan tidak kenyal. Oleh karena itu, diperlukan pengalaman dan eksperimentasi dalam menentukan waktu perebusan yang tepat.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan