Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Nastar Tanpa Gula: Menggoda Dengan Kesehatan dan Kelezatan

Resep Nastar Tanpa Gula: Menggoda Dengan Kesehatan dan Kelezatan

Resep Nastar Tanpa Gula (2)

Resep Nastar Tanpa Gula

Anda pasti pernah mendengar nama nastar, kue khas Indonesia yang terbuat dari tepung terigu, mentega, dan gula. Nastar selalu menjadi hidangan wajib saat momen-momen spesial seperti Lebaran dan natal.

Sebagai kue yang terbuat dari bahan-bahan tersebut, tidak dapat dipungkiri bahwa nastar memang terasa sangat manis dan lezat. Namun, bagaimana dengan orang yang menderita diabetes atau yang sedang menjalani diet ketat?

Apakah mereka harus menolak hidangan nastar yang begitu menggoda? Tenang saja, ada solusi untuk itu. Dengan resep nastar tanpa gula, Anda dapat tetap menikmati kelezatan khas nastar tanpa khawatir terkena dampak negatif dari konsumsi gula berlebih.

1. Nastar Tanpa Gula: Apakah Bisa Tetap Menjadi Nastar?

Tidak dapat dipungkiri bahwa gula adalah salah satu bahan utama dalam pembuatan nastar. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya nastar dapat dibuat tanpa gula dan tetap mempertahankan rasanya yang lezat? Gula dapat digantikan dengan bahan-bahan alami seperti madu, kurma, atau stevia. Madu adalah pilihan yang paling umum karena memberikan rasa manis yang hampir sama dengan gula dan juga memberikan manfaat kesehatan yang lebih baik. Kurma juga dapat menjadi alternatif yang baik, karena selain memiliki rasa manis, kurma juga mengandung serat yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Terakhir, stevia adalah pilihan yang aman untuk penderita diabetes karena memiliki kadar gula yang rendah.

2. Kenapa Memilih Nastar Tanpa Gula?

Selain untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang menderita diabetes atau sedang menjalani diet ketat, memilih nastar tanpa gula juga dapat memberikan manfaat kesehatan yang lebih baik. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa gula adalah salah satu penyebab utama diabetes dan juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan obesitas. Dengan memilih nastar tanpa gula, Anda dapat mengurangi asupan gula yang berlebihan dan mengurangi risiko terkena penyakit-penyakit tersebut. Selain itu, memilih bahan-bahan alami seperti madu atau stevia juga dapat memberikan manfaat kesehatan tertentu seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga menjaga kesehatan gigi.

Baca Juga :  Memasak Resep Ceker Kecap Pedas yang Mudah dan Sederhana ala Rumahan

3. Cara Membuat Nastar Tanpa Gula

Untuk membuat nastar tanpa gula, Anda dapat mengikuti resep nastar tanpa gula yang ada di internet atau dapat juga mencoba membuatnya sendiri dengan mencampurkan bahan-bahan yang sesuai dengan selera Anda. Berikut adalah bahan-bahan yang biasanya digunakan dalam pembuatan nastar tanpa gula:

  1. Tepung Terigu: 500 gram
  2. Mentega: 250 gram
  3. Susu Kental Manis: 200 gram
  4. Telur: 2 butir
  5. Madu/Kurma/Stevia: 100 gram
  6. Almond Bubuk: 100 gram
  7. Baking Powder: 1 sendok teh
  8. Garam: 1/4 sendok teh

Cara membuatnya cukup mudah, campurkan tepung terigu, almond bubuk, baking powder, dan garam dalam satu wadah. Kemudian, tambahkan mentega dan susu kental manis, aduk hingga menjadi adonan yang rata. Setelah itu, tambahkan telur dan madu/kurma/stevia, uleni hingga adonan menjadi kalis. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bulatan kecil dan isi dengan selai favorit Anda. Panggang selama 20-25 menit hingga matang. Dinginkan dan nastar tanpa gula siap disajikan.

4. Ternyata Lebih Sehat dan Lezat

Setelah mencoba membuat nastar tanpa gula, Anda akan terkejut bahwa ternyata rasanya tidak berbeda jauh dengan nastar yang biasa Anda beli di toko. Banyak orang yang sudah mencoba dan menyatakan bahwa nastar tanpa gula justru lebih lezat dan tidak terlalu manis seperti nastar biasa. Dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti madu atau kurma, nastar tanpa gula juga memberikan rasa yang lebih segar dan alami. Selain itu, dengan mengurangi asupan gula yang berlebihan, Anda juga dapat menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Baca Juga :  Resep Brownies Kukus Sederhana, ini Caranya

5. Kesimpulan

Nastar tanpa gula adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin menikmati kelezatan khas nastar tanpa harus khawatir dengan dampak negatif dari konsumsi gula berlebih. Dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti madu, kurma, atau stevia, Anda dapat membuat nastar yang sehat dan lezat. Selain itu, memilih nastar tanpa gula juga memberikan manfaat kesehatan yang lebih baik karena mengurangi risiko terkena penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan obesitas. Anda juga dapat mencoba membuatnya sendiri dan menyesuaikan dengan selera Anda.

FAQ

1. Apakah nastar tanpa gula aman dikonsumsi bagi penderita diabetes?

Ya, nastar tanpa gula aman dikonsumsi bagi penderita diabetes karena menggunakan bahan-bahan alami dengan kadar gula yang lebih rendah.

2. Apa saja bahan-bahan yang dapat digunakan dalam membuat nastar tanpa gula?

Bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membuat nastar tanpa gula antara lain madu, kurma, dan stevia.

3. Apa manfaat kesehatan yang dapat didapatkan dari memilih nastar tanpa gula?

Memilih nastar tanpa gula dapat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes, penyakit jantung, dan obesitas. Selain itu, menggunakan bahan-bahan alami seperti madu atau stevia juga dapat memberikan manfaat kesehatan tertentu.

Baca Juga :  Membuat Makaroni Goreng untuk Bekal Anak Sekolah

4. Apakah rasanya berbeda dengan nastar biasa?

Tidak, banyak orang yang telah mencoba dan menyatakan bahwa nastar tanpa gula tidak berbeda jauh dengan nastar biasa dan bahkan lebih lezat karena tidak terlalu manis.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan