Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Semur Jengkol, salah satu hidangan khas Indonesia 

Resep Semur Jengkol, salah satu hidangan khas Indonesia 

Resep Semur Jengkol (1)

Resep Semur Jengkol

Recipe By siti
Course: Pemula Cusine:Indonesia Difficulty:Mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

250 kcal

INGREDIENTS

  1. jengkol segar

  2. bawang merah

  3. bawang putih

  4. ketumbar

  5. merica

  6. daun salam

  7. lengkuas

  8. gula merah

  9. santan

  10. kecap manis

  11. garam

  12. minyak goreng

  13. air secukupnya

DIRECTION

  1. Pertama-tama

    Pertama-tama, rebus jengkol yang telah dibersihkan hingga empuk. Setelah itu, tumis bumbu yang telah dihaluskan seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan merica hingga harum.

  2. Tambahkan

    Tambahkan daun salam, lengkuas, dan gula merah, aduk hingga bumbu tercampur. Kemudian masukkan jengkol yang telah direbus ke dalam tumisan bumbu.

  3. Tuangkan

    Tuangkan air secukupnya dan masak hingga bumbu meresap dan kuah mengental.

  4. Terakhir

    Terakhir, tambahkan kecap manis, garam, dan santan. Aduk rata dan masak hingga matang.

NOTES

    <a href="https://www.topwisata.info/2024/04/resep-semur-jengkol-ini-video-membuatnya-2.html">Lihat video membuatnya</a>

Semur jengkol merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang sangat populer. Rasanya yang gurih dan pedas membuat semur jengkol menjadi favorit banyak orang. Jengkol sendiri memiliki tekstur yang kenyal dan memiliki rasa yang unik. Dalam pembuatan semur jengkol, diperlukan bumbu-bumbu yang khas sehingga menghasilkan cita rasa yang lezat. Berikut ini adalah resep semur jengkol yang dapat Anda coba di rumah.

Baca Juga :  Resep Pisang Goreng Gulung Nangka, Veriasi Cemilan Enak dan Disukai Banyak Orang

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat semur jengkol, Anda memerlukan bahan-bahan seperti jengkol segar, bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, daun salam, lengkuas, gula merah, dan santan. Selain itu, Anda juga memerlukan kecap manis, garam, minyak goreng, dan air secukupnya. Pastikan untuk memilih jengkol yang masih segar dan baik untuk diolah agar menghasilkan semur jengkol yang enak.

Langkah Pembuatan Semur Jengkol

Pertama-tama, rebus jengkol yang telah dibersihkan hingga empuk. Setelah itu, tumis bumbu yang telah dihaluskan seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan merica hingga harum. Tambahkan daun salam, lengkuas, dan gula merah, aduk hingga bumbu tercampur. Kemudian masukkan jengkol yang telah direbus ke dalam tumisan bumbu. Tuangkan air secukupnya dan masak hingga bumbu meresap dan kuah mengental. Terakhir, tambahkan kecap manis, garam, dan santan. Aduk rata dan masak hingga matang.

Keunikan Rasa Semur Jengkol

Semur jengkol memiliki keunikan rasa yang sulit ditandingi. Jengkol yang memiliki rasa khas dan tekstur kenyal, saat diolah menjadi semur akan semakin nikmat. Bumbu-bumbu rempah yang digunakan dalam semur jengkol juga memberikan aroma yang menggugah selera. Kombinasi antara gula merah, kecap manis, dan santan membuat semur jengkol memiliki rasa manis, gurih, dan sedikit pedas. Semur jengkol juga cocok disajikan dengan nasi hangat dan krupuk sebagai pelengkap.

Baca Juga :  Anda Penasaran dengan Enaknya Soto Bongko Khas Sumedang ? Ini Resepnya

Tips Memasak Semur Jengkol

Agar semur jengkol yang Anda buat memiliki cita rasa yang lezat, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Pertama, pilih jengkol yang masih segar dan bersihkan dengan baik sebelum diolah. Kedua, rebus jengkol hingga benar-benar empuk agar teksturnya tidak terlalu keras. Ketiga, tumis bumbu dengan api kecil agar bumbu tidak gosong dan meresap ke dalam jengkol. Terakhir, masak semur jengkol dengan api kecil hingga bumbu meresap dan kuah mengental.

FAQ (Frequently Asked Questions)

  • Apakah jengkol harus direbus sebelum dimasak? Iya, sebaiknya jengkol direbus terlebih dahulu hingga empuk sebelum dimasak agar teksturnya tidak terlalu keras.
  • Bisakah saya menambahkan bumbu lain ke dalam semur jengkol? Tentu saja, Anda dapat menambahkan bumbu-bumbu lain sesuai dengan selera Anda untuk menambahkan variasi cita rasa.
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak semur jengkol? Waktu memasak semur jengkol sekitar 1-2 jam, tergantung pada besar kecilnya potongan jengkol dan tingkat empuknya.
  • Bolehkah saya menyimpan semur jengkol di dalam kulkas? Iya, Anda dapat menyimpan semur jengkol di dalam kulkas dalam wadah kedap udara untuk menjaga kesegarannya.
Baca Juga :  Yuk, Memasak Resep Tumis Usus Telur Puyuh yang Disukai Banyak Orang

Setelah mengikuti resep dan tips di atas, Anda dapat mencoba membuat semur jengkol sendiri di rumah. Rasakan nikmatnya semur jengkol yang gurih dan pedas dengan tekstur jengkol yang kenyal. Selamat mencoba!

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info