Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Bakpao Kukus, Proses pembuatan mudah, begini step by stepnya

Resep Bakpao Kukus, Proses pembuatan mudah, begini step by stepnya

resep bakpao kukus

Resep Bakpao Kukus, Proses pembuatan mudah, begini step by stepnya

Recipe By siti
Course: Bakpao Kukus Cusine:china Difficulty:mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

40 minutes

Calories

200 kcal

INGREDIENTS

  1. tepung terigu

  2. ragi instan

  3. gula

  4. susu bubuk

  5. minyak sayur

  6. air hangat

  7. daging ayam cincang

  8. wortel

  9. bawang putih

  10. bawang bombay

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Pertama-tama, siapkan adonan bakpao dengan mencampurkan tepung terigu, ragi instan, gula, susu bubuk, minyak sayur, dan air hangat

  2. Langkah 2

    Uleni adonan hingga kalis dan biarkan selama 1 jam hingga adonan mengembang

  3. Langkah 3

    Selanjutnya, siapkan bahan isi bakpao dengan menumis daging ayam cincang, wortel, bawang putih, dan bawang bombay hingga matang

  4. Langkah 4

    Setelah itu, bagi adonan bakpao menjadi beberapa bagian dan pipihkan dengan rolling pin

  5. Langkah 5

    Letakkan adonan isi di tengah adonan bakpao dan bentuk bulat. Kukus bakpao selama 15-20 menit hingga matang.

NOTES

    Untuk mendapatkan bakpao kukus yang lezat dan empuk, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan adonan bakpao telah mengembang dengan baik sebelum dikukus. Kedua, jangan terlalu sering membuka penutup kukusan saat mengukus bakpao agar proses pengembangan adonan tidak terhambat. Ketiga, gunakan api sedang saat mengukus bakpao untuk menghindari adonan menjadi keras. Terakhir, biarkan bakpao sedikit dingin sebelum disajikan untuk tekstur yang lebih lembut.

Bakpao kukus merupakan salah satu jenis makanan tradisional yang sangat populer di Indonesia. Makanan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan berbagai macam bahan, seperti daging ayam, babi, atau kacang hijau ini memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang lembut. Proses pembuatannya yang cukup sederhana membuat bakpao kukus dapat dengan mudah dibuat di rumah. Dalam artikel ini, akan dibahas resep bakpao kukus beserta langkah-langkahnya secara mendalam.

Baca Juga :  Resep Mudah Waffle Buatan Rumah Sendiri

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat bakpao kukus, Anda memerlukan beberapa bahan utama seperti tepung terigu, ragi instan, gula, susu bubuk, minyak sayur, dan air hangat. Selain itu, Anda juga membutuhkan bahan untuk isi bakpao seperti daging ayam cincang, wortel, bawang putih, dan bawang bombay. Bahan-bahan tersebut dapat dengan mudah ditemukan di supermarket terdekat. Pastikan untuk memilih bahan yang segar dan berkualitas untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Langkah Pembuatan Bakpao Kukus

Pertama-tama, siapkan adonan bakpao dengan mencampurkan tepung terigu, ragi instan, gula, susu bubuk, minyak sayur, dan air hangat. Uleni adonan hingga kalis dan biarkan selama 1 jam hingga adonan mengembang. Selanjutnya, siapkan bahan isi bakpao dengan menumis daging ayam cincang, wortel, bawang putih, dan bawang bombay hingga matang. Setelah itu, bagi adonan bakpao menjadi beberapa bagian dan pipihkan dengan rolling pin. Letakkan adonan isi di tengah adonan bakpao dan bentuk bulat. Kukus bakpao selama 15-20 menit hingga matang.

Tips Agar Bakpao Kukus Lezat

Untuk mendapatkan bakpao kukus yang lezat dan empuk, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan adonan bakpao telah mengembang dengan baik sebelum dikukus. Kedua, jangan terlalu sering membuka penutup kukusan saat mengukus bakpao agar proses pengembangan adonan tidak terhambat. Ketiga, gunakan api sedang saat mengukus bakpao untuk menghindari adonan menjadi keras. Terakhir, biarkan bakpao sedikit dingin sebelum disajikan untuk tekstur yang lebih lembut.

Baca Juga :  Resep Bakso Bakar dan Bumbunya, Siap Temani Pergantian Tahun

Variasi Isi Bakpao Kukus

Selain menggunakan daging ayam sebagai isi bakpao kukus, Anda juga dapat bereksperimen dengan berbagai jenis bahan lainnya. Beberapa variasi isi bakpao yang populer antara lain adalah daging babi cincang, kacang hijau, atau bahkan cokelat. Anda juga dapat menambahkan bahan tambahan seperti telur rebus atau keju untuk variasi rasa yang lebih menarik. Cobalah berbagai kombinasi isi bakpao untuk menciptakan rasa yang unik dan lezat.

Kesimpulan

Dengan mengikuti resep dan langkah-langkah pembuatan bakpao kukus yang tepat, Anda dapat dengan mudah membuat makanan tradisional ini di rumah. Rasakan sensasi lezat dan lembutnya bakpao kukus yang hangat bersama keluarga tercinta. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan variasi isi bakpao untuk menciptakan rasa yang sesuai dengan selera Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba membuat bakpao kukus!

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berapa lama adonan bakpao perlu mengembang? Adonan bakpao perlu diistirahatkan selama 1 jam agar mengembang dengan baik sebelum dibentuk dan dikukus.

Apakah ragi instan bisa diganti dengan ragi biasa? Ya, Anda dapat mengganti ragi instan dengan ragi biasa dalam resep bakpao kukus. Namun, pastikan untuk menyesuaikan jumlahnya.

Baca Juga :  Resep Bada Reuteuk Khas Aceh, Kue Kering dengan Cita Rasa Manis-Gurih yang Kini Mulai Punah

Bagaimana cara menyimpan bakpao kukus yang belum habis? Bakpao kukus yang belum habis dapat disimpan dalam wadah kedap udara dan disimpan di dalam lemari es untuk menjaga kelembutannya.

Apakah bakpao kukus bisa dibekukan? Ya, Anda dapat membekukan bakpao kukus yang sudah matang. Saat ingin menyantapnya, cukup dikukus kembali hingga hangat dan teksturnya kembali lembut.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info