Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Pepes Oncom, Kuliner Sederhana yang Sedap dan Mudah Membuatnya

Resep Pepes Oncom, Kuliner Sederhana yang Sedap dan Mudah Membuatnya

Pepes Oncom (1)

Resep pepes oncom

Resep pepes oncom sangat identik dengan kuliner khas Sunda yang sudah melegenda. Pepes dan oncom merupakan dua jenis makanan tradisional yang hingga sekarang masih bertahan di tengah gempuran kuliner impor dari negara lain. Hal itu dikarenakan masyarakat sendiri yang masih mau dan mampu melestarikan masakannya dengan cara memasak sekaligus menyantapnya.

Anda mungkin salah satu penggemar berat pepes atau oncom yang begitu nikmat saat disantap dengan nasi putih hangat. Bagaimana jika keduanya digabungkan, lalu ditambah petai, daun kemangi, dan yang lainnya? Dijamin semakin sedap dan menggugah selera setiap orang. Anda yang penasaran dengan kulinernya silahkan membaca dulu resep pepes oncom selengkapnya berikut. Siapa tahu tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah.

Bahan-bahan

  • 200 gram oncom merah siap pakai
  • 1 lembar daun salam
  • 1 batang serai digeprek
  • 1 genggam daun kemangi dicuci bersih
  • 3 buah cabai merah kering dipotong kecil
  • 1 papan petai dikupas dan dipotong-potong
  • Daun pisang secukupnya untuk membungkus
  • Tusuk gigi secukupnya
Baca Juga :  Resep Sayap Ayam Korea Ala Rumahan

Bumbu yang dihaluskan

  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir

Cara membuat pepes oncom

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disediakan, Anda bisa segera mempraktikkan resep pepes oncom dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Siapkan sebuah wadah baskom bersih, lalu masukkan oncom merah yang sudah disiapkan. Tambahkan semua bumbu halus, lalu aduk merata sambil agak diremas-remas dengan tangan.
  2. Tambahkan daun kemangi, lalu aduk merata lagi. Setelah itu, tambahkan potongan petai, lalu aduk lagi hingga semua bahan tercampur.
  3. Silahkan Anda mencicipi sedikit adonan pepes tersebut untuk memastikan rasanya sudah sesuai selera.
  4. Selanjutnya, ambil selembar daun pisang, lalu beri bahan isian dua sendok makan saja di bagian tengah. Gulung dan bungkus, lalu kedua ujung daun disematkan memakai tusuk gigi agar tidak terlepas.
  5. Lakukan langkah tersebut hingga semua bahan isian pepes habis. Sisihkan dulu.
  6. Siapkan panci kukus, lalu masukkan dan tata semua bungkusan pepes ke dalamnya. Kukus sekitar 15 – 20 menit diatas api kompor sedang hingga pepes benar-benar matang.
  7. Silahkan mengecek tingkat kematangan pepesnya saat proses kukus berlangsung. Setelah matang, matikan kompor dan buka penutup pancinya agar uap airnya keluar.
  8. Setelah pepes tidak terlalu panas, Anda bisa segera menyajikannya. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu ambil 1 – 2 pepes oncom yang sudah matang. Buka sematan tusuknya dan daun pisangnya. Letakkan langsung diatas piring. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Sederhana Apple Pie ala Mcdonalds

Resep pepes oncom diatas cukup mudah dan sederhana untuk dipraktikkan. Silahkan Anda coba sekarang untuk bisa segera mencicipi pepes tersebut. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan