Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Pepes Tahu Kemangi, hidangan tradisional rasa khas dan lezat

Resep Pepes Tahu Kemangi, hidangan tradisional rasa khas dan lezat

Resep Pepes Tahu Kemangi (1)

Resep Pepes Tahu Kemangi

Recipe By siti
Course: Resep Pepes Tahu Kemangi Cusine:indonesia Difficulty:mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

100 kcal

INGREDIENTS

  1. tahu putih

  2. daun kemangi

  3. bawang merah

  4. bawang putih

  5. cabai merah

  6. garam

  7. minyak kelapa

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Langkah pertama dalam membuat pepes tahu kemangi adalah menumis bumbu-bumbu hingga harum dan matang

  2. Langkah 2

    Setelah itu, tambahkan tahu yang telah diiris tipis dan daun kemangi

  3. Langkah 3

    Aduk rata dan tambahkan garam secukupnya

  4. Langkah 4

    Selanjutnya, bungkus adonan tahu dan kemangi dengan daun pisang dan panggang atau kukus hingga matang

  5. Langkah 5

    Proses memasak ini akan membuat aroma daun kemangi menyatu sempurna dengan tahu, menciptakan rasa yang lezat dan segar

NOTES

    Pepes tahu kemangi memiliki cita rasa yang unik dan lezat. Tahu yang lembut dipadu dengan aroma segar kemangi dan bumbu-bumbu yang meresap sempurna menjadikan hidangan ini cocok dinikmati bersama nasi hangat. Selain itu, pepes tahu kemangi juga bisa disajikan sebagai lauk pendamping ketika Anda sedang makan bersama keluarga atau teman. Kelezatan hidangan ini tentu akan membuat lidah Anda bergoyang dan ingin mencicipi lagi.

Pepes tahu kemangi adalah salah satu hidangan tradisional Indonesia yang memiliki rasa yang khas dan lezat. Hidangan ini terbuat dari tahu yang dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang atau dikukus. Kemangi, sebagai bahan utama dalam hidangan ini, memberikan aroma segar dan nikmat yang membuat pepes tahu kemangi menjadi favorit banyak orang. Selain itu, proses memasaknya yang sederhana membuat hidangan ini cocok menjadi pilihan untuk hidangan sehari-hari maupun acara spesial.

Baca Juga :  Resep Onion Ring, Cemilan Lezat yang Mudah Membuatnya

Bahan-bahan

Untuk membuat pepes tahu kemangi, Anda membutuhkan bahan-bahan seperti tahu putih, daun kemangi, bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, garam, dan minyak kelapa untuk menumis. Bahan-bahan ini mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket terdekat. Pastikan untuk memilih bahan-bahan yang segar dan berkualitas agar hasil masakan Anda lebih lezat.

Cara Membuat

Langkah pertama dalam membuat pepes tahu kemangi adalah menumis bumbu-bumbu hingga harum dan matang. Setelah itu, tambahkan tahu yang telah diiris tipis dan daun kemangi. Aduk rata dan tambahkan garam secukupnya. Selanjutnya, bungkus adonan tahu dan kemangi dengan daun pisang dan panggang atau kukus hingga matang. Proses memasak ini akan membuat aroma daun kemangi menyatu sempurna dengan tahu, menciptakan rasa yang lezat dan segar.

Kelezatan Pepes Tahu Kemangi

Pepes tahu kemangi memiliki cita rasa yang unik dan lezat. Tahu yang lembut dipadu dengan aroma segar kemangi dan bumbu-bumbu yang meresap sempurna menjadikan hidangan ini cocok dinikmati bersama nasi hangat. Selain itu, pepes tahu kemangi juga bisa disajikan sebagai lauk pendamping ketika Anda sedang makan bersama keluarga atau teman. Kelezatan hidangan ini tentu akan membuat lidah Anda bergoyang dan ingin mencicipi lagi.

Manfaat Kemangi

Kemangi, sebagai salah satu bahan utama dalam pepes tahu kemangi, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Daun kemangi mengandung antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Selain itu, kemangi juga mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi hidangan pepes tahu kemangi secara rutin dapat memberikan manfaat baik untuk kesehatan Anda.

Baca Juga :  Cara membuat Keripik Tempe Kriuk Gurih

Resep Keluarga

Pepes tahu kemangi tidak hanya sekadar hidangan lezat, tetapi juga memiliki makna dan nilai-nilai keluarga. Proses memasak bersama-sama dengan anggota keluarga, berbagi cerita, dan menikmati hidangan bersama dapat mempererat hubungan keluarga. Pepes tahu kemangi bisa menjadi hidangan favorit dalam resep keluarga Anda, yang selalu disajikan dalam berbagai kesempatan spesial dan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Kesimpulan

Pepes tahu kemangi adalah hidangan tradisional Indonesia yang lezat dan memiliki manfaat kesehatan yang baik. Proses pembuatannya yang sederhana namun memberikan hasil yang lezat dan segar menjadikan pepes tahu kemangi cocok menjadi pilihan hidangan sehari-hari maupun hidangan spesial. Kemangi sebagai bahan utama memberikan aroma segar yang khas dan nikmat, serta memberikan manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Dengan menghidangkan pepes tahu kemangi, Anda tidak hanya memanjakan lidah tetapi juga memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apakah saya bisa menggunakan tahu sutra untuk membuat pepes tahu kemangi? Ya, Anda bisa menggunakan tahu sutra untuk membuat pepes tahu kemangi. Namun, pastikan untuk memotong tahu sesuai dengan selera Anda agar hasilnya lebih enak.

Bolehkah saya menambahkan sayuran lain ke dalam pepes tahu kemangi? Tentu saja! Anda bisa menambahkan sayuran lain ke dalam pepes tahu kemangi sesuai dengan selera Anda, seperti wortel, jagung, atau jamur.

Baca Juga :  Bahan Dan Cara Membuat Potato Wedges

Apakah saya bisa menggunakan minyak goreng biasa untuk menumis bumbu? Anda sebaiknya menggunakan minyak kelapa untuk menumis bumbu agar aroma kelapa dapat menyatu dengan bumbu dan memberikan cita rasa yang lebih khas pada pepes tahu kemangi.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak pepes tahu kemangi? Waktu memasak pepes tahu kemangi tergantung dari metode memasak yang Anda pilih. Jika menggunakan metode panggang, waktu yang dibutuhkan sekitar 30-40 menit. Sedangkan jika menggunakan metode kukus, waktu yang dibutuhkan sekitar 20-30 menit.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info