Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Gazpacho, sup dingin yang berasal dari Spanyol

Resep Gazpacho, sup dingin yang berasal dari Spanyol

Gazpacho

Resep Gazpacho, sup dingin yang berasal dari Spanyol

Recipe By siti
Course: Gazpacho Cusine:eropa Difficulty:mudah

Servings

2 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

30 minutes

Calories

400 kcal

INGREDIENTS

  1. tomat

  2. mentimun

  3. paprika merah

  4. bawang putih

  5. roti tawar

  6. minyak zaitun

  7. cuka anggur

  8. garam

  9. merica secukupnya

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Langkah pertama dalam membuat Gazpacho adalah mencampurkan semua bahan utama, seperti tomat, mentimun, paprika merah, bawang putih, dan roti tawar dalam blender

  2. Langkah 2

    Proses hingga halus dan tambahkan minyak zaitun dan cuka anggur secukupnya

  3. Langkah 3

    Setelah itu, saring campuran Gazpacho ke dalam mangkuk dan dinginkan di dalam kulkas selama beberapa jam

  4. Langkah 4

    Sebelum disajikan, tambahkan garam dan merica secukupnya sesuai dengan selera.

NOTES

    Meskipun Gazpacho tradisional terbuat dari tomat, mentimun, dan paprika merah, namun ada berbagai variasi Gazpacho yang bisa kalian coba. Beberapa variasi tersebut antara lain Gazpacho Verde yang terbuat dari tomat hijau, Gazpacho Andaluz yang kental dengan rasa bawang putih, serta Gazpacho de Aguacate yang ditambahkan dengan potongan alpukat segar. Kalian bisa bereksperimen dengan bahan-bahan lain untuk menciptakan Gazpacho versi personal yang unik.

Halo, Sahabat Kuliner! Apakah kalian pernah mendengar tentang Gazpacho? Gazpacho adalah hidangan sup dingin yang berasal dari Spanyol, terutama populer di wilayah Andalusia. Hidangan yang segar dan lezat ini terbuat dari bahan-bahan seperti tomat, mentimun, paprika, bawang putih, dan minyak zaitun. Gazpacho sangat cocok disantap di musim panas karena kesegarannya yang dapat menyegarkan tubuh kita.

Baca Juga :  Putu Mayang, Cemilan Berkuah Santan, Begini Resepnya

Asal Usul Gazpacho

Gazpacho diperkirakan berasal dari zaman Romawi kuno, di mana hidangan ini dulunya disebut sebagai “apas”. Hidangan ini kemudian berkembang dan menjadi populer di Spanyol, terutama di wilayah Andalusia yang terkenal dengan panasnya. Gazpacho sering kali dihidangkan sebagai hidangan pembuka sebelum makan utama. Resep Gazpacho telah diwariskan dari generasi ke generasi, dan kini menjadi salah satu ikon kuliner Spanyol yang terkenal di seluruh dunia.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat Gazpacho, kalian membutuhkan bahan-bahan segar yang berkualitas. Beberapa bahan yang harus disiapkan antara lain tomat, mentimun, paprika merah, bawang putih, roti tawar, minyak zaitun, cuka anggur, serta garam dan merica secukupnya. Pastikan untuk memilih bahan-bahan yang segar dan matang untuk mendapatkan hasil Gazpacho yang terbaik.

Cara Membuat Gazpacho

Langkah pertama dalam membuat Gazpacho adalah mencampurkan semua bahan utama, seperti tomat, mentimun, paprika merah, bawang putih, dan roti tawar dalam blender. Proses hingga halus dan tambahkan minyak zaitun dan cuka anggur secukupnya. Setelah itu, saring campuran Gazpacho ke dalam mangkuk dan dinginkan di dalam kulkas selama beberapa jam. Sebelum disajikan, tambahkan garam dan merica secukupnya sesuai dengan selera.

Variasi Gazpacho

Meskipun Gazpacho tradisional terbuat dari tomat, mentimun, dan paprika merah, namun ada berbagai variasi Gazpacho yang bisa kalian coba. Beberapa variasi tersebut antara lain Gazpacho Verde yang terbuat dari tomat hijau, Gazpacho Andaluz yang kental dengan rasa bawang putih, serta Gazpacho de Aguacate yang ditambahkan dengan potongan alpukat segar. Kalian bisa bereksperimen dengan bahan-bahan lain untuk menciptakan Gazpacho versi personal yang unik.

Baca Juga :  Ayam Crispy Saus Yakult Pedas, Unik Rasanya

Manfaat Gazpacho

Gazpacho tidak hanya lezat dan menyegarkan, tetapi juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Tomat sebagai bahan utama Gazpacho mengandung antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko kanker. Mentimun dan paprika merah mengandung banyak air dan serat yang baik untuk pencernaan. Selain itu, Gazpacho rendah kalori dan cocok sebagai hidangan sehat bagi yang sedang diet.

Kesimpulan

Gazpacho adalah hidangan sup dingin yang segar dan lezat yang berasal dari Spanyol. Hidangan ini terbuat dari bahan-bahan segar seperti tomat, mentimun, paprika, bawang putih, dan minyak zaitun. Gazpacho sangat cocok disantap di musim panas karena kesegarannya yang dapat menyegarkan tubuh. Dengan memilih bahan-bahan berkualitas dan mengikuti langkah-langkah pembuatannya dengan teliti, kalian dapat menikmati Gazpacho yang lezat dan sehat.

FAQ

1. Apakah Gazpacho hanya cocok disantap di musim panas?

Meskipun Gazpacho lebih populer di musim panas karena kesegarannya, hidangan ini tetap bisa dinikmati di segala musim. Gazpacho dapat menjadi pilihan hidangan sehat kapan pun kalian inginkan.

2. Bisakah saya menyimpan Gazpacho di dalam kulkas?

Tentu saja! Gazpacho dapat disimpan di dalam kulkas selama 1-2 hari. Pastikan untuk menyimpannya di dalam wadah tertutup agar tetap segar.

Baca Juga :  Oseng Ikan Pindang yang Mudah, Murah, dan Rasanya Lezat

3. Bisakah saya menambahkan bahan lain ke dalam Gazpacho?

Tentu saja! Gazpacho sangat fleksibel dan kalian bisa menambahkan bahan lain sesuai dengan selera kalian. Beberapa variasi Gazpacho bahkan menambahkan potongan alpukat atau keju sebagai tambahan.

4. Apakah Gazpacho cocok untuk diet?

Gazpacho adalah pilihan hidangan yang cocok untuk diet karena rendah kalori dan mengandung banyak nutrisi penting. Pastikan untuk memilih bahan-bahan segar dan berkualitas untuk hasil yang terbaik.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info