Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Tofu Stir-Fry, hidangan khas Asia

Resep Tofu Stir-Fry, hidangan khas Asia

Tofu Stir-Fry

Resep Tofu Stir-Fry, hidangan khas Asia

Recipe By siti
Course: Tofu Stir-Fry Cusine:asean Difficulty:mudah

Servings

3 minutes

Preparing Time

70 minutes

Cooking Time

10 minutes

Calories

300 kcal

INGREDIENTS

  1. tofu (tahu)

  2. bawang putih

  3. bawang bombay

  4. paprika

  5. wortel

  6. brokoli

  7. saus tiram

  8. kecap manis

  9. minyak wijen

  10. garam

  11. merica

  12. minyak goreng

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan semua bahan yang diperlukan

  2. Langkah 2

    Kemudian, potong tofu menjadi dadu-dadu kecil dan tumis dengan minyak goreng hingga kecokelatan

  3. Langkah 3

    Setelah itu, masukkan bawang putih, bawang bombay, dan sayuran seperti paprika, wortel, dan brokoli

  4. Langkah 4

    Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata

  5. Langkah 5

    Selanjutnya, tambahkan saus tiram, kecap manis, minyak wijen, garam, dan merica sesuai dengan selera Anda

  6. Langkah 6

    Aduk kembali semua bahan hingga bumbu meresap dan sayuran matang

  7. Langkah 7

    Pastikan tidak terlalu lama memasak sayuran agar tetap renyah dan warnanya tetap cerah

  8. Langkah 8

    Setelah matang, angkat Tofu Stir-Fry dari wajan dan sajikan selagi hangat

NOTES

    Tofu Stir-Fry merupakan hidangan yang kaya akan protein nabati yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, sayuran yang digunakan dalam hidangan ini juga mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi Tofu Stir-Fry secara teratur, Anda dapat menjaga berat badan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan jantung.

Hidangan Tofu Stir-Fry merupakan salah satu hidangan khas Asia yang sangat populer di seluruh dunia. Tofu, yang juga dikenal sebagai tahu, merupakan bahan utama dalam hidangan ini. Tofu yang digoreng dan kemudian disajikan dengan berbagai jenis sayuran dan bumbu membuat hidangan ini memiliki rasa yang gurih, lezat, dan sehat. Tofu Stir-Fry cocok untuk Anda yang menyukai makanan ringan namun menyehatkan. Berikut adalah resep Tofu Stir-Fry yang dapat Anda coba di rumah.

Baca Juga :  Nasi Goreng Siram Laksa yang Unik dan Sedap

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat Tofu Stir-Fry, Anda memerlukan bahan-bahan seperti tofu (tahu), bawang putih, bawang bombay, paprika, wortel, brokoli, saus tiram, kecap manis, minyak wijen, garam, merica, dan minyak goreng. Pastikan Anda menggunakan tofu yang segar dan sayuran yang masih segar agar menghasilkan hidangan yang enak dan sehat. Anda juga bisa menambahkan bahan lain sesuai dengan selera Anda, seperti jamur atau kacang polong.

Langkah-langkah Memasak Tofu Stir-Fry

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Kemudian, potong tofu menjadi dadu-dadu kecil dan tumis dengan minyak goreng hingga kecokelatan. Setelah itu, masukkan bawang putih, bawang bombay, dan sayuran seperti paprika, wortel, dan brokoli. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata.

Selanjutnya, tambahkan saus tiram, kecap manis, minyak wijen, garam, dan merica sesuai dengan selera Anda. Aduk kembali semua bahan hingga bumbu meresap dan sayuran matang. Pastikan tidak terlalu lama memasak sayuran agar tetap renyah dan warnanya tetap cerah. Setelah matang, angkat Tofu Stir-Fry dari wajan dan sajikan selagi hangat.

Manfaat Tofu Stir-Fry

Tofu Stir-Fry merupakan hidangan yang kaya akan protein nabati yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, sayuran yang digunakan dalam hidangan ini juga mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi Tofu Stir-Fry secara teratur, Anda dapat menjaga berat badan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga :  Resep Lontong Kupang Khas Sidoarjo yang Bercita Rasa Gurih dan Nikmat!

Variasi Tofu Stir-Fry

Anda dapat bereksperimen dengan berbagai jenis bumbu dan sayuran untuk menciptakan variasi Tofu Stir-Fry yang berbeda-beda. Misalnya, Anda bisa menambahkan cabai untuk memberikan rasa pedas, atau menggunakan saus sambal untuk memberikan aroma yang lebih kuat. Anda juga bisa mencoba menggunakan sayuran lain seperti sawi atau kacang panjang untuk variasi rasa dan tekstur yang berbeda.

Tips Memasak Tofu Stir-Fry yang Lezat

Untuk mendapatkan Tofu Stir-Fry yang lezat, pastikan Anda menggunakan minyak goreng yang cukup untuk menggoreng tofu hingga kecokelatan. Hal ini akan membuat tofu lebih renyah dan gurih. Selain itu, jangan terlalu banyak memasak sayuran agar tetap renyah dan kaya akan nutrisi. Anda juga bisa menambahkan sedikit air atau kaldu sayuran untuk menjaga kelembutan sayuran.

Kesimpulan

Tofu Stir-Fry merupakan hidangan yang lezat, sehat, dan mudah untuk disiapkan di rumah. Dengan menggunakan bahan-bahan segar dan mengikuti langkah-langkah memasak dengan benar, Anda dapat menciptakan hidangan yang enak dan bergizi. Selamat mencoba memasak Tofu Stir-Fry di rumah dan nikmati kelezatannya bersama keluarga tercinta!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa bedanya tofu dengan tahu?

Tofu dan tahu sebenarnya merupakan bahan yang sama, yaitu kedelai yang difermentasi. Namun, tofu biasanya memiliki tekstur yang lebih lembut dan lezat daripada tahu. Tofu juga lebih sering digunakan dalam hidangan Asia, sementara tahu lebih sering digunakan dalam hidangan Indonesia.

2. Bisakah saya menggunakan tofu yang sudah matang?

Anda sebaiknya menggunakan tofu segar yang belum dimasak sebelumnya untuk Tofu Stir-Fry agar hasilnya lebih lezat dan teksturnya lebih renyah. Tofu yang sudah matang biasanya sudah kehilangan kelembutannya dan tidak akan menyerap bumbu dengan baik.

Baca Juga :  Resep nasi goreng spesial ala rumahan

3. Apakah Tofu Stir-Fry bisa disimpan dalam kulkas?

Ya, Anda bisa menyimpan Tofu Stir-Fry dalam kulkas selama 1-2 hari. Namun, pastikan Anda menyimpannya dalam wadah kedap udara agar tidak cepat basi. Anda juga bisa menghangatkannya kembali sebelum disajikan untuk menjaga rasa dan teksturnya.

4. Bisakah saya menggunakan bumbu lain selain saus tiram dan kecap manis?

Tentu saja! Anda bisa bereksperimen dengan berbagai jenis bumbu sesuai dengan selera Anda. Misalnya, Anda bisa menambahkan bumbu pedas seperti cabai atau saus sambal untuk memberikan rasa yang lebih menantang. Selamat mencoba!

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info