Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Pie Susu tekstur yang lembut dan rasa yang manis

Resep Pie Susu tekstur yang lembut dan rasa yang manis

pie susu

Resep Pie Susu

Recipe By siti
Course: pie susu Cusine:id Difficulty:mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

300 kcal

INGREDIENTS

  1. tepung terigu

  2. telur

  3. gula

  4. mentega

  5. susu kental manis

  6. vanila

  7. keju parut

  8. cokelat meses

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencampurkan tepung terigu, telur, gula, mentega, susu kental manis, dan vanila dalam satu wadah

  2. Langkah 2

    Aduk semua bahan tersebut hingga merata dan membentuk adonan yang kental dan tidak menggumpal

  3. Langkah 3

    Setelah itu, tuangkan adonan ke dalam cetakan pie yang telah diolesi mentega dan taburi dengan sedikit tepung terigu

  4. Langkah 4

    Anda bisa menggunakan cetakan pie kecil agar lebih mudah saat disajikan

  5. Langkah 5

    Setelah adonan diletakkan dalam cetakan pie, selanjutnya adalah proses pengovenan

  6. Langkah 6

    Panaskan oven terlebih dahulu pada suhu tertentu sesuai dengan resep yang Anda ikuti

  7. Langkah 7

    Kemudian, masukkan cetakan pie ke dalam oven dan biarkan pie susu dipanggang hingga matang dan berwarna keemasan

  8. Langkah 8

    Pastikan untuk memeriksa kematangan pie susu dengan mencelupkan tusuk gigi ke dalamnya

  9. Langkah 9

    Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti pie susu sudah matang dan siap untuk disajikan

NOTES

    Untuk mendapatkan hasil pie susu yang sempurna, ada beberapa tips dan trik yang perlu Anda perhatikan. Pastikan untuk menggunakan suhu oven yang tepat agar pie susu matang secara merata. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa kematangan pie susu secara berkala agar tidak terlalu matang atau mentah. Anda juga bisa menambahkan topping seperti almond slice atau buah-buahan segar untuk menambahkan variasi pada pie susu.

Pie susu merupakan salah satu kue khas Indonesia yang banyak disukai oleh masyarakat. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis, sehingga cocok disantap sebagai cemilan atau hidangan penutup. Resep pie susu relatif mudah untuk dibuat di rumah, sehingga Anda bisa mencoba membuatnya sendiri. Dalam artikel ini, kami akan membagikan resep pie susu beserta langkah-langkahnya secara detail.

Baca Juga :  Resep Sambal Hitam Madura yang Satu Ini Benar-Benar Menggugah Selera

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat pie susu, Anda membutuhkan beberapa bahan utama seperti tepung terigu, telur, gula, mentega, susu kental manis, dan vanila. Pastikan untuk menggunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas agar hasil akhirnya juga maksimal. Anda juga bisa menambahkan bahan tambahan seperti keju parut atau cokelat meses sesuai dengan selera Anda.

Langkah-Langkah Pembuatan Pie Susu

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencampurkan tepung terigu, telur, gula, mentega, susu kental manis, dan vanila dalam satu wadah. Aduk semua bahan tersebut hingga merata dan membentuk adonan yang kental dan tidak menggumpal. Setelah itu, tuangkan adonan ke dalam cetakan pie yang telah diolesi mentega dan taburi dengan sedikit tepung terigu. Anda bisa menggunakan cetakan pie kecil agar lebih mudah saat disajikan.

Proses Pengovenan

Setelah adonan diletakkan dalam cetakan pie, selanjutnya adalah proses pengovenan. Panaskan oven terlebih dahulu pada suhu tertentu sesuai dengan resep yang Anda ikuti. Kemudian, masukkan cetakan pie ke dalam oven dan biarkan pie susu dipanggang hingga matang dan berwarna keemasan. Pastikan untuk memeriksa kematangan pie susu dengan mencelupkan tusuk gigi ke dalamnya. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti pie susu sudah matang dan siap untuk disajikan.

Baca Juga :  Korean Lunch Box Cake, Kue Hits di Kalangan Millenials

Tips dan Trik dalam Membuat Pie Susu

Untuk mendapatkan hasil pie susu yang sempurna, ada beberapa tips dan trik yang perlu Anda perhatikan. Pastikan untuk menggunakan suhu oven yang tepat agar pie susu matang secara merata. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa kematangan pie susu secara berkala agar tidak terlalu matang atau mentah. Anda juga bisa menambahkan topping seperti almond slice atau buah-buahan segar untuk menambahkan variasi pada pie susu.

Keunikan Pie Susu dalam Kuliner Indonesia

Pie susu memang bukan kue asing di dunia kuliner Indonesia. Kue ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari berbagai daerah di Indonesia. Keunikan pie susu terletak pada tekstur lembutnya dan rasa manis yang menggoda selera. Selain itu, pie susu juga bisa disajikan dalam berbagai acara seperti lebaran, arisan, atau kumpul keluarga. Rasakan sensasi lezat dari pie susu dan nikmati keunikan kue tradisional ini.

Kesimpulan

Dengan mengikuti resep dan langkah-langkah di atas, Anda bisa dengan mudah membuat pie susu sendiri di rumah. Rasakan kenikmatan kue lembut dan manis ini bersama keluarga dan teman-teman terdekat. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan tambahan bahan atau topping lainnya sesuai dengan selera Anda. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba membuat pie susu sendiri.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berapa lama pie susu dapat disimpan? Pie susu dapat disimpan dalam wadah kedap udara di suhu ruang selama 2-3 hari. Pastikan untuk tidak menyimpan pie susu di tempat yang terlalu lembab agar teksturnya tetap lembut.

Apakah bisa menggunakan susu cair sebagai pengganti susu kental manis? Anda bisa menggunakan susu cair, namun rasanya mungkin akan sedikit berbeda. Untuk rasa yang lebih autentik, disarankan menggunakan susu kental manis.

Baca Juga :  Resep Membuat Risoles Sayur, Sajian Enak dan Bergizi Keluarga

Bagaimana cara membuat kulit pie yang renyah? Untuk membuat kulit pie yang renyah, Anda bisa menambahkan sedikit margarin atau mentega dalam adonan kulit pie. Pastikan juga untuk tidak terlalu banyak mengulen adonan agar teksturnya tetap renyah.

Apakah pie susu bisa dibekukan? Pie susu sebaiknya tidak dibekukan karena teksturnya bisa berubah menjadi lebih lembek setelah dicairkan. Lebih baik disimpan dalam wadah kedap udara di suhu ruang.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info