Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Rendang Daging Kurban, kaya akan rempah-rempah dan bumbu yang kuat

Resep Rendang Daging Kurban, kaya akan rempah-rempah dan bumbu yang kuat

Rendang Daging Kurban (1)

Resep Rendang Daging Kurban

Recipe By siti
Course: Rendang Daging Kurban Cusine:indonesia Difficulty:mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

30 minutes

Calories

300 kcal

INGREDIENTS

  1. daging sapi

  2. santan kelapa

  3. serai

  4. daun jeruk

  5. lengkuas

  6. jahe

  7. bawang merah

  8. bawang putih

  9. cabai merah

  10. cabai rawit

  11. kemiri

  12. ketumbar

  13. jintan

  14. gula merah

  15. garam

  16. minyak goreng

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Pertama-tama, haluskan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kemiri, ketumbar, dan jintan.

  2. Langkah 2

    Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Kemudian masukkan serai, daun jeruk, lengkuas, dan jahe ke dalam tumisan bumbu.

  3. Langkah 3

    Masukkan potongan daging sapi ke dalam tumisan bumbu, aduk hingga daging berubah warna.

  4. Langkah 4

    Tuangkan santan kelapa ke dalam tumisan, tambahkan gula merah dan garam secukupnya

  5. Langkah 5

    Masak dengan api kecil hingga daging empuk dan bumbu meresap.

NOTES

    Selain menggunakan daging sapi, Anda juga bisa mencoba membuat rendang daging kurban dengan menggunakan daging kambing atau ayam. Setiap jenis daging akan memberikan cita rasa yang berbeda pada rendang. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan beberapa bahan tambahan seperti kacang mede atau telur asin untuk variasi yang lebih menarik.

Rendang daging kurban merupakan salah satu hidangan yang sangat populer di Indonesia, terutama saat Idul Adha tiba. Hidangan ini memiliki rasa yang kaya akan rempah-rempah dan bumbu yang kuat, sehingga membuat lidah siapa pun yang mencicipinya akan dimanjakan. Proses memasak rendang daging kurban memang memerlukan kesabaran dan ketelatenan, namun hasil akhirnya pasti akan memuaskan. Berikut ini adalah resep rendang daging kurban yang bisa Anda coba di rumah.

Baca Juga :  Tumis Kangkung Berbumbu Pedas, Nikmati Sensasi Pedasnya yang Menggoda Selera

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat rendang daging kurban yang lezat, Anda memerlukan bahan-bahan seperti daging sapi, santan kelapa, serai, daun jeruk, lengkuas, jahe, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kemiri, ketumbar, jintan, gula merah, garam, dan minyak goreng. Pastikan Anda menggunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Langkah-langkah Memasak

  1. Pertama-tama, haluskan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kemiri, ketumbar, dan jintan.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Kemudian masukkan serai, daun jeruk, lengkuas, dan jahe ke dalam tumisan bumbu.
  3. Masukkan potongan daging sapi ke dalam tumisan bumbu, aduk hingga daging berubah warna.
  4. Tuangkan santan kelapa ke dalam tumisan, tambahkan gula merah dan garam secukupnya. Masak dengan api kecil hingga daging empuk dan bumbu meresap.

Tips dan Trik Memasak Rendang Daging Kurban

  1. Pastikan Anda memilih daging sapi yang berkualitas dan tidak terlalu berlemak untuk mendapatkan rendang yang enak.
  2. Gunakan santan kelapa yang masih segar untuk hasil rendang yang lebih lezat dan gurih.
  3. Untuk mendapatkan rendang yang empuk, Anda bisa juga menggunakan teknik memasak dengan slow cooker.
  4. Simpan rendang dalam wadah kedap udara di dalam lemari es untuk menjaga kelezatannya lebih lama.

Variasi Rendang Daging Kurban

Selain menggunakan daging sapi, Anda juga bisa mencoba membuat rendang daging kurban dengan menggunakan daging kambing atau ayam. Setiap jenis daging akan memberikan cita rasa yang berbeda pada rendang. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan beberapa bahan tambahan seperti kacang mede atau telur asin untuk variasi yang lebih menarik.

Baca Juga :  Lezatnya Ayam Popcorn, Ini Resepnya

Khasiat Rendang Daging Kurban

Rendang daging kurban tidak hanya lezat untuk dinikmati, tetapi juga memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan. Daging sapi yang digunakan mengandung protein tinggi yang baik untuk pertumbuhan otot. Selain itu, rempah-rempah yang digunakan dalam rendang seperti jahe, lengkuas, dan serai memiliki khasiat antioksidan dan antiinflamasi yang baik untuk tubuh.

Kesimpulan

Dari resep rendang daging kurban di atas, Anda bisa mencoba untuk membuat hidangan lezat ini di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang diberikan, Anda akan mendapatkan rendang daging kurban yang enak dan lezat. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan bahan-bahan dan rempah-rempah lain untuk menciptakan variasi rendang yang unik dan menarik.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak rendang daging kurban? Waktu memasak rendang daging kurban biasanya memakan waktu sekitar 3-4 jam hingga daging benar-benar empuk dan bumbu meresap.

Apakah rendang daging kurban bisa disimpan dalam freezer? Ya, rendang daging kurban bisa disimpan dalam freezer selama 1-2 bulan dalam wadah kedap udara untuk menjaga kelezatannya.

Apakah bisa menggunakan daging sapi yang sudah dipotong kecil untuk memasak rendang? Bisa, namun sebaiknya gunakan daging sapi yang masih dalam bentuk potongan besar agar daging tetap empuk saat dimasak dalam waktu yang cukup lama.

Baca Juga :  Resep Kue Bimoli, Klasik, lezat, tekstur yang lembut, dan tampilan yang cantik

Apakah rendang daging kurban bisa disajikan dengan nasi atau lontong? Ya, rendang daging kurban biasanya disajikan dengan nasi hangat atau lontong sebagai makanan utama. Anda juga bisa menikmatinya dengan ketupat atau lemang.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info