Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Sarden Kaleng, rasanya yang lezat dan mudah dibuat

Resep Sarden Kaleng, rasanya yang lezat dan mudah dibuat

Sarden Kaleng1 (1)

Resep Sarden Kaleng

Sarden kaleng merupakan salah satu jenis makanan siap saji yang praktis dan mudah disajikan. Sarden kaleng biasanya terbuat dari ikan sarden yang dimasukkan ke dalam kaleng beserta bumbu-bumbu lainnya. Makanan ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia karena harganya yang terjangkau dan rasanya yang lezat. Berikut ini adalah berbagai resep sarden kaleng yang bisa Anda coba di rumah.

Sarden Kaleng Tumis Bawang

Resep sarden kaleng tumis bawang adalah salah satu resep yang paling sederhana dan mudah untuk dipraktikkan. Anda hanya perlu menumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, lalu masukkan sarden kaleng beserta air kalengnya. Tambahkan sedikit garam, merica, dan kecap manis untuk menambahkan cita rasa. Biarkan tumis hingga bumbu meresap ke dalam sarden. Sajikan sarden kaleng tumis bawang hangat dengan nasi putih.

Sarden Kaleng Rica-Rica

Resep sarden kaleng rica-rica adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang menyukai makanan pedas. Untuk membuat sarden kaleng rica-rica, tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, dan daun jeruk hingga harum. Masukkan sarden kaleng beserta air kalengnya ke dalam tumisan bumbu. Tambahkan garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya. Biarkan mendidih hingga bumbu meresap sempurna ke dalam sarden. Sajikan sarden kaleng rica-rica panas dengan taburan daun bawang di atasnya.

Baca Juga :  10+ Resep Nasi Goreng Rumahan, Rasa Mewah, Coba Pilih

Sarden Kaleng Goreng Tepung

Resep sarden kaleng goreng tepung adalah pilihan yang cocok untuk camilan atau lauk makan. Untuk membuat sarden kaleng goreng tepung, tiriskan sarden kaleng dan lumuri dengan campuran tepung terigu, tepung beras, garam, merica, dan bumbu lainnya. Goreng sarden hingga kuning keemasan. Sajikan sarden kaleng goreng tepung hangat dengan saus sambal dan irisan jeruk nipis.

Sarden Kaleng Kuah Santan

Resep sarden kaleng kuah santan adalah pilihan yang cocok untuk Anda yang menyukai masakan berkuah gurih. Untuk membuat sarden kaleng kuah santan, tumis bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, dan lengkuas hingga harum. Tuangkan santan ke dalam tumisan bumbu dan didihkan. Masukkan sarden kaleng beserta air kalengnya ke dalam kuah santan. Tambahkan garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya. Biarkan mendidih hingga bumbu meresap ke dalam sarden. Sajikan sarden kaleng kuah santan hangat dengan taburan bawang goreng di atasnya.

Baca Juga :  5 Resep Masakan Sehari Hari ala Chef untuk Membuat Masakan Rumahan Menjadi Lebih Spesial

Kesimpulan

Sarden kaleng merupakan salah satu jenis makanan siap saji yang praktis dan mudah disajikan. Dengan berbagai resep yang dapat Anda coba di rumah, Anda dapat menikmati sarden kaleng dengan cara yang berbeda setiap harinya. Selamat mencoba!

FAQ

Apakah sarden kaleng sehat untuk dikonsumsi setiap hari? Sarden kaleng mengandung protein tinggi dan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Namun, sebaiknya tidak mengonsumsi sarden kaleng setiap hari karena mengandung kadar garam yang tinggi.

Berapa lama sarden kaleng dapat disimpan? Sarden kaleng dapat disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama, sekitar 1-2 tahun tergantung pada tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan.

Apakah bisa menggunakan sarden kaleng untuk membuat variasi olahan makanan lainnya? Tentu saja! Sarden kaleng bisa diolah menjadi berbagai macam masakan seperti sarden goreng, sarden kuah santan, sarden rica-rica, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  10 Resep Sop untuk hidangan sehari-hari

Apakah ada sarden kaleng yang tidak mengandung tulang? Beberapa merek sarden kaleng telah menghilangkan tulang dari ikan sardennya sehingga aman dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa. Pastikan untuk memeriksa keterangan di kemasan sebelum membeli.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info