Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Sate Daging Kurban, hidangan lezat saat idul adha

Resep Sate Daging Kurban, hidangan lezat saat idul adha

Sate Daging Kurban

Resep Sate Daging Kurban

Recipe By siti
Course: Sate Daging Kurban Cusine:indonesia Difficulty:mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

10 minutes

Calories

300 kcal

INGREDIENTS

  1. daging sapi segar

  2. bawang putih

  3. bawang merah

  4. ketumbar

  5. merica

  6. garam

  7. minyak goreng

  8. kecap manis

  9. tusuk sate

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memotong daging sapi sesuai dengan selera, kemudian haluskan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, dan merica

  2. Langkah 2

    Campurkan daging sapi dengan bumbu yang telah dihaluskan, tambahkan garam secukupnya, dan diamkan selama beberapa jam agar bumbu meresap sempurna

  3. Langkah 3

    Setelah itu, tusukkan potongan daging sapi ke tusuk sate secara bergantian.

NOTES

    Agar sate daging kurban memiliki tekstur yang empuk dan cita rasa yang meresap, teknik memanggangnya pun perlu diperhatikan. Panaskan panggangan atau grill, kemudian olesi sate dengan minyak goreng agar tidak lengket. Panggang sate di atas bara api sambil sesekali membaliknya hingga matang sempurna dan berwarna kecoklatan. Jangan lupa untuk sesekali mengoleskan kecap manis agar sate lebih beraroma dan menggoda.

Sate daging kurban merupakan salah satu hidangan lezat yang sering disajikan ketika momen kurban tiba. Sate ini memiliki cita rasa yang khas dan tentu saja menjadi favorit banyak orang. Proses pembuatannya pun tidak terlalu sulit, namun memerlukan sedikit ketelatenan dan keahlian agar hasilnya maksimal. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam mengenai resep sate daging kurban beserta langkah-langkahnya.

Baca Juga :  MAPO TAHU, Sajian Nikmat bagi Pecinta Masakan China

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Untuk membuat sate daging kurban, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan, antara lain daging sapi segar, bawang putih, bawang merah, ketumbar, merica, garam, minyak goreng, kecap manis, dan tusuk sate. Pastikan untuk memilih daging sapi yang berkualitas dan bebas dari lemak berlebih agar hasil sate lebih empuk dan enak. Selain itu, bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, dan merica akan memberikan cita rasa yang khas pada sate daging kurban.

Langkah Pembuatan Sate Daging Kurban

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memotong daging sapi sesuai dengan selera, kemudian haluskan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, dan merica. Campurkan daging sapi dengan bumbu yang telah dihaluskan, tambahkan garam secukupnya, dan diamkan selama beberapa jam agar bumbu meresap sempurna. Setelah itu, tusukkan potongan daging sapi ke tusuk sate secara bergantian.

Teknik Memanggang Sate Daging Kurban

Agar sate daging kurban memiliki tekstur yang empuk dan cita rasa yang meresap, teknik memanggangnya pun perlu diperhatikan. Panaskan panggangan atau grill, kemudian olesi sate dengan minyak goreng agar tidak lengket. Panggang sate di atas bara api sambil sesekali membaliknya hingga matang sempurna dan berwarna kecoklatan. Jangan lupa untuk sesekali mengoleskan kecap manis agar sate lebih beraroma dan menggoda.

Baca Juga :  Resep Daging Sapi Lada Hitam Sederhana

Penyajian Sate Daging Kurban

Setelah sate matang sempurna, angkat dari panggangan dan sajikan dengan taburan bawang goreng dan irisan cabai merah untuk menambah cita rasa pedas. Sate daging kurban siap disantap selagi hangat bersama nasi putih, lontong, atau ketupat. Nikmati kelezatan sate daging kurban bersama keluarga dan kerabat terdekat pada momen spesial seperti Idul Adha.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa sate daging kurban adalah hidangan yang lezat dan kaya akan rempah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang sederhana, siapapun dapat mencoba membuat sate daging kurban di rumah. Teknik memanggang yang tepat akan menghasilkan sate yang empuk dan aromatik. Jangan lupa untuk menyajikan sate daging kurban dengan taburan bawang goreng dan kecap manis agar rasanya semakin nikmat.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk merendam daging sapi dengan bumbu?

Idealnya, merendam daging sapi dengan bumbu selama minimal 2-3 jam agar bumbu meresap secara maksimal.

Apakah bisa menggunakan daging lain selain daging sapi untuk membuat sate daging kurban?

Tentu saja, Anda bisa menggunakan daging ayam atau kambing sesuai dengan selera Anda.

Apakah wajib menggunakan tusuk sate bambu untuk membuat sate daging kurban?

Tidak harus, Anda juga bisa menggunakan tusuk sate dari stainless steel agar lebih awet dan tidak mudah patah.

Baca Juga :  Nasi Bakar Teri Satu Ini Dijamin Menggoyang Lidah Anda

Bolehkah memanggang sate daging kurban menggunakan oven?

Boleh, namun hasilnya mungkin sedikit berbeda dengan memanggang menggunakan panggangan tradisional.

Dengan demikian, Anda sudah siap untuk mencoba membuat sate daging kurban sendiri di rumah. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan lezat ini bersama orang-orang tercinta!

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info