Selasa, 08 September 2020

Resep Ayam Suwir Nasi Krawu Khas Gresik

Resep Ayam Suwir Nasi Krawu



Kalian pasti kenal dengan makanan khas gresik yaitu nasi ayam suwir atau biasa dikenal dengan nasi krawu. Makanan khas gresik satu ini sangat populer dimana saja, bahkan tidak hanya di gresik saja kalian bisa menemukan makanan yang satu ini tersebar di seluruh pelosok negeri.

Makanan yang khas dengan rasa legit, gurih dan enak ini sangat memanjakan lidah para penikmat krawu. Nasi krawu memang terbagi menjadi 2 varian, yaitu krawu daging dan krawu ayam.

Nah, yang akan saya ulas kali ini adalah nasi krawu ayam atau ayam suwir yang sangat enak khas kota pudak gresik. Nasi krawu memang lengkap dengan tambahan seperti semur daging, jeroan sapi, sambal terasi dan serundeng.

Namun topwisata kuliner akan membagikan resep step by step dulu ya, kita fokus ke pembuatan nasi krawu ayam dulu ya moms.

Bahan - bahan membuat ayam suwir nasi krawu :

  1. 1 kg dada ayam
  2. 2 lembar daun salam
  3. 1 sendok makan saus tiram
  4. 1 buah jeruk nipis
  5. 2 lembar daun jeruk
  6. kecap manis secukupnya
  7. garam secukupnya
  8. gula pasir secukupnya
  9. minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus:

  1. 8 butir bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 5 buah cabai merah besar
  4. 2 butir kemiri
  5. 1 ruas jari lengkuas
  6. 1 ruas jari kunyit
  7. 1 keping gula merah
  8. 1 sendok teh ketumbar bubuk

Cara Membuat Ayam Suwir Nasi Krawu:

  1. Cuci bersih dada ayam yang kalian siapkan tadi, kemudian lumuri dengan perasan air jeruk nipis. Diamkan dan sisihkan.
  2. Setelah dilumuri dengan perasan jeruk nipis kurang lebih 10 menit, kemudian rebus ayam tersebut sampai matang. angkat dan goreng sebentar saja, agar teksturnya tidak mengeras.
  3. Setelah itu kalian angkat dan dinginkan, ayam tadi langsung kalian suwir-suwir menjadi potongan yang lebih kecil seperti daging suwir. kemudian sisihkan.
  4. Siapkan panci penggorengan, lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, kemiri, lengkuas, kunyit, gula merah dan ketumbar. Tumis sampai harum lalu tambahkan daun salam dan daun jeruk.
  5. Ketika tumisan bumbu tadi sudah harum ,masukan ayam suwirnya ke dalam penggorengan, aduk-aduk hingga tercampur rata. Selang beberapa menit, tambahkan saus tiram, kecap manis, gula dan garam. aduk-aduk lagi sampai semua tercampur rata.
  6. Tunggu sampai bumbu-bumbu meresap dan tercium bau harum, kemudian matikan kompor. angkat dan diamkan.
  7. Siapkan piring besar dan tuangkan, siapkan nasi sebagai karbohidrat nya dan nasi ayam suwir krawu siap disantap bersama keluarga, lebih nikmati lagi jika ditambahkan topping bawang merah goreng.


TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments