Senin, 07 September 2020

Resep Ayam Suwir Pedas, Enak Penambah Selera

Resep Ayam Suwir Pedas



Membuat Topping makanan seperti bubur atau nasi akan terasa nikmat jika kita memilih topping yang tepat. Salah satu topping yang tepat adalah ayam suwir-suwir pedas ataupun biasa.

Untuk membuat ayam suwir yang enak, bahan-bahan dan bumbunya cukup simple dan mudah ya topwisata lovers. tinggal masukan bumbu sana sini dan geprek, jadi deh ayam suwir yang enak untuk topping bubur.

Ayam suwir juga bisa kalian tambahkan varian tingkat pedasnya ya moms. Mau yang level 1, 2 atau tiga. Silahkan tambahkan cabe rawitnya di resep berikut.

Bahan-bahan ayam suwir :

  1. 1 pasang dada ayam
  2. 2 batang serai, geprek
  3. 2 cm jahe, geprek
  4. 2 cm lengkuas, geprak
  5. 2 lembar daun salam
  6. 4 lembar daun jeruk
  7. 1 sendok makan air jeruk nipis
  8. garam secukupnya
  9. gula pasir secukupnya
  10. minyak goreng secukupnya
  11. 1 sendok makan air jeruk nipis

Bumbu halus :

  1. 10 buah cabai rawit
  2. 2 buah cabai merah besar
  3. 6 butir bawang merah
  4. 4 siung bawang putih

Cara membuat ayam suwir pedas :

  1. Langkah-langkah untuk membuat ayam suwir sangatlah mudah sekali, pertama adalah dengan merebus dada ayam bersama dengan daun salam, batang serai geprek sampai matang. angkat dan tiriskan, biarkan sampai ayamnya dingin.
  2. Sambil menunggu ayam dingin, kalian bisa menyiapkan bahan lainnya. Tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan tadi seperti cabai rawit, cabai merah besar, bawang merah, bawang putih bersama dengan serai, jahe, lengkuas dan daun jeruk. Nah, sebelum kalian tumis bumbu-bumbu tadi, suwir-suwir ayam yang sudah dingin tadi dan masukan bersama bumbu yang kalian tumis.
  3. Tambahkan gula dan garam ke dalam tumisan bumbu tadi, aduk-aduk hingga tercampur rata.
  4. Tambahkan perasan jeruk nipis ke dalam tumisan ayam suwir tadi, dan aduk-aduk lagi hingga benar-benar meresap dan wangi.
  5. Untuk menyajikan, kalian bisa menggunakan nasi daun jeruk ( resep nasi daun jeruk bisa kalian jumpai di “Cara membuat Nasi Daun Jeruk yang enak” ) atau nasi putih biasa. Sajikan selagi hangat dan tambahkan irisan tomat serta daun jeruk.


TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments