Sabtu, 15 Agustus 2020

Resep Bubur Manado yang Gurih dan Nikmat

Resep Bubur Manado

Membuat sajian makanan enak untuk sarapan pagi tentunya menjadi dambaan bagi para mama ya. Karena dengan sarapan yang bergizi, mudah dan enak akan menambah anak-anak dan suami jadi semangat kerjanya.

Nah, makanan seperti apa sih yang bisa seperti itu. Tentunya membuat makanan bubur ya, sangat mudah disajikan dan kaya akan gizi. Membuat Bubur Gurih Manado adalah jawabannya yang tepat. Bubur Gurih Manado ini kaya akan sayur-sayuran yang melimpah, begitu juga labu, jagung dan singkong.

Bubur Manado ini biasanya disajikan bersama dengan bakasang atau sejenis terasi yang terbuat dari fermentasi perut ikan, kamu juga bisa menambahkan lagi dengan ikan asin kering.

Nah, gimana topwisata lovers. Udah kebayang kan enaknya bubur manado yang siap kalian buat ini. Tanpa berlama-lama lagi, berikut tips resep membuat Bubur Manado dan langkah-langkahnya.

Bahan-bahan Bubur Manado :

  1. 200 gram beras
  2. 1250 ml air
  3. 200 gram labu kuning, kukus
  4. 1 buah ubi kuning/singkong, potong seukuran suapan
  5. 1 batang jagung, pipil
  6. 1 ikat kangkung, iris 3-5 cm
  7. 1 genggam kemangi
  8. 1 lembar daun kunyit
  9. 3 buah serai, memarkan
  10. 2 batang daun bawang, iris halus
  11. 3 siung bawang putih cincang
  12. 1 sendok makan minyak goreng
  13. 1/2 sendok teh garam
  14. 1 sendok teh kaldu bubuk
  15. merica bubuk secukupnya

Bahan Pelengkap Bubur Manado :

  1. ikan asin, goreng hingga renyah
  2. sambal terasi secukupnya

Cara Membuat Bubur Manado :

  1. Langkah pertama untuk membuat Bubur Manado yang enak dan gurih ini adalah dengan memasak beras bersama dengan ubi/singkong yang dipotong kecil, jagung pipil, serai, dan jangan lupa air 1000 ml. masak kurang lebih 60 menit.
  2. Dengan menunggu kurang lebih 60 menit tadi, kalian bisa menyiapkan bahan-bahan yang lain yaitu dengan mengukus labu sampai empuk. Setelah Labu sudah empuk angkat dan potong-potong menjadi bagian kecil, pisahkan menjadi 2 bagian, karena yang setengahnya akan ditumbuk kasar. Masukan labu yang sudah ditumbuk tadi kedalam masakan bubur.
  3. Lihat ke dalam masakan Bubur tadi, dan cek ubi / singkong, apabila sudah empuk, tambahkan air kurang lebih 250 ml lalu tambahkan garam, merica, daun kunyit, kangkung, daun kemangi dan 1 sendok minyak goreng.
  4. Tunggu kurang lebih 10 menit lalu matikan kompor. Tunggu sampai panas berkurang dan Tuangkan Bubur ke dalam mangkuk besar. Sajikan bersama sambal terasi dan ikan asin yang sudah digoreng hingga renyah.

Nah, gimana topwisata kuliner. Sangat mudah dan simpel bukan membuat Bubur Manado yang gurih dan nikmat dirumahaja.

Terus berkarya meskipun dirumahaja.





TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments