Selasa, 18 Agustus 2020

Bubur Suro Kental dan Tidak Berair, Cocok Meriahkan Tahun Baru Islam

Bubur Suro Kental dan Tidak Berair


Besok tanggal 21 Agustus 2020 adalah malam satu suro yang juga bertepatan dengan 1 muharram, dimana pada tanggal tersebut adalah tahun baru islam. Biasanya pada malam tersebut masyarakat di Indonesia senantiasa memanjatkan doa dan ngaji bareng.


Tidak hanya itu saja, pada malam 1 suro biasanya masyarakat di Jawa membuat makanan khas yang tidak lekang oleh waktu, yaitu bubur suro. Bubur Suro ini sendiri terbuat dari berbagai macam rempah-rempah dan bahan dasar beras.


Sehingga Bubur Suro ini mempunyai cita rasa yang gurih dan enak. Nah, jika kalian ingin merasakan Bubur Suro ini dirumah, kalian bisa juga kok membuatnya sendiri. Bahan-bahan dan cara membuatnya juga sangat mudah, sehingga tidak akan sulit bagi kalian yang baru pertama kali memasak ataupun yang sudah pro.

Oke deh, tanpa berlama-lama lagi. Yuk kita simak cara membuat bubur suro yang kental dan tidak mudah berair dirumah aja.

Bahan Bubur Suro :


  1. 150 gram beras, cuci bersih
  2. 1500 ml santan kelapa
  3. 1 sdt garam
  4. 2 lembar daun salam
  5. 1 batang serai, memarkan

Pelengkap Bubur, untuk mendapatkan sensasi makan bubur suro yang enak banget. Kalian bisa kok menambahkan pelengkap bubur suro seperti dibawah ini, dijamin deh rasanya bikin kalian ingin lagi dan lagi.

Bahan pelengkap atau topping untuk membuat bubur suro menjadi lebih nendang adalah sebagai berikut :


  1. Kare ayam
  2. Telur dadar, iris memanjang
  3. Kacang-kacangan meliputi kacang kedelai goreng, kacang tanah goreng, kacang polong rebus, kacang mede goreng, kacang merah rebus
  4. Bawang merah goreng, secukupnya
  5. 1 butir telur rebus, belah jadi empat atau dua
  6. Daun seledri, cincang halus
  7. Perkedel kentang, secukupnya
  8. Sambal, secukupnya

Cara Membuat Bubur Suro yang kental dan tidak berair :

  1. Langkah pertama untuk membuat bubur suro yang enak dan kental adalah dengan menyiapkan dulu semua bahan-bahan utamanya seperti beras, santan, garam, daun salam, dan serai.
  2. Siapkan alat untuk memasak seperti panci, dan masukan beras, santan dan terus menerus diaduk.
  3. Setelah selang beberapa menit, tambahkan garam, daun salam, dan batang serai kedalam panci yang kalian rebus tadi. aduk-aduk lagi hingga tercampur rata.
  4. Kurang lebih 15 menit sampai 30 menit lihat bubur yang kalian masak tadi, apakah sudah mengental atau belum. Karena tekstur yang harus dicapai yaitu kekental bubur nya.
  5. Nah, jika bubur tadi sudah mengental, kalian bisa mengangkatnya dan menuangkan ke dalam wadah atau mangkuk tersendiri.
  6. Jika kalian ingin mendapatkan sensasi bubur suro yang enak banget, tambahkan topping yang sudah ada di referensi diatas.
  7. Tambahkan telur dadar potong memanjang, bawang merah goreng, telur rebus, seledri dan siram dengan kuah kari ayam.
  8. Sajikan bubur suro selagi hangat ya mom. Selamat menikmati bubur suro yang kental dan nendang banget.



TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments