Sabtu, 22 Agustus 2020

Semur Jengkol Enak, Ini Resepnya

Semur Jengkol Nendang


Melihat makanan orang-orang khas betawi yaitu Semur Jengkol tentu membuat kita yang belum pernah makan merasa penasaran ya guys. Makanan seperti apa ini, kok Jengkol di semur sih.

Namun jika kalian sudah pernah memakannya pasti akan ketagihan dengan masakan legendaris asal betawi ini. Rasa aroma jengkol dipadu dengan rempah-rempah indonesia membuatnya menjadi makanan yang nendang banget.

Apabila kalian yang ingin merasakan sensasi makan jengkol, bisa kok mengunjungi warteg-warteg yang ada di Jawa, karena sekarang tidak hanya di jawa barat saja, di jawa bagian yang lain sudah banyak bertebaran makanan seperti ini.

Namun jika kalian ingin merasakan nostalgia Semur Jengkol ini dirumah aja, topwisata kuliner punya resepnya kok. Yuk ikuti resep dan langkah-langkah membuat Semur Jengkol dirumah aja.

Bahan-bahan Semur Jengkol :


  1. 300 gram jengkol tua
  2. 2 lembar daun salam
  3. 1 batang serai, memarkan
  4. 2 cm lengkuas, memarkan
  5. 5 sdm kecap manis (sesuai selera)
  6. 1 sdm gula merah, sisir
  7. 1 gelas air 

Bumbu halus:


  1. 5 butir bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 2 butir kemiri
  4. 2 buah cabe merah besar
  5. 5 buah cabe merah keriting
  6. 1/2 sdm ketumbar
  7. 1 sdt merica butiran
  8. 1/4 buah pala
  9. Sejumput jinten 

Cara membuat Semur Jengkol yang Nendang :

  1. Langkah pertama untuk membuat semur jengkol yang enak adalah dengan mencuci bersih jengkol kemudian belah menjadi beberapa bagian. Untuk menghilangkan baunya rebus dengan air cucian beras. Rebus Jengkol sampai empuk
  2. Sesekali lihat jengkol, apakah sudah empuk atau belum. Biasanya antara 10-15 menit. Kalau sudah cuci bersih jengkol dan keringkan. Kemudian Geprek Jengkolnya.
  3. Tumis Semua bumbu halusnya seperti bawang merah, putih, kemiri, cabe merah, ketumbar, merica dan jinten. Kemudian tambahkan lengkuas, serai dan daun salam. aduk-aduk hingga merata sampai tercium bau harum. Kemudian masukan jengkol yang sudah di geprek tadi, tambahkan air dan masak sampai mendidih. Tambahkan Gula, garam dan kecap dan aduk-aduk hingga bumbu meresap.
  4. Coba rasa, jika ada yang kurang tambahkan bumbu apa yang kurang. Jika sudah cocok, matikan api dan tuangkan ke dalam piring.
  5. Sajikan Semur Jengkol selagi hangat.

Nah, bagaimana topwisata kuliner. sangat mudah sekali bukan membuat Semur Jengkol dirumah. Dijamin deh, rasanya pasti enak dan nendang banget bumbunya. 





TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments