Selasa, 29 September 2020

Resep Sambal Tempoyak Enak Menggemparkan Dunia

Resep Sambal Tempoyak



Bila Anda pergi ke Palembang, jangan lupa menikmati sambel tempoyak. Menu satu ini cukup membanggakan negara dengan meraih gelar warisan budaya tak benda dari UNESCO. Dilihat dari bahan dasar yang digunakan memang unik yaitu fermenstasi buah durian. Cita rasanya pedas gurih hingga cocok disuguhkan dengan nasi hangat dan berbagai lauk.

Kalau dilihat dari tekstutnya memang sedikit encer, Anda tidak perlu jauh-jauh menikmati sambel ini sampai ke Palembang. Anda bisa membuatnya sendiri dari rumah. Penasaran, bagaimana membuat menu makanan ini? Mari kita simak hasil eksekusinya di bawah ini. 

Bahan-Bahan Utama

  1. Buah durian, usahakan yang sudah matang
  2. Garam secukupnya

Cara Fermentasi

  1. Ambil daging durian secukupnya, masukkan ke dalam toples tambahkan sedikit garam, selanjutnya tutup rapat. Pastikan tidak ada udara yang masuk ke dalam.
  2. Tunggu kurang lebih selama satu minggu, aduk rata dan fermentasi durian ini siap diolah menjadi sambal

Bumbu-Bumbu Pelengkap

Proses pembuatan sambal tempoyak tidak cukup sampai disitu saja. Masih ada proses selanjutnya, yang harus Anda persiapkan seperti di bawah ini
  1. Bawang merah 4 siung
  2. Cabe Merah 3 biji
  3. Minyak goreng
  4. Gula pasir
  5. Cabe rawit merah
  6. Bawang Putih 2 siung
  7. Tempoyak

Cara Memasak

  1. Haluskan semua bumbu sampai halus
  2. Panaskan sedikit minyak
  3. Masukkan tempoyak ke dalam minya panas ditambah dengan semua bumbu yang sudah dihaluskan
  4. Aduk merata sampai bau harum kurang lebih 3 menit
  5. Tempoyak siap untuk dinikmati

Tips Masakan

  1. Tidak ada bahan lain selain durian, pastikan buah duriannya benar-benar matang, bila tidak cita rasa yang dihasilkan kurang sempurna
  2. Sambal tempoyak ini bisa dipadukan dengan berbagai macam lauk, tetapi paling nikmat adalah olahan ikan, bisa digoreng, bakar, atau juga pepes. Tergantung selera Anda.
  3. Tempoyak tidak hanya dimakan langsung, tetapi bisa juga dibuat dengan kuah dengan ditambah air, ayam, atau daging.
  4. Bahkan, tempoyak juga bisa digunakan sebagai bumbu untuk ikan, ayam atau tahu tempe digoreng. Rendam dahulu selama satu hari agar bumbu meresap ke hingga ke tulang. Kemudian, goreng menggunakan minyak panas.
  5. Untuk tingkat kepedasannya bisa disesuaikan selera. Semakin pedas, maka cita rasanya semakin nikmat.
  6. Untuk penyimpanannya cukup di tutup rapat, simpan ke dalam kulkas maksimal satu bulan. Paling nikmat disajikan saat panas, jadi alangkah baiknya panaskan sebentar sebelum di santap.

Sambel Tempoyak khas Palembang ini memang unik dan menarik untuk Anda coba dirumah.  Bisa disantap baik untuk makan siang atau malam. Bahkan, cocok pula dimakan dengan singkong rebus atau pisang goreng. 


Disqus Comments