Senin, 12 Oktober 2020

Mantab Es Brenebon Kacang Merah Manado, Ini Resepnya

Segarnya Es Brenebon Kacang Merah



Sajian menyegarkan dari Es Brenebon. Dalam bahasa Manado, menu satu ini artinya kacang merah. Sajian ini begitu nikmat dan cocok mengingat suhu kota Manado sangat panas. Dalam hidangan, tekstur manisnya mampu meredakan cita rasa pedas dari ikan cakalang itu sendiri.

Untuk membuat Es Brenebon atau kacang merah ini jelas kacang sebagai bahan utamanya, Kacang Merah sendiri memiliki citarasa yang manis serta mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat dari kacang merah ini seperti Kalsium, vitamin B, zat besi, fosfor hingga kaya protein nabati.

Kacang Merah bertemu dengan bongkahan es dipadu dengan sirup pasti akan menyegarkan banget ya moms. Membuat Es Brenebon atau kacang merah ini tidaklah sulit. Cukup dengan menyediakan bahan utamanya kacang merah ditambah dengan campuran sirup dan serutan es batu.

Oke deh, tanpa berlama-lama. Yuk moms kita coba buat Es Es Brenebon atau kacang merah di rumah aja.

Bahan –Bahan

  1. 150 gram kacang merah, rendam dulu kurang lebih satu hari satu malam, selanjutnya rebus dulu hingga empuk
  2. 200 gram gula pasir
  3. Air 
  4. Susu kental manis
  5. Es serut
  6. 2 lembar daun pandan
  7. 100 gram gula merah

Cara Memasak

  1. Untuk membuat Es Brenebon atau Kacang Merah yang enak adalah dengan merendam Kacang Merah selama semalaman dulu ya moms.
  2. Buat sirup terlebih dulu dengan merebus air, kemudian campurkan gula pasir, gula merah dan daun pandan, masak hingga mengental.
  3. Rebus Kacang Merah yang sudah kalian rendam tadi. Rebus sampai benar-benar matang dengan melihat teksturnya yang empuk.
  4. Campurkan sirup, es serut dan kacang merah ke dalam mangkuk besar, kemudian tambahkan susu kental manis, boleh rasa apa saja sesuai selera

Kuliner khas Manado memang menyajikan perpaduan tekstur dan aroma yang kuat, perpaduan ketiganya ini sangat cocok untuk disantap saat hari minggu tiba bersama keluarga. 
Disqus Comments