Senin, 09 November 2020

Resep Soto Ayam Lamongan yang Sedap

Resep Soto Ayam Lamongan

Soto ayam adalah salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia hampir di seluruh penjuru nusantara ada makanan seperti ini.

Salah satu jenis soto yang sangat populer adalah soto lamongan. Soto lamongan memang hampir sama dengan jenis soto lainnya di dalamnya terdapat ayam telur kol tauge dan soun.

Yang membedakan dari soto soto yang lainnya adalah rempah-rempah yang ada di soto lamongan ini cukup beragam sehingga menyajikan rasa yang sempurna.

Tidak hanya bumbu rempah-rempah nya saja yang beragam namun, ayam yang dipilih menggunakan ayam kampung sehingga rasa dagingnya kenyal dan gurih.

Soto lamongan terutama di daerah Jawa Timur sangat mudah sekali kita temui mulai dari pinggir jalan hingga dijual menggunakan gerobak. 

Untuk membuat soto lamongan sendiri tidaklah sulit ya mama hanya membutuhkan teknik pada umumnya dan alat-alat sederhana.

Seperti ini bumbu dan alat-alat yang dipakai untuk membuat soto lamongan yang enak.

Bahan-bahan

  1. Ayam kampung, belah 4 - 1 ekor
  2. Serai, memarkan - 2 batang
  3. Jahe, memarkan - 2 cm
  4. Lengkuas - 3 cm
  5. Daun salam - 2 lembar
  6. Daun jeruk - 4 lembar
  7. Garam - 1,5 sdm
  8. Gula pasir - 1 sdt
  9. Air, untuk merebus - 2 liter
  10. Minyak, untuk menumis - 3 sdm
  11. Minyak, untuk menggoreng - secukupnya

Bumbu Halus:

  1. Bawang putih - 8 butir
  2. Bawang merah - 8 butir
  3. Kemiri, sangrai - 5 butir
  4. Kunyit, bakar - 2 cm
  5. Merica - 1/2 sdt
  6. Ketumbar - 1 sdt

Bubuk Koya:

  1. Bawang putih, iris tipis - 5 siung
  2. Kerupuk udang, goreng - 15 lembar
  3. Garam - 1/4 sdt

Pelengkap:

  1. Soun - secukupnya
  2. Kol - secukupnya
  3. Telur rebus - secukupnya
  4. Daun bawang - secukupnya
  5. Seledri - secukupnya
  6. Bawang goreng - secukupnya

Langkah-langkah membuat soto ayam lamongan :

  1. Setelah semua bahan sudah mama Siapkan sekarang saatnya membuat soto ayam lamongan yang enak pertama-tama adalah ah cuci bersih ayam dalam rebusan air panas kurang lebih hingga 10 menit. Pastikan semua kotoran dan busanya keluar. Setelah itu Cuci lagi dengan air dingin hingga benar-benar bersih.
  2. Siapkan panci dan dipanaskan 2 liter air. Masukkan beberapa paham seperti serai lengkuas jahe daun salam dan daun jeruk jangan lupa ayamnya juga dimasukkan ke dalam panci. Setelah itu rebus semua bahan-bahan tadi kurang lebih 30 menit atau sama dengan ayam menjadi empuk. Kemudian angkat ayam dan sisihkan. Biarkan kuah, jangan dibuang.
  3. Siapkan wajan anti lengket dan tumis beberapa bumbu halus seperti bawang putih bawang merah kemiri kunyit merica ketumbar. Tumis hingga tercium bau harum.  
  4. Masukkan tumisan ke dalam kuah. Tambahkan gula dan garam kemudian koreksi rasa. Didihkan kembali dan matikan api Jika rasanya sudah cocok.
  5. Panaskan minyak dalam wajan kemudian goreng ayam hingga berubah warna angkat dan tiriskan. Setelah itu suwir-suwir ayam kampung tadi kemudian sisihkan.
  6. Sekarang saatnya membuat bubuk Koya langkah pertama adalah goreng bawang putih yang tadi sudah dikupas hingga kering berwarna kuning keemasan. Ratakan bersama kerupuk udang kemudian taburi garam dan aduk aduk hingga merata.
  7. Siapkan mangkok dan dan sajikan sound bersama irisan kol ke dalam mangkok kemudian berlanjut menambahkan suwiran ayam daun bawang potongan telur bawang goreng seledri dan bubuk koya. Tuangkan kuah soto ayam ke dalam mangkok.
  8. Soto lamongan siap disajikan sandingan dengan kerupuk dan nasi hangat.

Disqus Comments