Minggu, 08 November 2020

Resep Es Gabus, Jajanan Populer tahun 90-an

Resep Es Gabus



Mama yang generasi tahun 90-an pasti pernah mencicipi jajanan masa kecilnya seperti es gabus Pelangi.

Es gabus Pelangi ini memang sangat populer saat generasi 90-an jajanan yang satu ini memiliki cita rasa yang menyegarkan dan sangat sering sekali kita jumpai di sekolahan.

Jika main nostalgia menikmati sensasi memakan es gabus di rumah tentu saja bisa kok membuatnya sendiri karena untuk saat ini sangat sulit sekali menemukan es gabus di pasaran.

Bahan-bahan serta langkah untuk membuat es gabus sendiri tidaklah sulit hanya membutuhkan beberapa bahan dan peralatan Mama sudah bisa membuat es gabus klasik seperti tempo dulu.

Oke deh kita coba membuat es gabus untuk mengenang nostalgia tahun 90-an yang manis.

Bahan-bahan yang harus tersedia

  1. 200 gram tepung hunkwe
  2. 400 gram gula pasir
  3. 600 ml santan
  4. 600 ml susu cair
  5. garam secukupnya
  6. pewarna merah, kuning, hijau secukupnya

Langkah-langkah membuat es gabus yang enak di rumah saja :

  1. Siapkan wadah yang besar untuk memasukkan beberapa bahan seperti tepung hunkwe gula pasir susu cair garam dan santan kemudian aduk aduk adonan hingga tercampur merata.
  2. Setelah semua adonan tercampur merata mama bisa membaginya menjadi beberapa bagian bisa dua ataupun tiga bagian dan masukkan ke dalam mangkok sama rata.
  3. Berikan pewarna di masing-masing mangkok kurang lebih 5 tetes dan aduk aduk kembali hingga warna tercampur merata.
  4. Siapkan panci dan Nyalakan dengan api kecil masukkan adonan salah satu warna terlebih dahulu ke dalam panci dan masak hingga meletup-letup dan terasa berat ketika mengaduknya. Setelah itu Angkat adonan dan tuangkan ke dalam cetakan tebal yang sudah dialasi oleh plastik tebal. Lakukan hal ini berulang-ulang sampai adonan yang kalian cetak tadi habis.
  5. Setelah semua adonan sudah kalian masak dan sudah kalian tuangkan ke dalam cetakan langkah yang benar adalah memasukan masing-masing adonan ke dalam cetakan satu persatu. Misal merah, kuning dan hijau.
  6. Diamkan dulu adonan di suhu ruangan sampai memadat. Jika sudah mengeras, masukan adonan ke dalam kulkas kurang lebih 60 menit.
  7. Setelah itu, baru deh potong-potong es gabus sesuai selera ya moms. Bungkus es gabus dengan plastik tiap potongannya. Jika mama tidak ingin memakan langsung bisa menyimpannya kembali ke dalam kulkas ya moms.
  8. Selamat nostalgia, selamat mencoba dan menikmati.

Itulah tadi mama, resep dan langkah membuat es gabus tempo dulu dirumah aja.
Disqus Comments