Minggu, 08 November 2020

Resep Istimewa Sate Maranggi khas Purwakarta

Resep Sate Maranggi



Satu lagi makanan yang enak akan kami sajikan tips dan resepnya. Sate maranggi yang berasal dari Sunda ini memiliki cita rasa yang lezat dan gurih karena berbahan dasar daging dipadukan dengan rempah-rempah Indonesia.

Sate maranggi ini sangat banyak sekali dan mudah di temukan di Kabupaten Purwakarta. Bahan dasar dari sate maranggi ini adalah daging sapi atau daging kambing.

Untuk membuat sate maranggi ini tidaklah begitu sulit. Hanya dengan menggunakan daging segar dari sapi ataupun kambing kemudian dibalur degan aneka rempah-rempah pilihan bumbu bakar.

Sebelumnya bumbu tersebut diolah terlebih dahulu dihaluskan seperti kunyit bawang putih bawang merah gula merah jahe dan ketumbar Kemudian ditambahkan dengan minyak sayur serta garam.

Selain bumbu untuk sate nya orang Sunda juga menyebutnya ada bumbu tambahan seperti acar sate maranggi.  Acar sate maranggi ini terbuat dari daun kemangi bawang merah cabe rawit kecap dan irisan tomat.

Melihat kelengkapan bumbu-bumbunya yang cukup memanjakan lidah ini pasti rasa sate maranggi ini cukup enak ya Mam.

Oke deh tanpa berlama-lama lagi yuk kita coba buat sate maranggi di rumah saja.

Bahan Utama :

  1. Daging sapi 800 gr
  2. Daun pepaya 5 lembar
  3. Paprika 2 biji besar (merah dan hijau) potong-potong dadu

Bumbu Halus:

  1. Bawang putih 6, bawang merah 6, haluskan
  2. 1 ruas jahe
  3. 2 bungkus ketumbar bubuk
  4. 3/4 bungkus lada bubuk
  5. 1 gula Jawa ukuran kecil, haluskan
  6. 3 asam Jawa
  7. Kecap manis, gula 2 sdm, garam 1 sdm rata, penyedap rasa secukupnya

Sambal Kecap:

  1. Kecap manis
  2. Cabai rawit
  3. Bawang merah

Cara Membuat Sate Maranggi :

  1. Cara membuat sate maranggi yang enak adalah ah dengan mencuci bersih daging yang sudah kalian siapkan tadi bisa menggunakan daging sapi ataupun daging kambing potong-potong kecil seperti dadu kemudian remas-remas dengan daun pepaya ( supaya daging menjadi empuk ). Diamkan dulu daging bersama daun pepaya kurang lebih 30 sampai 60 menit.
  2. Siapkan bumbu-bumbu halus nya kemudian ulek sampai rata. Koreksi rasa Apabila ada yang kurang enak.
  3. Campur daging, paprika dengan bumbu yang sudah dihaluskan tadi dan aduk aduk di dalam wadah sampai daging dan bumbunya meresap diamkan lagi kurang lebih 30 sampai 60 menit.
  4. Setelah semua bumbu sudah meresap ambil tusuk sate dan daging tusuk satu persatu hingga penuh. Jangan lupa untuk selang-seling menusuk daging dengan paprika.
  5. Siapkan pemanggang sate panggang semua saja yang sudah kalian siapkan tadi.
  6. Sembari menunggu sate maranggi matang kalian bisa menyiapkan sambal kecap nya pertama-tama iris bawang merah cabe rawit dan tuangkan kecap manis aduk aduk hingga merata.
  7. Sate maranggi dan sambal kecap sudah siap dihidangkan bandingkan dengan nasi hangat akan lebih enak.
  8. Selamat mencoba dan menikmati ya mom.

Disqus Comments