Minggu, 15 November 2020

4 Tempat Populer Liburan Akhir Tahun di Purwakarta

Liburan Wisata Yang Populer Di Purwakarta

Pada penjelasan kali ini kami akan mereview macam liburan yang populer di Purwakarta. Di kota purwakarta memiliki tempat yang bagus pada setiap ujungnya dan intinya. Tidak ada yang memungkiri bahwa Indonesia diberikan anugerah yang subur serta keindahan alamnya yang luar biasa pada setiap sudut wilayah, tanpa terkecuali satupun. Menurut materi yang ada, Purwakarta adalah kabupaten  dan sekaligus kota yang masuk dalam wilayah provinsi Jawa Barat.

Tempat Wisata Populer Di Purwakarta

Banyak tempat populer yang bagus untuk wisata pada kota Purwakarta yang dilewati jalan tol Purbaleunyi, dimulai dari yang alami sampai buatan. Bentuk apapun dan aneka macam tempat apapun, tempat-tempat populer wisata di Purwakarta memberikan pandangan luar biasa bagus yang menarik pada setiap mata yang melihatnya. Dibawah ini adalah 4 tempat liburan wisata di Purwakarta yang populer dengan kunjungan wisatawan terbanyak pada setiap tahunnya.

1. Tempat Wisata Waduk Jatiluhur


Waduk Jatiluhur adalah waduk yang dibuat pertama kali di Indonesia dan didirikan di tahun 1957. Pada awalnya waduk ini dimanfaatkan untuk irigasi, pembangkit listrik, ternak ikan, serta bahan utama untuk air minum. Dengan berjalannya waktu, Waduk Jatiluhur berubah sebagai tempat populer untuk wisata di Purwakarta sebab mempunyai pemandangan yang cantik yang mana dijadikan untuk wisata liburan yang bisa menghadirkan para wisatawan.

Bendungan Jatiluhur adalah bendungan paling besar di Indonesia, dengan membendung aliran Sungai Citarum ke Kecamatan Jatiluhur, dengan cara membentuk waduk di sebuah genangan yang luasnya ± 83 km2,  keliling waduk 150 km di elevasi muka pada air normal +107 m pada permukaan laut. Waduk Jatiluhur adalah tempat memasok ikan, dan daerah ini akan memiliki beraroma kurang sedap. Waduk ini juga memiliki beberapa fasilitas lain yang bisa dilihat yakni playground, lapangan tenis, restoran, hotel, dan bungalow.
  

2. Kemudian ada Waduk Cirata

Dimana letaknya di Desa Margalaksana, Cipeundeuy, Purwakarta, Waduk Cirata ini adalah salah satu tempat liburan populer juga di Purwakarta yang harganya tidak terlalu mahal. Waduk Cirata berguna untuk sumber air untuk penduduk beberapa kabupaten yaitu Cianjur, Bandung, dan Purwakarta. Waduk ini dikelilingi bukit yang dapat memberikan keindahan alam yang bisa menarik masyarakat. Dengan berkunjung ke waduk ini Anda dapat menikmati wisata air, wisata alam, dan kehidupan masyarakat sekitar sekaligus kulinernya.

Titik kelezatan ketika anda datang ke Waduk Cirata yakni pada saat berada di wisata Buangan. Di tempat ini anda dapat mengitari sekitar tempat untuk melihat lingkungan hidup penduduk sekitar. Masyarakat di sini ada yang sedang mengambil ikan di pinggir waduk, juga ada yang memancing, serta ada yang menjaring ikan di tengah waduk. Waduk ini dikenal memiliki banyak ikan besar. Di lingkungan waduk  banyak wisata kuliner yang menjual menu seperti ikan bakar, nasi liwet bahkan sate maranggi.

3. Kemudian Jatiluhur Waterworld

Cobalah anda datang berkunjung ke Jatiluhur Waterworld yang tempatnya ada di kawasan Waduk Jatiluhur. Taman air ini merupakan tempat liburan wisata di Purwakarta yang populer dan menjadi favorit untuk tempat wisata keluarga.

Disana memiliki banyak wahana rekreasi yang dapat kalian mainkan bersama keluarga anda, contohnya seluncuran air, ember tumpah, flying fox, bungge trampolin. Lokasi liburan ini berjarak 120 km jika dari Jakarta, dan dapat diakses melalui kota Bandung dengan jarak sekitar 70 km. Untuk bisa sampai anda dapat lewat jalan tol Purbaleunyi.

Harga untuk tiket masuk Jatiluhur Water World di hari Senin – Jumat bekisar Rp30.000 untuk Sabtu, Minggu, dan hari libur Nasional berkisar Rp45.000. di Bulan high season seperti Lebaran, Natal, dan Tahun Baru  untuk harga tiket masuknya lebih mahal yaitu berkisar Rp65.000 untuk satu orang.

4. Lalu Ada Juga Giri Tirta Kahuripan

Wisata di Purwakarta yang  menjadi tempat populer lainnya adalah Giri Tirta Kahuripan. Tempatnya di daerah pegunungan maka tidak heran apabila tempat wisata ini memberikan pemandangan alam yang indah dan hijau dengan udara yang dingin dan sejuk serta bersih.
Kunjungi Juga Taman Batu Cijanun

Lingkungan yang tercipta di tempat wisata ini sangat romantis maka sangat tepat untuk liburan wisata bersama pasangan pengantin. Selain itu, tempat wisata ini juga asik sebagai referensi liburan keluarga. Tempatnya ada di Desa Taringgul Tonggoh, Kecamatan Wanayasa, Purwakarta. Untuk liburan wisata, Giri Tirta Kahuripan sudah dilengkapi adanya fasilitas serta akomodasi yang bisa membuat pengunjung senang dan nyaman.
 
Sumber referensi :

Disqus Comments