Jumat, 22 Mei 2020

Situ Gunung Suspension Bridge, Megah & Penuh Spot Instagramable

Situ Gunung Suspension Bridge yang Memukau 





Hai sobat Topwisata lovers, ketemu lagi dengan mimin paling kece. Apa kalian tahu kalau di Indonesia terdapat jembatan yang keren banget? Karena Indonesia itu sangat luas dan beragam, terdapat jembatan yang sangat memanjakan mata. 

Selain itu jembatan ini merupakan salah satu jembatan terpanjang yang pernah ada di Indonesia. Tak hanya panjang, namun tingkat ketinggian jembatan ini isa membuat jantung anda berdebar kencang. Jembatan ini berada di dalam taman nasional popular di Sukabumi. 

Jembatan ini sebut saja dengan nama Situ Gunung Suspension Bridge. Jembatan ini memiliki panjang 243 meter dan lebar 180 meter yang melintang diatas jurang yang tinggi mencapai 161 meter dari permukaan tanah dan memiliki tinggi pembatas 1,5 meter. Bisa lah untuk membuat jantung anda berdegub kencang banget. Konon katanya, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Asia. 


Daya tampung jembatan ini bisa menampung hingga 150 orang dengan berat maksimal 55 ton. Meski dapat menampung banyak orang, namun kebijakan oleh pihak pengelola adalah sekali penyebrangan hanya boleh dilalui 40 wisatwan saja. Karena pihak pengelola menekan angka kecelakaan dan supaya jembatan ini tetap awet hingga tahun-tahun mendatang dan bisa dinikmati banyak orang yang belum pernah kesini. Jembatan ini terbuat dari bahan dsar kayu ulin. 






Kayu ulin merupakan khas dari daerah Kalimantan. Usut punya usut, kayu ulin memiliki banyak ragam keistimewaan. Dengan memiliki spesifikasi tahan terhadap perubahan suhu, tahan terhadap kelembabam dan pengaruh air laut sehingga kayu ini memiliki sifat yang berat dan keras. Tak hanya itu saja keistimewaan dari kayu ulin, bagi sifat kayu yang paling penting dan menjadi poin utama adalah anti rayap. Menurut info, kayu ulin merupakan jenis kayu yang tidak mudah untuk dimakan rayap. 

Dan yang paling menghebohkan adalah, pembangunan Situ Gunung Suspension Bridge ini memakan biaya yang cukup besar. Dana yang dikeluarkan mencapai lebih dari Rp 4 miliar, jembatan ini seharga Lamborgini. Dengan kehadiran jembatan ini diharapkan bisa bermanfaat untuk pengembangan wisata di Sukabumi. 


Harga Tiket Masuk dan Waktu Operasional 




Tempat Wisata Terdapat beragam tarif yang dipasang untuk bisa menikmati jembatan ini. Untuk dewasa dikenakan tiket masuk sebesar Rp 50.000, untuk anak-anak dengan usia kurang dari 9 tahun dikenakan tiket masuk sebesar Rp 25.000, dan untuk manula yang berusia lebih dari 65 tahun, balita dan penyandang difabel tidak dikenakan tiket sepeserpun, alias gratis. 


Mungkin kalian bingung, kenapa tiket menaiki jembatan saja bisa semahal ini? Jawabannya adalah karena tiket tersebut merupakan paket tiket masuk yang terdiri dari paket wisata alam "Jungle Waterfall", mulai dari masuk ke Danau Situgunung, memasuki area Curug Sawer, welcome drink yang berada di cafetaria yang memiliki view langsung ke arah jembatan dan juga anda akan dipinjami harness pengaman selama melintasi jembatan ini. Untuk safety dijamin aman. Sudah sesuai standar nasional bahkan internasional. Jadi siapkan saja mental yang kuat agar tidak takut akan ketinggian saat melintasi jembatan ini. 

Untuk waktu operasional tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai senin hingga minggu, bahkan saat liburan tetap buka. Dan untuk jam operasional tempat wisata ini dibuka mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. 

Paket Situ Gunung Suspension Bridge

One Day Trip

Program jalan-jalan satu hari, menikmati udara pegunungan yang sangat sejuk, serta menguji keberanian untuk melintasi jembatan sepanjang 243 m dengan ketinggian 80 m sampai 150 m. Selain itu juga menikmati air terjun serta danau.

Capacity Building

Program ini adalah program untuk karyawan perusahaan ataupun anggota organisasi untuk meningkatkan potensi diri masing – masing dengan metoda belajar di luar ruangan. Berlokasi di Situ Gunung dengan fasilitas yang menurut kami bisa menunjang program ini.

With Train and Adventure Trip Plus Bridge

Program ini memfasilitasi bagi pengunjung yang suka menggunakan kereta api untuk bisa mencapai tujuan ke lokasi kami. Dari stasiun kami akan jemput menggunakan alat transportasi yang sudah kami persiapkan yakni land rover. Dengan tujuan pengunjung bisa menikmati sensasi berpetualang dengan menggunakan yang kami sediakan. Meeting point nya di stasiun kereta api Cisaat agar lebih dekat ke lokasi kami.

Semua paket diatas bisa kalian dapatkan di : Situgunungbidge.com atau hubungi (+628111440144)


Lokasi Tempat Wisata 

Lokasi jembatan Situgunung ini berjarak dari pintu masuk TNGGP sekitar 700 meter. Atau lebih tepatnya terletak di Desa Gunung Pangarjo, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat. 


Mengapa Harus Situgunung Suspension Bridge? 

1. Merupakan jembatan terpanjang di Indonesia hingga di Asia 

Sangat cocok untuk kalian yang suka berswa foto untuk mengabadikan momen seru. Bisa juga anda unggah di social media, sebab pastinya banyak yang menyukai dimensi dari jembatan yang begitu mempesona ini dengan latar belakang pegunungan dan hutan yang rindang. 

2. Jembatan yang cukup aman dilintasi banyak orang 




Meskipun jembatan ini berada diantara gunung dan memiliki ketinggian yang bisa dibilang memacu adrenalin anda, jembatan ini sangat aman untuk dilintasi banyak orang. Menurut info jembatan ini bisa dilakui sebanyak 150 orang namun sesuai kebijakan pihak pengelola jembatan ini hanya boleh dilintasi sepertiganya saja. Meski hanya bisa dilintasi sebanyak 40 orang, namun ini merupakan nilai tambahan untuk kaliam bisa bebas mengambil foto dari sudut yang pas dengan minimnya orang. 


3. Jembatan yang kuat dan kokoh 




Jembatan ini terbuat dari kayu yang sangat kuat. Meski hanya sebatas kayu, namun tingkat kekokohannya sangat kuat. Dengan di padu beberapa besi sebagai penyangga, membuat jembatan ini sangat kuat dan kokoh. 




Fasilitas Penunjang wisata Situ Gunung Suspension Bridge terbilang cukup memadai ya sobat, karena untuk tempat istirahat dan makan sudah tersedia. Jadi kalau kalian laper dan ingin nyamil, sudah tersedia disini.

Demikian beberapa info yang bisa mimin rangkum dan ulas untuk kalian para pembaca artikel. Dukung terus artikel ini supaya bisa terus memeberi informasi tentang berbagai liburan seru di negeri tercinta ini, yaitu negeri Indonesia.

Q & A Halaman ini

Pertanyaan : Harga Tiket Masuk Situ Gunung Bridge ?
Jawaban : Untuk dewasa dikenakan tiket masuk sebesar Rp 50.000, untuk anak-anak dengan usia kurang dari 9 tahun dikenakan tiket masuk sebesar Rp 25.000, dan untuk manula yang berusia lebih dari 65 tahun, balita dan penyandang difabel tidak dikenakan tiket sepeserpun, alias gratis. 
Pertanyaan : Pengalaman seperti apa ketika naik diatas Jembatan Situ Gunung Bridge ?
Jawaban : Nikmati liburan singkat yang menyenangkan dengan menjelajahi Sukabumi dan berbagai destinasi terbaiknya. Taklukan rasa takut Anda akan ketinggian dengan berjalan di atas jembatan gantung di Indonesia yang berlokasi di Situ Gunung. Jembatan gantung ini bukan satu-satunya atraksi yang ditawarkan di area ini. Setelah menikmati ketinggian, bersantailah di Curug Sawer. Hilangkan semua penat dari benak Anda dengan kesegaran air dari curug ini. Ajak orang-orang tercinta untuk bergabung dalam tur ini bersama Anda dan pastikan Anda mengabadikan setiap momen untuk dibagikan melalui media sosial Anda!
Pertanyaan : Maksimal orang yang bisa naik di Jembatan Situ Gunung ini berapa ?
Jawaban : Menurut info jembatan ini bisa dilakui sebanyak 150 orang namun sesuai kebijakan pihak pengelola jembatan ini hanya boleh dilintasi sepertiganya saja. Meski hanya bisa dilintasi sebanyak 40 orang, namun ini merupakan nilai tambahan untuk kaliam bisa bebas mengambil foto dari sudut yang pas dengan minimnya orang. 



TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA
Disqus Comments