Rabu, 20 Mei 2020

Kebun Teh Kertowono, Nuansa Keindahan Memukau

Kebun Teh Kertowono, Lumajang







Hai sobat Topwisata lovers, mungkin diantara kalian pasti ada yang tidak suka dengan cuaca terik matahari yang panas dan menyengat. Namun tak sedikit juga yang memang menyukai sinar ultra violet di siang hari.

Terdapat tempat wisata yang bisa menghangatkan tubuh dan suasana. Tempatnya pun asri dan sejuk meski sedikit panas karena memang membutuhkan sinar matahari supaya tempat wisata ini tetap hidup. Kalian penasaran dengan tempat wisata yang akan mimin ulas kali ini?

Tempat wisata ini berdiri sejak tahun 1910 dan merupakan salah satu dari peninggalan Belanda. Memiliki tempat yang sangat eksotis dan alami. Warna hijau yang menyelimuti dari ujung pintu masuk hingga sejauh mata memandang dipenuhi dedaunan tanaman teh. 

Disertai dengan suasana dan udara yang begitu sejuk serta disuguhi pemandangan gunung yang tampak jelas yang begitu memanjakan mata. Tempat ini bernama Kebun Teh Kertowono, dan tempat wisata ini berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau biasa disingkat TNBTS dan dikelola oleh salah satu BUMN yaitu PTPN XII Kertowono.
Kebun teh ini cukup keren, berada di atas ketinggian 650 sampai 1.250 meter dari permukaan laut (dpl) dengan memiliki luas sekitar 2.267,97 ha. Selain itu kebun teh ini memiliki suhu 16 derajat celcius sehingga anda dapat menikmati kebun teh ini dengan sejuk namun saat cuaca begitu terik, mungkin akan lebih panas dari biasanya.

Saat anda memasuki tempat wisata ini, anda juga akan diberi kesempatan untuk mencicipi hidangan teh yang diseduh langsung saat pengambilan daun teh yang masih baru. Dengan memiliki aroma yang kuat, produksi Kebun teh ini sudah dikenal hingga pasar internasional.

Kebun Teh Kertowono ini sangat populer hingga di mancanegara karena begitu nikmat dan berkualias tinggi hasil produksinya. Dalam sebulan Kebun Teh Kertowono ini bisa memproduksi hinggal lebih dari 50 ton daun teh. 

Hasil dari Kebun Teh Kertono ini sudah dikonsumsi masyarakat lokal, sleain itu juga sudah di kirim ke berbagai negara. Seperti Belanda, Prancis, Tiongkok, Arab Saudi serta Inggris.

Lokasi Tempat Wisata Kebun Teh Kertowono

Bagi anda yang berminat untuk mendatangi tempat wisata ini, tempat wisata ini terletak di daerah Gucialit, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, Propinsi Jawa Timur, tentunya berada di Indonesia tercinta.

Jika anda warga luar kota, lebih baik langsung saja buka aplikasi peta yang anda percaya. Sudah tertandai di aplikasi yang sudah anda percaya. Dan bagi warga luar kota yang sudah familiar dengan kota Lumajang langsung saja menuju daerah Gucialit. 

Untuk akses menuju lokasi tempat wisata cukup mudah dan terbilang aman terkendali dengan jalanan yang rapi dan bagus. Namun jangan mengabaikan keselamatan berkendara, karena cukup banyak rintangan seperti melewati bebatuan yang licin berkat embun dan juga jurang.

Harga Tiket Masuk Tempat Wisata

Untuk harga tiket masuk tempat wisata Kebun Teh Kertowono ini sangatlah murah. Anda hanya dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja per orang. 
Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 5.00 saja anda bisa puas bermain dan berkeliling tempat wisata Kebun Teh Kertowono. Dan untuk hari operasional tempat wisata ini, buka setiap hari mulai pagi hingga sore hari waktu setempat. Harga tiket masuk tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Kegiatan Seru Yang Bisa Dilakukan dan Fasilitas Tempat Wisata


Banyak hal yang bisa dilakukan di Kebun Teh Kertowono ini. Mulai dari edukasi tentang beragam jenis teh hingga menikmati hidangan the dan lain-lain. Mimin coba berikan gambarannya :

Menikmati eksotisnya nuansa kebun teh yang luas




Nuansa seperti ini tidak akan bisa Anda temukan di tempat lain, anda tidak akan bisa menemukan hamparan luas yang berwarna hijau di tengah kota. 

Momen ini bisa anda jadikan sebagai penghilang stres karena tekanan pekerjaan yang begitu hebat atau yang lain. Mata anda akan sangat manja melihat sejauh mata memandang hanya ada warna hijau dari tumbuhan teh. Tak hanya itu saja, anda juga dapat menikmati pemandangan Gunung Semeru dari kejauhan ketika tidak ada kabut dan awan yang menutupi gunung tersebut.

Memetik teh langsung dari kebunnya




Ini akan menjadikan pengalaman baru bagi anda. Memetik teh bersama petani teh yang bekerja di kawasan wisata tentunya menjadikan pengalaman ini sangat menarik dan berharga bagi anda. Anda juga bisa belajar dari para petani di kawasan wisata bagaimana cara pemetikan teh secara benar sebelum diproses menuju pabrik teh.

Berswa foto di kawasan Kebun Teh Kertowono




Anda bisa mengabadikan momen-momen seru dengan mengambil beberapa foto untuk di pamerkan ke orang lain maupun di unggah di social media anda. 

Dengan latar belakang yang eksotis dan suasana hijau di sekitar menjadikan foto anda terlihat sangat bagus. Banyak spot untuk dijadikan tempat berfoto sambil keluarga, teman, gebetan, mantan maupun yang lain, tinggal anda mencari tempat yang anda sukai saja.

Edukasi tentang berbagai macam jenis teh

Bagi anda yang ingin belajar tentang berbagai macam jenis teh, disinilah tempatnya. Anda bisa menanya semua hal tentang kehidupan teh pada petugas di tempat. Akan ada petugas yang menjelaskan tentang semua hal tentang teh. Terdapat 7 jenis olahan teh dari yang baik sampai lebih baik. 

Fasilitas penunjang tempat wisata




Meskipun ini adalah kebun teh, tapi terdapat juga fasilitas lainnya. Seperti mushola untuk tempat beribadah, toilet umum untuk buang air, tempat penginapan untuk yang ingin berlama-lama tinggal di sekitar kebun teh, menikmati hidangan minum teh langsung dari kebun teh, dan masih banyak lagi fasilitas penunjang lainnya. 

Kalau anda penasaran, segera saja kunjungi tempat ini. Dijamin seru dan sik apalagi kalau datang ke tempat ini ramai-ramai.

Tips Dari Mimin

Kalau anda punya rencana untuk mengunjungi tempat wisata ini. Sediakan bekal yang cukup dan air minum yang pas. Meskipun terdapat warung yang menyediakan minuman, namun basicly di tempat wisata ini adalah minuman the. 

Jadi bagi nda yang ingin minuman pelepas dahaga yang lain, lebih baik bawa dari rumah atau beli di took saat di perjalanan. Dan untuk jam berkunjung disarankan saat pagi hari, disamping anda bisa mnikmati udara segar dan sejuk, anda bisa puas mengelilingi tempat wisata ini dengan santai tanpa memikirkan waktu yang sempit. 

Berkeliling seharian di tempat wisata ini dirasa sangat cukup. Dan jangan lupa untuk membawa perlengkapan pendukung seperti sabun, tisu, antiseptic dan lain-lain.

Demikian beberapa info yang bisa mimin berikan untuk kalian. Jika ada salah kata baik yang disengaha maupun tidak disengaja, mimin mohon maaf. Sampai ketemu lagi di ulasan menarik brikutnya.

Q & A Halaman ini

Pertanyaan : Berapa harga tiket masuk kebun teh kertowono ?
Jawaban : harga tiket masuk untuk Menikmati keindahan kebun teh kertowono ini cuma Rp5.000 saja
Pertanyaan : Kapan waktu terbaik mengunjungi kebun teh kertowono ?
Jawaban : waktu yang paling baik untuk mengunjungi kebun teh kertowono Lumajang ini adalah pada pagi hari yaitu pukul 5 sampai dengan pukul 7 karena saat itu cahaya matahari masih sangat bagus untuk bersua foto dan jalan-jalan
Pertanyaan : apa fasilitas di tempat wisata kebun teh kertowono ini memadai ?
Jawaban : fasilitas wisata yang ada di kebun teh kertowono ini cukup memadai karena mulai dari toilet tempat ibadah tempat makan tempat istirahat sudah tersedia namun infrastruktur jalan untuk mencapai tempat ini butuh perjuangan karena masih berupa bebatuan



TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA
Disqus Comments