Lompat ke konten
Home » Video » Di Tengah Kota Palembang, Ada Destinasi Wisata Taman Kambang Iwak yang Harus Coba Dikunjungi

Di Tengah Kota Palembang, Ada Destinasi Wisata Taman Kambang Iwak yang Harus Coba Dikunjungi

Taman Kambang Iwak (1)

Taman Kambang Iwak

Taman Kambang Iwak atau yang disebut juga sebagai KI Park adalah taman kota di Palembang. Taman yang menjadi favorit warga sekitar menghabiskan waktu bersama teman, keluarga, atau bahkan komunitas lain.

Taman ini dapat dikatakan termasuk taman legendaris, sebab sudah ada dari tahun 1900-an, yaitu dari jaman Kolonial Belanda menguasai Indonesia. Pada saat itu, Taman Kambang Iwak berfungsi sebagai tempat olahraga para orang Belanda. Namun sekarang, taman ini bisa dikunjungi siapapun.

Kehadiran dari Taman Kambang Iwak di Palembang membuatnya jadi tempat melepas penat karena aktivitas sehari-hari. Sehingga taman ini tidak pernah sepi pengunjung meskipun corona melanda.

Namun, para pengunjung tetap wajib menggunakan masker serta mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah untuk cegah penyebaran Covid-19.

Lokasi dan Alamat Wisata Taman Kambang Iwak

Lokasi Taman Kambang Iwak beralamat di Jl. Tasik, Talang Semut, Bukit Kecil, Palembang, Sumatera Selatan.

Rute ke Wisata Taman Kambang Iwak

Rute menuju ke Taman Kambang Iwak bisa ditempuh dengan memakai kendaraan pribadi maupun dengan menggunakan angkutan kota, sebab lokasinya dekat dengan jalan raya sehingga mudah untuk ditemukan.

Ada beberapa rute angkutan kota melintasi kawasan Taman Kambang Iwak, yaitu jurusan kota Ampera-pasar KM 5, kota Ampera-Bukit Besar,

Terdapat sejumlah rute angkutan kota yang melintasi Taman Kambang Iwak, yakni jurusan Kota Ampera-pasar KM 5, Kota Ampera-Perumnas, Kota Ampera-Bukit Besar, dan Bus Mahasiswa Kota-Kampus Universitas Sriwijaya.

Untuk Anda yang memakai kendaraan pribadi, bisa mengarahkan kendaraan menuju ke Jl. Merdeka, lalu tibalah di Jalan Tasik.

Jam Buka Operasional Taman Kambang Iwak

Taman Kambang Iwak adalah fasilitas umum, sehingga tak ada batasan waktu khusus tentang jam bukanya. Taman ini buka 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

Fasilitas Tersedia Taman Kambang Iwak Besak

Fasilitas di Taman Kambang Iwak Besak lumayan lengkap. Ada kamar mandi, parkir luas, gazebo, tempat duduk, jogging, serta area fitnes. Serta ada berbagai macam wisata kuliner tersebar. Bahkan ada air keran yang bisa diminum serta internet gratis, Wifi.

Pesona Keindahan Taman Kambang Iwak

Taman Kambang Iwak Besak memiliki luas lahan sekitar 5 hektar. Suasana taman teduh walaupun terletak di tengah kota. Bahkan taman ini sudah pernah dapat penghargaan Taman Kota Terbaik Se-Indonesia.

Baca Juga :  Wisata Kepompong Seaview, Menikmati CityLight Banyuwangi

Danau dengan Berbagai Jenis Ikan

Taman Kambang Iwak3
Taman Kambang Iwak3

Seperti namanya, Kambang adalah kolam serta wak adalah ikan. Di sini para wisatawan bisa saksikan kolam yang dahulunya adalah area rekreasi di zaman penjajahan Belanda. Sampai sekarang, kolam ini masih berfungsi tempat penampungan air serta dihuni oleh berbagai jenis ikan di dalamnya. Ikan di kambang ini tidak boleh diambil. Terdapat sanksi bagi orang-orang yang melanggarnya. Ini tujuannya untuk menjaga kelestarian kolam.

Jembatan Merah di Tengah Danau

Taman Kambang Iwak
Taman Kambang Iwak

Daya tarik selanjutnya dari Taman Kambang Iwak adalah adanya jembatan membelah danau. Jembatan dari baja dan berwarna merah serta berdesain estetik. Para pengunjung bisa berfoto di sini sebagai spot foto yang super keren. Latar danau luas tentu akan menambah keelokan hasil foto. Terlebih jika fotonya memakai drone dari atas. Akan terlihat sisi seberang danau dengan pepohonan hijau yang rimbun.

Air Mancur di Taman

Taman Kambang Iwak
Taman Kambang Iwak

Adanya air mancur di tengah kolam, jadi daya tarik selanjutnya. Air mancur yang menyala terlihat menawan dan anggun, apalagi di malam hari. Kolaborasi pancuran air dan lampu hasilkan pemandangan yang menakjubkan dan indah. Nyala lampu akan memantul pada permukaan kolam sampai membuat sepasang air mancur yang ke atas bawah. Perpaduan yang sangat apik, bukan?

Walaupun saat malam gelap lebih mendominasi, tapi keindahan taman tetap terlihat. Taman di malam hari akan dihiasi oleh berbagai lampu. Ditambah cahaya bintang yang membuat suasana semakin romantis.

Pesona Keindahan Matahari Terbenam

Taman Kambang Iwak
Taman Kambang Iwak

Untuk Anda yang ingin dapat nikmati suasana sore sambil melihat sunset, tentu sangat bisa di taman ini. Pepohonan yang rimbun memang menutupi garis horizon, tapi keelokan sinar matahari yang perlahan memerah akan terpantul di permukaan danau.

Pantulan cahaya berwarna jingga yang semakin pergi akan perlahan mengubah warna kola. Pemandangan yang sungguh indah dan membuat mata nyaman memandangnya.

Ruang Terbuka Hijau

Taman Kambang Iwak
Taman Kambang Iwak

Taman ini punya konsep RTH (Ruang Terbuka Hijau). Pada awalnya, hanya taman dengan kolam ikan, tapi semakin hari terus diperbarui fasilitas-fasilitasnya untuk kenyamanan para pengunjung. Termasuk penambahan pohon supaya semakin rindang dan teduh. Suasana yang sejuk serta udara yang segar sudah tentu bisa didapatkan di sini. Selain itu, letaknya yang berada di tengah kota pun membuat taman ini berfungsi sebagai paru-paru kota.

Baca Juga :  Berenang dan Berpetualang di Labersa Water Park Riau fantasi

Berbagai Wahana Bermain Anak

Taman Kambang Iwak
Taman Kambang Iwak

Bagi Anda yang membawa anak, taman ini pun menyediakan banyak wahana permainan. Misalnya saja terowongan, perosotan, serta ayunan yang tersedia gratis.

Tak hanya itu, ada pula permainan berbayar di sini seperti menjaring ikan kecil, bermain pasir magnet, melukis objek gambar di styrofoam. Lalu, ada pula skuter, odong-odong, penyewaan sepatu roda, sampai motor listrik. Bahkan sudah ada wahana naik delman dengan kuda.

Wisata Kuliner Jajanan ala Pedagang Kaki Lima

Taman Kambang Iwak
Taman Kambang Iwak

Taman Kambang Iwak pun menyediakan berbagai macam lapak kuliner. Berbagai jenis jajanan ala pedagang kaki lima ada dan tersebar di area pelataran taman. Mulai dari aneka olahan tepung, cemilan, sampai berbagai macam minuman kekinian. Ketika car free day, pilihan menu makanan dan minuman pun lebih bervariasi. Bahkan ada juga penjual sandang dan perabotan lain.

Berbagai Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Taman Kambang Iwak

Seperti yang diketahui Kambang Iwak berasal dari bahasa lokal yang artinya kolam ikan. Itu karena danau di tengah taman berfungsi sebagai kolam ikan. Namun, ikan-ikan di danau tersebut dilarang untuk diambil. Apabila melanggarnya akan dikenai sanksi bayar denda.

Pada awalnya, danau di taman fungsinya sebagai pemanis serta tempat menampung air hujan, tapi sekarang danau dipercantik dengan adanya air mancur yang saat malam tiba akan menyala.

Taman ini banyak dikunjungi saat pagi hari maupun sore hari. Di sini, bahkan Anda bisa melakukan berbagai kegiatan menyenangkan, seperti:

  • Bersantai dan Menikmati Keindahan yang Disuguhkan Taman Kambang Iwak
  • Banyak pengunjung datang ke Taman Kambang Iwak untuk bersantai serta menikmati keindahan yang dikelilingi pepohonan rindang. Sehingga udara sekitar pun segar dan Anda bisa beristirahat sejenak dari penatnya kesibukan sehari-hari.

Berolahraga

Kegiatan lainnya yang biasa dilakukan oleh pengunjung di Taman Kambang Iwak adalah olahraga. Pada sekitar taman ada jogging track yang bisa dipakai pengunjung untuk berlari ataupun hanya berjalan santai mengelilingi taman. Banyak juga anak-anak bersepeda pada sekitar taman, dan pengunjung lainnya yang bermain badminton.

Baca Juga :  Punya Puluhan Wahana Menarik Siap Menghibur, Harga Tiket Dago Dream Park Cukup Terjangkau

Setelah olahraga tentunyanya Anda akan merasa kehausan, tak perlu susah-susah cari air minum, sebab di Taman Kambang Iwak sudah ada kran air yang bisa diminum langsung tanpa perebusan dahulu.

Menghabiskan Waktu Bersama dengan Teman atau Keluarga

Jika akhir pekan atau hari libur, Taman Kambang Iwak menjadi lebih ramai dikunjungi oleh keluarga maupun muda-mudi yang habiskan waktu libur bersama.

Taman satu ini cocok sekali untuk siapapun, semua orang bisa melakukan kegiatan yang disukai di Kambang Iwak Park. Anak-anak bisa bermain di tempat yang ada, yang mana sudah dilengkapi berbagai wahana permainan seru.

Berburu Foto Terbaik

Pernah dinobatkan taman terbaik, tentunya Taman Kambang Iwak punya berbagai spot foto keren dan kece wajib dimanfaatkan. Dan tentunya semua spot foto di taman sangat Instagramable sekali serta layak untuk diposting di berbagai sosial media yang Anda punya.

Penutup

Demikian ulasan singkat mengenai Taman Kambang Iwak di Kota Palembang. Semoga informasi yang diberikan bisa berguna bagi Anda.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan