Minggu, 08 November 2020

Resep Kentang Mustofa, Enak dan Anti Melempem

Resep Kentang Mustofa



Kentang Mustofa memang akhir-akhir ini lagi viral ya moms, banyak juga orang yang bertanya. Seperti apa dan bentuknya bagaimana sih kentang mustofa ini.

Nah, kentang mustofa itu adalah seperti kentang goreng biasa. Bentuknya seperti stik dan memiliki rasa yang renyah serta gurih. Kentang Mustofa ini sendiri juga anti melempem ya moms.

Sehingga sangat cocok jika disimpan dalam waktu yang lumayan lama. Tentunya cara penyimpanannya harus di tempat kedap udara ya moms.

Resep dan cara pembuatan kentang mustofa ini terbilang cukup mudah ya moms. Meskipun mama membuatnya dalam jumlah kecil atau jumlah besar. Tetap saja membuatnya terbilang mudah. Sepertinya sangat cocok untuk membuka bisnis berjualan kentang mustofa disaat seperti ini.

Secara garis besar, pembuatan kentang goreng mustofa ini dilakukan dengan diparut atau dipotong sebesar korek api ya moms. Kemudian ditaburi dengan balado sebagai penyedap rasanya. Sehingga kalian akan menemukan sensasi rasa yang gurih serta pedas manis.

Kentang Mustofa ini biasanya juga menjadi sajian ketika musim lebaran. Disandingkan dengan ketupat opor. Rasa kentang mustofa juga semakin nikmati jika mama menghidangkannya bersama nasi hangat atau juga sayuran.

Oke deh, tanpa berlama-lama lagi. yuk kita mencoba membuatnya sendiri kentang mustofa dirumah aja ya.

Bahan yang diperlukan

  1. 1 kg kentang
  2. 15 batang cabai merah
  3. 5 batang cabai rawit merah
  4. 4 siung bawang putih
  5. 3 lembar daun jeruk
  6. Garam secukupnya
  7. Penyedap rasa secukupnya
  8. 1 sendok teh air jawa
  9. Minyak goreng

Langkah membuat Kentang Mustofa :

  1. Ambil semua kentang yang sudah mama siapka tadi. kemudian cuci bersih dan lepas semua kulit kentang.
  2. Mama bisa melakukan pemotongan dengan memarut atau potong tipis-tipis sebesar korek api. Usahakan potongan kalian tidak terlalu tipis atau terlalu tebal. Karena akan menyebabkan kentang menjadi lebih keras atau mudah rusak.
  3. Masukan kentang hasil potongan tadi ke dalam wadah, kemudiah cuci kembali hingga bersih.
  4. Kemudian rendam kentang yang sudah dipotong tadi dengan air garam selama kurang lebih 30 menit.
  5. Siapkan wajan dan Panaskan tuangkan minyak goreng secukupnya.
  6. Ambil rendaman kentang yang yang kalian lakukan tadi tiriskan terlebih dahulu kemudian goreng. Pastikan minyak goreng sudah panas ya.
  7. Jika kentang goreng sudah berubah warna atau kuning kecoklatan angkat dan tiriskan.
  8. Kemudian siapkan pembobol lain seperti bawang putih cabai air asam jawa dan haluskan menggunakan mixer atau blender.
  9. Tumis bumbu halus diatas sampai tercium bau harum kemudian tambahkan daun salam daun jeruk kemudian aduk-aduk hingga merata.
  10. Setelah sudah merata tambahkan garam dan penyedap rasa. aduk-aduk lagi sampai tercampur.
  11. Setelah itu kalian bisa menambahkan 3/4 sendok makan minyak goreng ke dalam tumisan dan aduk aduk lagi Hingga semuanya tercampur. Matikan kompor dan tunggu bumbunya hingga dingin.
  12. Setelah bumbu dingin. baru masukkan kentang goreng ke dalam wajan aduk aduk lagi hingga merata. Dilakukan tanpa memanaskan lagi bumbu bumbu halus nya ya.
  13. Kentang Mustofa sudah jadi dan siap untuk dihidangkan. Agar bertahan lebih lama kalian bisa masukkan ke dalam wadah kedap udara.

Tips mengkonsumsi kentang Mustofa.

  1. Meskipun kentang mustofa ini sudah terasa lezat tanpa aneka hidangan lain namun tidak ada salahnya Mama menyandingkannya dengan nasi hangat ataupun lauk makanan yang lain.
  2. Mama juga bisa menyandingkannya dengan opor ketupat ketika lebaran.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Disqus Comments