Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Kue Keripik Bawang 1 Kg, Gurih dan Renyah, Mudah dibuat

Resep Kue Keripik Bawang 1 Kg, Gurih dan Renyah, Mudah dibuat

Resep Kue Keripik Bawang 1 Kg (2)

Resep Kue Keripik Bawang 1 Kg

Siapa sih yang tidak kenal dengan kue keripik bawang? Kudapan renyah nan gurih ini memang sudah menjadi salah satu camilan favorit masyarakat Indonesia. Tak hanya enak, kue keripik bawang juga mudah untuk dibuat di rumah. Jika Anda ingin mencoba membuat kue keripik bawang sendiri, kami punya resep istimewa yang bisa Anda coba. Yuk, simak selengkapnya!

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat kue keripik bawang dengan takaran 1 kg, Anda membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:

  1. 1 kg bawang merah, iris tipis
  2. 500 gram tepung terigu
  3. 100 gram tepung beras
  4. 1 sdt garam
  5. 1 sdt lada bubuk
  6. Minyak goreng secukupnya

Semua bahan di atas mudah didapatkan dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk membuat kue keripik bawang sendiri di rumah.

Langkah-Langkah Pembuatan

Langkah 1: Iris Tipis Bawang Merah

Langkah pertama dalam membuat kue keripik bawang adalah dengan mengiris bawang merah secara tipis-tipis. Pastikan irisan bawang merah tidak terlalu tebal agar nantinya bisa renyah saat digoreng. Anda bisa menggunakan pisau atau alat pengiris bawang untuk mendapatkan irisan yang tipis dan rapi.

Langkah 2: Campurkan Bahan Kering

Setelah bawang merah diiris, selanjutnya campurkan tepung terigu, tepung beras, garam, dan lada bubuk dalam satu wadah. Aduk rata semua bahan kering ini hingga tercampur dengan baik.

Langkah 3: Balurkan Bawang Merah ke Dalam Adonan

Masukkan irisan bawang merah ke dalam adonan tepung. Pastikan setiap irisan bawang merah terbalut dengan adonan tepung secara merata. Aduk perlahan hingga semua bawang merah terkena adonan.

Langkah 4: Goreng Hingga Kering dan Renyah

Panaskan minyak goreng dalam wajan atau panci. Setelah minyak panas, masukkan adonan bawang merah sedikit demi sedikit. Goreng hingga berwarna kuning kecokelatan dan teksturnya renyah. Angkat dan tiriskan.

Langkah 5: Dinginkan dan Simpan

Setelah digoreng, diamkan kue keripik bawang hingga benar-benar dingin. Setelah itu, Anda bisa menyimpannya dalam toples atau wadah kedap udara agar tetap renyah.

Tips Membuat Kue Keripik Bawang yang Sempurna

Tip 1: Pilih Bawang Merah Berkualitas

Kunci utama dalam membuat kue keripik bawang yang enak adalah memilih bawang merah yang berkualitas. Pastikan Anda memilih bawang merah yang segar, tidak terlalu besar, dan tidak terlalu kecil. Bawang merah yang terlalu besar biasanya akan sulit untuk diiris tipis, sedangkan yang terlalu kecil akan cepat gosong saat digoreng.

Baca Juga :  Resep Kolak Ubi: Manisnya Nikmatnya Ubi

Tip 2: Iris Bawang Merah Tipis-Tipis

Seperti yang sudah disebutkan di atas, irisan bawang merah yang tipis adalah kunci agar kue keripik bawang bisa renyah. Jika irisan bawang merah terlalu tebal, tekstur kue keripik bawang akan menjadi kurang renyah. Oleh karena itu, pastikan Anda mengiris bawang merah dengan ketebalan yang pas.

Tip 3: Gunakan Campuran Tepung yang Tepat

Selain bawang merah, campuran tepung juga mempengaruhi tekstur kue keripik bawang. Dalam resep ini, kami menggunakan kombinasi tepung terigu dan tepung beras. Tepung terigu memberikan kerenyahan, sementara tepung beras membuat tekstur kue keripik bawang lebih renyah dan garing.

Tip 4: Goreng dengan Minyak yang Cukup Panas

Saat menggoreng kue keripik bawang, pastikan minyak goreng sudah benar-benar panas. Jika minyak goreng belum panas, kue keripik bawang akan menyerap terlalu banyak minyak dan teksturnya akan menjadi kurang renyah. Sebaliknya, jika minyak terlalu panas, kue keripik bawang bisa cepat gosong.

Variasi Rasa Kue Keripik Bawang

Selain rasa original, Anda juga bisa membuat variasi rasa kue keripik bawang yang lebih menarik. Berikut beberapa contoh variasi rasa yang bisa dicoba:

Rasa Pedas

Untuk membuat kue keripik bawang dengan rasa pedas, Anda bisa menambahkan cabai bubuk atau bubuk cabe keriting ke dalam adonan tepung. Jumlah cabai yang ditambahkan bisa disesuaikan dengan selera kepedasan masing-masing.

Rasa Keju

Ingin membuat kue keripik bawang dengan rasa keju? Caranya cukup mudah, yaitu dengan menambahkan bubuk keju atau keju parut ke dalam adonan tepung. Atau Anda juga bisa menaburi kue keripik bawang dengan keju parut setelah digoreng.

Rasa Barbeque

Rasa barbeque juga bisa menjadi variasi yang menarik untuk kue keripik bawang. Untuk membuatnya, Anda bisa menambahkan bubuk barbeque atau saus barbeque ke dalam adonan tepung.

Rasa Balado

Kue keripik bawang dengan rasa balado juga bisa jadi pilihan yang lezat. Caranya dengan menambahkan bumbu balado ke dalam adonan tepung sebelum digoreng.

Baca Juga :  Resep Opor Ayam khas Lebaran yang lezat dan nikmat

Cara Penyimpanan Kue Keripik Bawang yang Tepat

Agar kue keripik bawang yang Anda buat tetap renyah dan tahan lama, ada beberapa tips penyimpanan yang perlu diperhatikan, yaitu:

Simpan di Wadah Kedap Udara

Setelah kue keripik bawang dingin, segera masukkan ke dalam toples atau wadah kedap udara. Hal ini bertujuan untuk mencegah keripik bawang menjadi lembab dan kehilangan kerenyahannya.

Hindari Tempat Lembab

Pastikan tempat penyimpanan kue keripik bawang tidak lembab. Tempat yang lembab bisa membuat keripik bawang menjadi cepat lembek dan kehilangan tekstur renyahnya.

Simpan di Tempat Sejuk

Selain dari kelembaban, suhu juga mempengaruhi daya tahan kue keripik bawang. Simpanlah keripik bawang di tempat yang sejuk, seperti di dalam lemari atau rak tertutup.

Hindari Sinar Matahari Langsung

Paparan sinar matahari langsung juga bisa membuat kue keripik bawang cepat menjadi tengik. Oleh karena itu, pastikan tempat penyimpanannya terhindar dari sinar matahari.

Manfaat Mengonsumsi Kue Keripik Bawang

Selain lezat, ternyata kue keripik bawang juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi kue keripik bawang:

Kaya Serat

Bawang merah yang menjadi bahan utama kue keripik bawang mengandung serat yang cukup tinggi. Serat ini bermanfaat untuk memperlancar pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

Sumber Antioksidan

Bawang merah juga kaya akan antioksidan, seperti flavonoid dan allicin. Antioksidan ini berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baik untuk Jantung

Kandungan senyawa allicin pada bawang merah juga terbukti dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah, sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Menjaga Imunitas

Selain itu, bawang merah juga mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Hal ini penting untuk mencegah berbagai penyakit.

Kesimpulan

Nah, itulah resep lengkap untuk membuat kue keripik bawang dengan takaran 1 kg. Resep ini mudah dipraktikkan di rumah dan menghasilkan kue keripik bawang yang renyah dan gurih. Selain itu, kue keripik bawang juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, coba buat sendiri kue keripik bawang yang lezat ini!

Baca Juga :  Cara Membuat Mango Sticky Rice, Manis dan Gurih, Ini Resepnya

FAQ

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue keripik bawang?

Secara total, waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue keripik bawang sekitar 1-1,5 jam, tergantung dari kecepatan Anda dalam mengiris bawang merah dan menggorengnya.

Apakah kue keripik bawang bisa disimpan dalam jangka waktu lama?

Ya, kue keripik bawang bisa disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama jika disimpan dengan benar, yaitu dalam wadah kedap udara dan di tempat yang sejuk serta kering. Dengan penyimpanan yang tepat, kue keripik bawang bisa bertahan selama 1-2 minggu.

Apa saja variasi rasa kue keripik bawang yang bisa dibuat?

Selain rasa original, Anda bisa membuat variasi rasa kue keripik bawang seperti rasa pedas, keju, barbeque, dan balado. Caranya dengan menambahkan bumbu-bumbu tertentu ke dalam adonan tepung sebelum digoreng.

Apakah kue keripik bawang mengandung banyak kalori?

Meskipun terbuat dari bahan-bahan yang relatif sehat, kue keripik bawang tetap mengandung kalori yang cukup tinggi karena proses penggorengan. Satu porsi kue keripik bawang (sekitar 30 gram) mengandung sekitar 150-180 kalori.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan