Selasa, 20 Oktober 2020

Keripik Pelepah Pisang Gurih Renyah, Ini Resepnya

Resep Keripik Pelepah Pisang



Kalau dulu sering kita jumpai keripik pisang, dan itu sudah biasa. Nah kali ini ada lagi keripik dari pelepah pisang yang tidak kalah enak dari buahnya.

Akhir-akhir ini memang lagi naik daun keripik pelepah pisang atau gedebok pisang karena rasanya yang renyah serta gurih. Memang dulu pelepah pisang ini dibuang begitu aja sebagai sampah, atau ada beberapa orang yang memanfaatkannya menjadi pot organik.

Namun dengan semakin majunya pemikiran dan ide kreatif, alhasil pelepas pisang bisa disulap menjadi makanan yaitu keripik pelepah pisang. Olahan Keripik Pelepah pisang ini tentunya mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat Indonesia, khususnya pulau jawa.

Makanan yang lezat ini menjadi ikon Gunungkidul dan terus menyebar keseluruh penjuru nusantara. Serat khas pelepah pisang dipadukan dengan gurihnya rempah-rempah menjadikan makanan ini camilan yang nikmat.
 
Dalam pembuatannya, Keripik Pelepah Pisang ini sendiri tidaklah begitu rumit. Namun butuh kesabaran yang tinggi. Mengingat kita harus mencuci dan merendam pelepah pisang ini sampai getahnya luntur.

Setelah itu tinggal dicampur dengan rempah-rempah yang khas atau bisa dengan tepung siap saji, dan goreng deh. Keripik Pelepah Pisang udah jadi.

Oke deh, jika kalian masih bingung. Yuk pantengin langkah-langkah membuat Keripik Pelepah pisang berikut.
 

Bahan-bahan

  1. Secukupnya Pelepah Pisang
  2. Secukupnya Tepung Serba Guna atau merk lain
  3. Air bersih untuk merendam
  4. Topping Pedas atau Asin

Langkah-Langkah membuat Keripik Pelepah Pisang :

  1. Ambil Pelepah Pisang yang kalian siapkan tadi, dan kupas semua kulit pisangnya sampai kelihatan inti pisang. ( terlihat lebih padat seratnya )
  2. Kemudian cuci bersih dengan air mengalir.
  3. Iris tipis-tipis pelepah pisang tadi, bisa berbentuk memanjang bisa berbentuk bulatan pipih.
  4. Rendam irisan pelepah pisang tadi selama 1 sampai 2 hari.
  5. Setelah selesai direndam, cuci kembali agar getahnya benar-benar hilang.
  6. Masukan irisan pelepah pisang tadi ke dalam wadah, campurkan dengan tepung serbaguna. aduk-aduk hingga merata.
  7. Siapkan panci penggorengan dan panaskan minyak dengan api sedang. goreng sedikit demi sedikit pelepah pisang hingga berwarna kuning keemasan.
  8. Sajikan. Sisanya simpan di toples kedap udara. Kalian juga bisa mengocoknya dengan topping sesuai selera, bisa dengan rasa asin atau rasa pedas.

Bisnis keripik pelepah pisang atau gedebok pisang ini tentunya sangat menjanjikan ya moms. karena masih belum ada yang menjualnya, sehingga moment jualan online sangat terbuka pasarnya.


Disqus Comments