Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Keripik Kangkung Panggang, Simple dan Enak!

Resep Keripik Kangkung Panggang, Simple dan Enak!

Keripik Kangkung Panggang (1)

Resep Keripik Kangkung Panggang

Keripik kale yang dipanggang dalam oven dan renyah ini adalah camilan enak yang dibuat di rumah. Mirip dengan keripik kentang, kamu tidak bisa hanya memakannya sekali dan cocok untuk pesta.

Keripik kale renyah ini dibuat dengan mencampurkan tiga bahan sederhana yaitu kale segar, minyak zaitun, dan garam laut yang sudah ditaburi dan memanggangnya dengan api kecil dan perlahan selama 20 menit.

Keripik ini mudah dibuat, tidak mengandung bahan tambahan yang berbahaya, dan bahkan orang-orang yang pemilih pun dapat memakannya.

Meskipun membuat keripik kangkung itu sederhana, ada beberapa hal yang harus kamu ingat untuk mendapatkan hasil terbaik :

Daun yang benar-benar kering. Rahasia keripik kangkung yang renyah adalah mengeringkan daun secara menyeluruh.

Setelah mencuci dan memutar kangkung, bersihkan sisa air dengan tisu dapur atau serbet kering. Keripik kangkung akan rusak jika daunnya lembab.

Saat melapisi daun kangkung kering dengan minyak zaitun, berhati-hatilah untuk tidak menggunakan terlalu banyak. Jangan sampai terlalu banyak atau daun kangkung tidak akan segar lagi.

Gunakan loyang yang cukup besar agar setiap daun kangkung dapat diletakkan sejajar dalam satu lapisan. Kerenyahan daunnya tidak akan seragam. Jika perlu, panggang secara bertahap.

Baca Juga :  Menikmati Sensasi Kuliner Malam dengan Resep Martabak Telur Khas Betawi

Keripik kangkung yang dipanggang tidak boleh terlalu matang karena keripik yang berwarna cokelat akan terasa pahit.

Karena kamu tidak dapat melihat dari warnanya, sulit untuk mengetahui kapan keripik kangkung sudah selesai dipanggang.

Kamu harus mengeluarkan keripik kangkung yang sudah dipanaskan dari pemanggangan sebelum warnanya berubah menjadi kecokelatan, namun keripik kangkung tersebut masih memiliki tekstur yang lembut di bagian tengahnya.

Namun tenang saja, setelah kamu mengeluarkannya dari oven dan membiarkannya dingin, keripik kangkung ini akan tetap renyah.

Untuk mendapatkan keripik kale panggang yang renyah sempurna, kamu mungkin perlu bereksperimen sedikit untuk menemukan keseimbangan yang tepat.

Keripik kangkung panggang dapat dibuat dari semua jenis kangkung, baik kangkung pipih maupun keriting.

Jika kamu tidak memakan semua keripik kangkung panggang sekaligus, kamu harus menyimpannya dengan benar agar tetap renyah dan tidak lembek. Cara menyimpan keripik kangkung panggang di rumah :

Biarkan keripik kangkung menjadi dingin. Keripik kangkung yang baru dipanggang masih mengeluarkan kelembapan yang cukup untuk membuatnya lembek. Sebelum disimpan, biarkan keripik kangkung benar-benar dingin.

Baca Juga :  Membuat sambal Goreng Ati, Sajian Enak untuk Hidangan Keluarga

Mayoritas resep keripik kangkung panggang yang dibumbui dengan garam atau bumbu kering lainnya dapat disimpan hingga satu minggu dalam wadah kedap udara pada suhu ruangan, meskipun disarankan untuk dikonsumsi dalam waktu dua hingga tiga hari.

Di dalam lemari es, simpan keripik kale panggang yang dibumbui dengan sesuatu yang mudah rusak seperti keju dalam wadah kedap udara.

Bahan – Bahan :

  1. 1 ikat kangkung
  2. 1 sendok makan minyak zaitun
  3. 1 sendok teh garam laut yang sudah diparut

Cara Membuat Keripik Kangkung

  1. Kumpulkan semua bahan.
  2. Panaskan oven dengan suhu 150 derajat Celcius (300 derajat Fahrenheit). Gunakan kertas roti untuk melapisi loyang dengan pinggiran.
  3. Dengan menggunakan pisau atau gunting dapur, pisahkan batang daun kangkung yang tebal dengan hati-hati dan potong-potong seukuran sekali gigit.
  4. Dengan menggunakan alat pemintal salad, cuci dan keringkan kangkung.
  5. Aduk daun kangkung dengan minyak zaitun sebelum disajikan. Taburi dengan garam dan susun secara merata di atas loyang tanpa tumpang tindih.
  6. Panggang selama 20 hingga 30 menit atau hingga pinggirannya mulai kecokelatan namun tidak gosong.
Baca Juga :  Inilah Resep Donat Kentang Yang Empuk Dan Lembut

Lihat video Keripik Kangkung Panggang

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan