Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Pie Susu Mini yang Tidak Merepotkan Sekaligus Rasanya Enak

Resep Pie Susu Mini yang Tidak Merepotkan Sekaligus Rasanya Enak

Pie Susu Mini (2)

Resep pie susu mini

Resep pie susu mini bisa Anda praktikkan dan buat di rumah untuk cemilan seluruh anggota keluarga tercinta. Rasa susunya yang gurih digabungkan dengan manis gula akan menjadikan setiap orang yang memakannya ketagihan. Mulai dari anak-anak hingga orang tua menyukainya. Bahkan, Anda bisa menjadikannya produk kuliner untuk dijual lagi di pasaran. Tentu saja untuk mendapatkan keuntungan menarik.

Namun demikian, pie susunya harus dibuat dengan bahan serta langkah-langkah yang direkomendasikan agar rasanya benar-benar enak di lidah. Sudah benar Anda sekalian membaca artikel ini yang akan menginformasikan resep pie susu mini secara lengkap. Oleh karenanya, silahkan membacanya hingga tuntas.

Bahan-bahan

  • 150 gram margarin
  • 10 sendok makan tepung terigu protein sedang
  • 2 sendok makan gula halus
  • 3 butir kuning telur ayam
  • 2 butir telur ayam
  • ½ kaleng susu kental manis putih
  • 1 sendok teh pasta vanila
  • 300 ml air panas
  • Cetakan pie ukuran sekitar 7 cm

Cara membuat pie susu mini

Setelah semua bahan diatas sudah disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan resep pie susu mini dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Langkah awal membuat adonan kulit pie terlebih dulu. Caranya, siapkan sebuah mangkuk ukuran sedang, lalu masukkan ke dalamnya margarin, gula halus, dan tepung terigu protein sedang.
  2. Aduk hingga adonan kalis secara manual dengan tangan atau memakai mixer. Setelah itu, siapkan cetakan pie lalu ambil adonan 1 sendok makan dan masukkan ke dalam cetakan.
  3. Tekan-tekan adonannya hingga memipih, lalu tusuk-tusuk dasar adonannya dengan tusuk gigi. Lakukan langkah tersebut hingga semua adonan habis.
  4. Langkah berikutnya membuat adonan untuk isian pie. Caranya, siapkan sebuah wadah baskom bersih, lalu masukkan ke dalamnya 2 butir telur utuh dengan kuningan telur yang sudah disiapkan. Aduk merata dulu.
  5. Setelah itu, tambahkan susu kental manis dan pasta vanila. Aduk lagi merata. Tuangkan sedikit demi sedikit air panas ke dalam baskom sambil diaduk dengan kecepatan lebih tinggi. Tujuannya agar telur tidak matang dan menggumpal.
  6. Siapkan wadah bersih lainnya, lalu saring adonan tersebut agar kotorannya tidak ikut tercampur. Selanjutnya, tuangkan adonan isian pie tesebut ke dalam adonan kulit pie yang sudah jadi sebelumnya.
  7. Tuang secukupnya saja dan jangan sampai terlalu banyak agar tidak tumpah. Praktikkan langkah tersebut untuk semua kulit pie agar bagian tengahnya terisi adonan. Sisihkan dulu.
  8. Siapkan wajan teflon datar untuk memanggang. Cara alternatif ini bisa dilakukan untuk Anda sekalian yang tidak memiliki oven, baik microwave atau oven kompor.
  9. Letakkan tiap adonan pie diatas wajan teflon dengan tetap diberi jarak. Setelah itu, tutup wajannya dan nyalakan api kompor kecil saja.
  10. Panggang sekitar 30 menit dan jangan lupa setiap 10 menit mengecek tingkat kematangan pienya. Jangan sampai pienya overcook hingga ada bagian yang hangus.
  11. Setelah matang, angkat pienya dan biarkan beberapa waktu agar tidak terlalu panas. Siapkan sebuah piring saji datar untuk plating, lalu tata dan letakkan pie susu mini yang sudah matang diatasnya. Silahkan mencicipi dan menikmatinya. Lebih cocok lagi menemaninya dengan secangkir teh atau kopi sesuai selera Anda.
Baca Juga :  Kue Kering 3 bahan, Kue Semprit Takaran Sendok

Anda sudah mengetahui resep pie susu mini selengkapnya setelah membaca uraian diatas. Selanjutnya, silahkan coba mempraktikkannya di rumah agar bisa segera mencicipinya langsung.

Lihat video membuat Pie Susu Mini

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan