Skip to main content

Cara membuat Keripik Tempe Kriuk Gurih

La Dina

Keripik Tempe Kriuk Gurih


Keripik adalah panganan khas dari Minang. Sejatinya, keripik terbuat dari singkong yang diiris tipis dan digoreng. Bumbu-bumbunya bervariasi. Ada yang hanya menggunakan garam, ada juga yang menggunakan tambahan bumbu balado, agar rasa dan tampilan lebih menarik. 

Keripik sebenarnya ada dua jenis. Ada keripik singkong, ada juga keripik pisang. Sekiranya, itulah jenis keripik yang paling dominan dan paling banyak dikenal oleh masyarakat luas khususnya masyarakat Indonesia. 

Namun, akhir-akhir ini, ada terobosan baru dalam bahan pembuatan keripik. Banyak produsen keripik yang selalu berpacu menciptakan inovasi-inovasi baru untuk menarik perhatian pihak konsumen. 

Contoh, dengan adanya produsen keripik yang dalam membuat keripik menggunakan bahan utama yakni tempe. 
Tidak pabrik besar pembuat keripik saja yang bisa membuat keripik dari bahan tempe ini. Per orang saja, sudah bisa membuatnya. Pasalnya, langkah dan bahan-bahan tidak begitu rumit. Lalu? Bagaimana cara membuat Keripik Tempe Kriuk Gurih ini? Berikut akan dibagikan cara-caranya. 

Sebelum itu, siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya. 

Bahan-bahan: 

  1. 15 sendok makan tepung beras atau takaran 250 gram. (Sama saja. Kalau punya timbangan, pakai 250 gram, bila tidak punya pakai 15 sendok makan saja) 
  2. 7 sendok makan tepung tapioka atau setara dengan 125 gram. 
  3. 2 papan tempe jenis super atau kualitas terbaik. 
  4. 1 butir telur. 
  5. Penyedap rasa. 
  6. Air secukupnya. 

Bumbu halus, dipisahkan. Adapun bumbu halusnya adalah: 

  1. 3 siung bawang putih. 
  2. 1 siung bawang merah.
  3. 1 sendok teh ketumbar
  4. 2 ruas kencur
  5. 2 buah kemiri. 

Masuk ke dalam cara pembuatan. 

Langkah-langkah: 

  1. Iris tipis tempe layaknya mengiris tipis saat pembuatan keripik singkong atau pisang. 
  2. Bila tempe sudah diiris tipis, sisihkan terlebih dahulu. Siapkan wadah untuk mencampur bahan dan bumbu halusnya juga. Masukkan tepung beras, tepung tapioka, telur, penyedap rasa, dan semua bumbu halus. 
  3. Masukkan air secukupnya, aduk hingga adonan memiliki kekentalan standar. (Tidak terlalu encer, tidak juga terlalu padat) 
  4. Lalu, celupkan irisan tempe tadi ke dalam adonan. Celup hingga ke semua bagian tempe. Kemudian goreng dengan minyak panas dan menggunakan api sedang. 
  5. Bolak-balik hingga warna keripik tempe menjadi kuning keemasan. Angkat dan siap untuk disantap. 

Mudah, bukan? Cocok dimakan sebagai pendamping nasi. 

Selamat mencoba!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar