Skip to main content

Enaknya Tahu Kuah Kecap, Sajian Ringkas Rasa Mantap

La Dina

TAHU KUAH KECAP


Bagaimana cara mengolah tahu? Tentu saja yang paling umum dengan cara digoreng. Di rumahan pun selalu melakukan hal yang sama. Ya, alasannya sudah jelas. 

Dengan cara menggoreng tahu, tidak perlu lagi membuang banyak waktu dan tenaga. Cukup memasukkannya ke dalam minyak panas. Tunggu sekitar tiga menit, tahu pun siap diangkat dan disajikan.

Namun, cara seperti itu membuat tahu tidak memiliki rasa yang mencolok. Cenderung hambar dan kurang cocok sebagai pendamping atau teman makan nasi. 

Lagi pun, tahu memiliki banyak kadar air di dalamnya. Membuatnya kurang tepat jika digoreng bebas tanpa campuran bahan dan bumbu-bumbu lainnya.

Berbicara pasal kandungan air, usut punya usut, tahu paling cocok dimasak dengan metode kuah. Ya, alasan paling relevannya karena kuah akan dengan mudah menyerap masuk ke dalam tahu. 

Bukan tanpa alasan karena tahu memiliki sifat yang hampir mirip spons saat berhadapan dengan air. Membuat bumbu-bumbu yang terkandung dalam kuah akan mudah menyerap ke dalam tahu. 

Rasanya pun lebih nikmat dan tentunya tidak akan hambar.

Tahu Kuah Kecap merupakan salah satu cara mengolah tahu dengan metode kuah. Rasanya manis dan gurih. Lalu, bagaimana cara membuat Tahu Kuah Kecap ini? Berikut langkah-langkahnya.

Seperti biasa, siapkan bahan terlebih dahulu.

Bahan-bahan:

  1. 5 kotak tahu yang sudah dibelah dan dipotong dadu.
  2. 5 Lembar kubis. Cuci bersih terlebih dahulu dan lanjut dipotong-potong sesuai selera.
  3. Kecap secukupnya.
  4. Air secukupnya.

Adapun bumbu pelengkapnya, sebagai berikut.

Bumbu-bumbu:

  1. 3 siung bawang merah.
  2. 3 siung bawang putih.
  3. Cabai dan tomat.
  4. Garam dan penyedap secukupnya.

Bila semua bahan sudah siap, lanjut masuk ke dalam cara pembuatan.

Langkah-langkah:

  1. Tahu yang sudah dipotong dadu tadi, kiranya digoreng terlebih dahulu. Jangan menggoreng hingga masak. Cukup goreng tiga puluh detik saja. Tujuannya, agar kandungan air dalam tahu menyusut.
  2. Berikutnya, semua bumbu diiris tipis kemudian tumis hingga harum. Lalu, masukkan tahu, kubis dan aduk-aduk.
  3. Beri air secukupnya. Jika sudah sedikit layu, masukkan garam, penyedap, kecap, dan tunggu hingga mendidih juga kecapnya sudah meresap.
  4. Kalau dirasa sudah matang bisa langsung diangkat dan sajikan.

Selamat mencoba!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar