Lompat ke konten
Advertisements
Home » Mau Minum Es yang Enak dan Segar di Siang Hari? Coba Saja Es Goyobod Khas Bandung

Mau Minum Es yang Enak dan Segar di Siang Hari? Coba Saja Es Goyobod Khas Bandung

Resep es goyobod

Keyword : resep es goyobod

Mau Minum Es yang Enak dan Segar di Siang Hari? Coba Saja Es Goyobod Khas Bandung

Resep es goyobod menjadi sebuah kuliner minuman khas suku Sunda di Jawa Barat. Apakah Anda sudah pernah mencicipi es goyobod? 

Bagi Anda yang tinggal di Jawa Barat, khususnya Bandung dan Garut, tentu sangat mengenalnya. Pasalnya, penjual es goyobod cukup banyak di pinggiran jalan. 

Apalagi saat bulan Ramadhan datang, dipastikan penjualnya makin banyak karena es goyobod bisa dijadikan menu takjil berbuka yang enak sekaligus menyegarkan.

Rasa es goyobod yang manis dan gurih sangat cocok dinikmati saat siang hari yang panas. Rasa gurihnya tercipta dari kuah santan es yang pastinya menggoyang lidah. 

Jika masih tak percaya, silakan coba mencicipinya sendiri. Anda yang tinggal di luar Jawa Barat tak perlu khawatir karena bisa membuat es goyobod sendiri di rumah. 

Baca Juga :  Aneka Resep Minuman Takjil Cheese Tea Asal Taiwan

Anda tinggal menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Setelah itu, mempraktikkan cara membuatnya seperti diinformasikan pada resep es goyobod berikut.

Bahan goyobod

  1. 1 bungkus tepung hunkwe
  2. 300 ml santan encer
  3. ½ sendok teh garam
  4. 1 sendok makan gula pasir

Bahan kuah santan

  1. 500 ml santan
  2. 2 lembar daun pandan
  3. 2 sendok makan tepung maizena dilarutkan dengan 2 sendok makan air matang
  4. 200 gram gula pasir
  5. 1 sendok teh garam

Bahan pelengkap

  1. 1 buah alpukat matang dipotong dadu
  2. 1 buah kelapa muda dikerok daging buahnya
  3. 100 gram tape ketan hitam
  4. 50 gram kolang-kaling matang
  5. Susu kental manis rasa vanila secukupnya
  6. Es batu secukupnya

Cara membuat es goyobod

Sponsor topwisata.info

Setelah semua bahan di atas siap, silahkan mempraktikkan langkah resep es goyobod berikut.

  1. Buat dulu goyobodnya. Ambil sebuah wadah, lalu campurkan semua bahan goyobod. Setelah itu, rebus dan masak campuran bahan tersebut dan terus aduk hingga mendidih. Setelah matang, sisihkan dan dinginkan beberapa saat.
  2. Siapkan cetakan agar-agar bentuk segiempat atau yang lainnya. Tuangkan adonan goyobod ke dalam cetakan dan simpan dalam freezer sekitar 30 menit. Setelah itu, keluarkan goyobod dan potong dadu. Goyobod siap diracik es.
  3. Langkah berikutnya membuat kuah santan es goyobod. Siapkan sebuah panci ukuran sedang dan nyalakan kompor api kecil saja. Lalu, campurkan santan, gula pasir, garam, dan daun pandan. Aduk perlahan hingga merata.
  4. Setelah itu, masukkan larutan tepung maizena ke dalamnya. Aduk terus hingga kuah mengental. Matikan kompor dan diamkan beberapa saat.
  5. Setelah goyobod dan kuah jadi, Anda bisa meracik es goyobod yang enak dan segar. Siapkan dulu mangkuk besar atau gelas besar. 
  6. Masukkan dengan porsi secukupnya potongan buah alpukat, tape ketan hitam, kolang-kaling, daging kelapa muda, dan goyobod. Tambahkan susu kental manis secukupnya. Beri es batu secukupnya. Lalu, siram kuah santan.
Baca Juga :  Membuat Kentang Goreng Seenak KFC MCD : Resep & Langkah

Akhirnya, resep es goyobod sudah selesai dibuat dan siap dicicipi. Ajak semua anggota keluarga dan orang terdekat menikmati es goyobod yang enak dan segar itu.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sponsor topwisata.info