Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Mau Mencicipi Bistik Ayam Ala Keraton? Begini Resepnya

Mau Mencicipi Bistik Ayam Ala Keraton? Begini Resepnya

Bistik Ayam (1)

Resep bistik ayam

Resep bistik ayam menjadi informasi berikutnya yang perlu Anda ketahui. Masakan bistik populer di Provinsi Jawa Tengah, khususnya di Kota Solo, Yogyakarta, dan sekitarnya.

Bistik berasal dari kata beef steak atau steak daging yang biasa disantap oleh bangsawan Belanda. Namun, kalangan ningrat keraton memasukkan beberapa jenis sayuran lokal, mengurangi porsi dagingnya, dan memberi kuah agar masakan tersebut lebih cocok dengan lidah orang Indonesia.

Akhirnya, terciptalah masakan bistik daging yang berkuah ringan dan gurih. Dalam perkembangannya, bistik yang biasanya menggunakan daging sapi diganti dengan daging ayam sehingga lebih ekonomis.

Rasanya tetap lezat dan sesuai lidah orang Indonesia. Anda juga bisa memasak resep bistik ayam sendiri di rumah yang caranya tidak begitu sulit. Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 200 gram daging ayam fillet diiris
  2. 1 buah tomat merah dicincang halus
  3. ½ siung bawang bombay diiris memanjang
  4. 1 buah kentang dipotong dadu
  5. 1 buah wortel dipotong dadu
  6. 2 helai buncis dipotong
  7. 2 sendok makan saus tomat
  8. 3 sendok makan kecap manis
  9. ½ sendok teh pala bubuk
  10. 1 sendok teh garam
  11. 1 sendok teh gula pasir
  12. Kaldu bubuk secukupnya
  13. Air matang secukupnya
  14. Minyak goreng secukupnya
  15. Bawang goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep Oseng Mercon Jogja, Pedasnya Bikin Nagih

Bumbu yang dihaluskan

  1. 4 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 1 sendok teh merica butir atau bubuk

Cara memasak bistik ayam

Setelah semua bahan dan bumbu diatas siap, Anda dapat segara memasak resep bistik ayam dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan daging ayam dulu di bawah air mengalir, lalu diiris sesuai selera. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Lalu, masukkan daging ayam dan tomat. Aduk merata hingga berubah warna.
  3. Masukkan bawang bombay, kentang, dan wortel. Aduk merata.
  4. Tuangkan air matang secukupnya dan kecilkan api kompor. Lalu, tambahkan saus tomat dan kecap manis. Aduk perlahan dan masak hingga sayuran matang.
  5. Setelah itu, masukkan potongan buncis dan bumbui dengan garam, gula pasir, dan pala. Masak terus hingga matang dan tercium aroma khasnya.
  6. Silahkan Anda mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasa. Tambahkan kaldu bubuk secukupnya jika rasanya kurang pas. Lalu, Aduk lagi sebentar. Matikan kompor dan masakan bistik ayam sudah matang, siap dihidangkan.
  7. Siapkan sebuah piring atau mangkuk saji ukuran sedang. Tuangkan bistik ayam yang sudah matang ke atasnya. Taburi bawang goreng secukupnya agar lebih sedap. Jangan lupa menyiapkan sepiring nasi hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Papeda, Jajanan Sekolahan yang Sehat

Mudah bukan cara memasak resep bistik ayam? Maka dari itu, silahkan Anda coba sendiri memasaknya di rumah. Dijamin rasanya maknyus. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan