Lompat ke konten
Home » Memasak Resep Bistik Belanda ala Chef Norman Ismail yang Lezat

Memasak Resep Bistik Belanda ala Chef Norman Ismail yang Lezat

Bistik Belanda ala Chef Norman Ismail (1)

Resep bistik Belanda

Resep bistik Belanda sangat spesial karena salah satu menu masakan Western yang memiliki citarasa Nusantara.

Anda mungkin mengenal masakan bistik seperti kuliner khas Solo, Jawa Tengah yang rasanya benar-benar lezat.

Namun, bistik yang sekarang merupakan resep dari chef Norman Ismail yang ternyata cara memasaknya cukup mudah serta praktis.

Bistik tersebut berbahan daging sapi khas dalam atau jenis terderloin. Dimasak hingga matang, lalu dihidangkan dengan mashed potatoes dan saus krim yang gurih.

Anda sekalian yang menyukai masakan Western harus mencobanya. Bukan hanya coba mencicipinya saja, tetapi juga perlu memasaknya sendiri di rumah. Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca resep bistik Belanda selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 200 gram daging terderloin atau daging sapi khas dalam tanpa lemak
  2. 2 sendok minyak olive
  3. 1 buah kentang
  4. 50 ml susu full cream
  5. 100 gram krim vanila kental
  6. 2 sendok makan mentega
  7. 5 siung bawang putih digeprek
  8. ½ ikat bayam diambil daunnya saja
  9. ½ sendok teh garam
  10. ½ sendok teh lada bubuk
  11. 1 tangkai rosemary
Baca Juga :  Resep Makaroni Keju Mozzarella

Cara memasak bistik Belanda

Setelah semua bahan diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep bistik Belanda dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging sapi di bawah air mengalir. Setelah itu, potong daging dengan ketebalan sekitar 2 cm.
  2. Bumbui daging dengan garam dan lada bubuk secukupnya di seluruh permukaannya. Selanjutnya, panaskan wajan datar berlapis teflon atau anti lengket dan beri minyak olive.
  3. Setelah panas, masukkan daging yang sudah dibumbui ke dalam wajan. Tambahkan mentega, rosemary, dan bawang putih. Aduk merata.
  4. Jangan lupa daging dibolak-balik agar matangnya merata. Jika Anda mengingkan tingkat kematangan dagingnya medium, cukup memasaknya sekitar 3 menit saja di kompor api sedang.
  5. Namun jika ingin lebih matang lagi, masak sekitar 5 – 6 menit. Setelah bistik matang, angkat dan tiriskan. Diamkan sejenak agar tidak terlalu panas.
  6. Langkah berikutnya membuat pure kentang. Caranya, hancurkan dan lembutkan kentang yang sudah disiapkan. Setelah itu, masukkan ke dalam wajan kecil dan campur dengan susu full cream dan mentega secukupnya.
  7. Tambahkan sedikit garam, lalu panaskan di api kompor kecil saja sambil terus diaduk merata. Pastikan tekstur purenya lembut dan tidak terlalu kental maupun encer. Anda bisa mencicipi sedikit purenya untuk mengkoreksi rasanya. Jika rasanya sudah pas, matikan kompor dan diamkan beberapa saat.
  8. Langkah selanjutnya membuat saus untuk bistik. Caranya, siapkan wajan penggorengan kecil dan nyalakan api kompor kecil. Masukkan mentega secukupnya dan krim kental. Aduk merata.
  9. Tambahkan rosemary, garam, dan lada bubuk secukupnya. Aduk merata dan masak hingga mendidih. Silahkan mencicipi sedikit sausnya untuk mengkoreksi rasanya. Angkat dan saring untuk mendapatkan sausnya saja.
  10. Anda juga perlu menumis bayamnya. Caranya, panaskan wajan penggorengan dan beri mentega secukupnya. Setelah panas, masukkan bayam dan bumbui dengan sedikit garam. Aduk merata dan masak hingga bayam layu. Setelah itu, angkat dan sisihkan.
  11. Semua sudah selesai dimasak dan tinggal diplating. Siapkan piring saji untuk plating. Taruh daging bistik Belanda yang sudah matang diatas piring. Lalu, taruh bayam diatas daging. Taruh pure kentang di pinggirnya beserta sausnya.
Baca Juga :  Resep Keripik Tahu yang Renyah dan Cocok Menemani Bersantai

Resep bistik Belanda selesai dimasak dan siap disantap. Meskipun menu Western, tetapi rasanya masih tetap lezat dan cocok disantap oleh lidah masyarakat Indonesia. Selamat mencoba.

Lihat Videonya :

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sponsor topwisata.info