Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Martabak Aceh yang Lebih Sehat Tanpa Minyak Goreng

Resep Martabak Aceh yang Lebih Sehat Tanpa Minyak Goreng

Martabak Aceh (1)

Resep martabak Aceh

Ada resep martabak Aceh yang bisa Anda praktikkan di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan harganya murah.

Anda mungkin sudah pernah mencicipi martabak telur atau martabak bangka yang rasanya memang menggoyang lidah.

Sebenarnya, martabak Aceh dengan jenis martabak lainnya tidak jauh berbeda. Namun, cara memasak martabak Aceh hanya dengan sedikit minyak goreng atau menggunakan margarin, sehingga lebih menyehatkan tubuh.

Selain itu, martabak Aceh bisa menggunakan cincangan daging ayam dan udang rebus. Jadi, Anda dapat membayangkan sendiri kelezatannya.

Apalagi setelah dibumbui agar lebih sedap semua bahannya. Lalu, bagaimana resep martabak Aceh selengkapnya? Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian berikut yang semoga bermanfaat.

Bahan untuk kulit martabak

  1. 250 gram tepung terigu
  2. 3 butir telur ayam dikocok lepas
  3. 3 gelas air putih
  4. 50 gram margarin dipanaskan hingga mencair

Bahan untuk isi martabak

  1. 150 gram udang segar dibuang kepala dan cangkangnya, lalu dicincang kasar
  2. 150 gram daging ayam tanpa tulang direbus lalu dicincang kasar
  3. 3 siung bawang putih dicincang halus
  4. 1 butir bawang bombay diiris tipis
  5. 1 sendok makan margarin untuk menumis
  6. 1 tangkai daun bawang dipotong kecil
  7. 1 gelas air putih
  8. ½ sendok teh garam
  9. ½ sendok teh kaldu bubuk
  10. ¼ sendok teh merica bubuk
Baca Juga :  Resep Tahu Aci Gejrot, Variasi Kuliner Khas Cirebon yang Rasanya Lebih Mantul

Cara memasak martabak Aceh

Setelah semua bahan diatas disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep martabak Aceh dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama membuat adonan kulitnya dulu. Caranya, siapkan wadah baskom lalu masukkan tepung terigu, telur ayam, dan air sedikit demi sedikit. Aduk merata dengan tangan hingga kalis.
  2. Tambahkan margarin cair, lalu aduk merata lagi. Setelah itu, panaskan wajan bundar teflon masukkan sekitar 2 sendok makan adonan. Ratakan dan tunggu beberapa detik hingga berwarna kecoklatan. Angkat dan sisihkan. Lakukan langkah tersebut hingga semua adonan kulit martabak habis.
  3. Langkah berikutnya membuat isi martabak. Caranya, panaskan wajan penggorengan dan beri margarin yang sudah disiapkan untuk menumis. Setelah panas dan mencair, masukkan bawang putih dan bawang bombay. Tumis hingga harum.
  4. Tambahkan udang, daging ayam, daun bawang, lalu tuangkan air. kecilkan api kompor dan bumbui dengan garam dan kaldu bubuk. Aduk merata dan masak hingga airnya menyusut. Anda bisa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah matang, angkat dan sisihkan.
  5. Selanjutnya, ambil selembar kulit martabak, lalu beri dua sendok makan bahan isiannya. Setelah itu, lipat semua ujungnya dan rekatkan dengan sedikit air. Lakukan langkah tersebut hingga semua kulit martabak beserta bahan isiannya habis. Martabak Aceh sudah matang dan siap dihidangkan.
  6. Siapkan piring saji untuk plating. Taruh dan tata semua martabah Aceh yang sudah matang diatasnya. Lengkapi dengan cabai rawit hijau dan saus cabai atau tomat sesuai selera Anda.
Baca Juga :  Jadi Teman Minum Kopi, Barongko Pisang Legit dan Manis

Akhirnya, resep martabak Aceh selesai dimasak dan bisa langsung dicicipi. Anda bisa membuatnya di rumah dengan langkah-langkah yang sudah diuraikan diatas. Selamat mencoba.

Lihat Videonya :

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan