Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Mau Tahu Resep Sroto Banyumas yang Mantul? Begini Caranya

Mau Tahu Resep Sroto Banyumas yang Mantul? Begini Caranya

Sroto Banyumas (1)

Resep sroto Banyumas

Resep sroto Banyumas menjadi informasi yang menarik untuk Anda sekalian simak di dunia kuliner. Khususnya kuliner khas Nusantara yang mempunyai citarasa unik sekaligus sedap.

Salah satunya adalah sroto Banyumas, yaitu masakan berkuah mirip soto tetapi ada perbedaannya di bagian sambal. Biasanya sambal soto dibuah dari cabai rawit yang dihaluskan, tetapi sroto Banyumas menggunakan sambal kacang sebagai pelengkapnya.

Adapun isiannya kurang lebih sama, yaitu daging sapi atau ayam sebagai bahan utamanya. Sroto Banyumas cocok disantap dengan nasi hangat.

Biasanya ditemani tempe mendoan atau gorengan lainnya yang juga populer di daerah Banyumas, Jawa Tengah. Anda mungkin ingin mencicipinya kuliner yang satu ini.

Tak perlu jauh-jauh datang ke Banyumas karena bisa memasaknya sendiri dengan membaca resep sroto Banyumas selengkapnya di bawah ini.

Bahan-bahan

  1. 300 gram daging sapi
  2. 1,5 liter kaldu sapi
  3. 500 ml santan
  4. 1 batang serai digeprek diambil bagian putihnya
  5. 3 cm lengkuas digeprek
  6. 1 lembar daun salam
  7. 2 lembar daun jeruk
  8. 1,5 sendok makan garam
  9. ½ sendok makan gula Jawa
  10. ¼ sendok teh kaldu bubuk
  11. 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis
  12. Air matang untuk merebus daging secukupnya
Baca Juga :  Opor Ayam Pedas Khas Cepu yang Dijamin Menggugah Selera

Bumbu yang dihaluskan

  1. 6 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 3 butir kemiri
  4. 2 cm jahe
  5. ½ sendok teh ketumbar bubuk
  6. ¼ sendok teh lada bubuk
  7. 1 cm kunyit

Bahan untuk sambal kacang

  1. 100 gram kacang tanah goreng
  2. 25 gram krupuk bawang goreng
  3. 15 buah cabai rawit atau sesuai selera
  4. 2 siung bawang putih direbus
  5. ¼ sendok teh garam
  6. Air matang secukupnya

Bahan pelengkap

  1. 3 buah ketupat dipotong-potong
  2. 100 gram soun direndam air panas lalu ditiriskan
  3. 100 gram touge dicuci bersih
  4. 1 batang daun bawang diiris tipis
  5. 1 batang seledri diiris tipis
  6. Bawang goreng secukupnya

Cara membuat sroto Banyumas

Setelah semua bahan dan bumbu diatas siap, Anda dapat segera memasak resep sroto Banyumas dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Pertama, bersihkan dulu daging sapi di bawah air mengalir, lalu merebusnya sekitar 60 menit atau hingga empuk. Anda yang memiliki panci presto bisa merebusnya lebih cepat. Setelah itu, angkat dan potong-potong ukuran sedang. Sisihkan. Air sisa rebusan yang sudah menjadi kaldu jangan dibuang karena masih dibutuhkan untuk memasak.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Lalu, masukkan batang serai, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk. Tumis terus hingga layu.
  3. Masukkan potongan daging sapi dan masak hingga berubah warna. Setelah itu, tuangkan kaldu sapi ke dalam wajan dan aduk merata.
  4. Tambahkan garam, gula Jawa, dan kaldu bubuk. Aduk terus hingga mendidih. Masukkan santan kelapa dan kecilkan api kompor. Aduk perlahan agar santan tidak pecah. Cicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreki rasanya. Jika sudah pas rasanya, matikan kompor. Masakan sroto Banyumas sudah matang. Anda tinggal membuat sambal kacangnya.
  5. Caranya cukup mudah. Siapkan cobek lalu tuangkan semua bahan ke dalamnya, kecuali air matang. Setelah itu, uleg hingga halus. Tuang sedikit air matang dan aduk hingga tercampur rata. Jangan terlalu encer. Sambal kacang sudah siap.
  6. Siapkan sebuah mangkuk ukuran sedang untuk plating. Masukkan potongan ketupat ke dalamnya. Lalu, beri soun, touge, daun bawang, dan seledri secukupnya. Setelah itu, siram dengan kuah sroto beserta dagingnya yang sudah matang. Taburi bawang goreng secukupnya. Jangan lupa beri sambal kacang secukupnya.
Baca Juga :  Empuk, Sedap dan Enak, Ini Dia Resep Swedish Meatball

Akhirnya, resep sroto Banyumas sudah matang dan siap dicicipi. Cukup mudah bukan cara memasaknya? Silahkan Anda coba sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan