Lompat ke konten
Home » Pepes Ayam Bumbu Putih Khas Sunda yang Rasanya Dijamin Mantul

Pepes Ayam Bumbu Putih Khas Sunda yang Rasanya Dijamin Mantul

Pepes Ayam Bumbu Putih (1)

Resep pepes ayam

Resep pepes ayam menjadi salah satu menu paling favorit Nusantara. Sebenarnya, pepes bisa dimasak dengan berbagai bahan utama. Misalnya, pepes ikan yang paling umum dimasak.

Selain itu, ada pepes tahu, tempe, telur, jamur, dan lain sebagainya. Sementara itu, bumbu pepes juga berbeda dilihat dari asalnya. Bumbu pepes khas Jawa Timur yang berasa pedas dan cukup tajam.

Ada juga bumbu pepes khas Jawa Tengah yang gurih sedap. Sekarang, akan diinformasikan kepada Anda sekalian bumbu pepes putih khas sunda dengan isian potongan ayam.

Jadilah pepes ayam khas Sunda yang rasanya dijamin menggugah selera. Sangat cocok disantap untuk makan siang atau malam. Berikut informasi resep pepes ayam selengkapnya yang harus Anda baca.

Bahan-bahan

  1. 1 kg daging ayam
  2. 100 gram daun kemangi
  3. 500 ml air matang
  4. 12 buah cabai rawit utuh atau sesuai selera
  5. 5 buah cabai merah besar dipotong-potong
  6. 2 buah tomat merah diiris tipis
  7. 2 batang serai dipotong-potong sekitar 5 cm
  8. 12 lembar daun salam
  9. Daun pisang secukupnya untuk membungkus
  10. Minyak goreng secukupnya untuk menumis
  11. Tusuk gigi secukupnya
Baca Juga :  Inilah Cara Memasak Sup Ikan Nila yang Sedap dan Lezat

Bumbu yang dihaluskan

  1. 6 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 5 butir kemiri
  4. 1 sendok makan ketumbar bubuk
  5. 4 cm jahe
  6. 4 cm lengkuas
  7. 2 sendok makan garam

Cara membuat pepes ayam

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disiapkan, Anda bisa segera memasak resep pepes ayam dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging ayam di bawah air mengalir. Lalu potong-potong menjadi 10 bagian. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis semua bumbu halus hingga harum. Lalu, masukkan potongan ayam dan masak hingga tercampur rata dengan tumisan bumbu dan berubah warna.
  3. Tuangkan air matang ke dalam wajan dan aduk merata. Kecilkan api kompor dan masak hingga bumbu meresap serta airnya menyusut. Matikan kompor dan bumbu pepes sudah siap.
  4. Selanjutnya, siapkan daun pisang untuk membungkus. Ambil 2 lembar daun pisang. Lalu, taruh diatasnya 2 potong ayam beserta bumbu pepes. Tambahkan daun kemangi secukupnya, 2 lembar daun salam, potongan serai, tomat, cabai merah, dan cabai rawit. Setelah itu, bungkus semua isian tersebut dan sematkan kedua ujungnya dengan tusuk gigi.
  5. Lakukan cara tersebut hingga semua bahan habis. Setelah itu, siapkan panci kukusan dan masukkan pepes ke dalamnya. Lalu, kukus sekitar 30 menit.
  6. Setelah itu, matikan kompor dan buka tutup panci kukusan agar uap panasnya menghilang.Akhirnya, pepes ayam sudah matang dan siap dihidangkan. Siapkan piring saji untuk plating. 1 – 2 bungkusan pepes dan cabut tusuk gigi di tiap ujung bungkusannya. Letakkan diatas piring dan buka bungkusannya. Jangan lupa menyiapkan nasi hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Mudah membuat Seblak Sederhana

Cukup mudah bukan membuatnya? Itulah resep pepes ayam khas Sunda yang dijamin rasanya mantul. Selamat mencoba.

Sponsor topwisata.info