Lompat ke konten
Home » Balado Bandeng, Cocok untuk Seluruh Keluarga

Balado Bandeng, Cocok untuk Seluruh Keluarga

Balado Bandeng (1)

Resep balado bandeng

Ada resep balado bandeng yang cara memasaknya mudah, cepat, tetapi rasanya dijamin lezat dan disukai seluruh keluarga.

Anda dapat memasaknya untuk menu mingguan yang tiap pekan bisa menghidangkannya di meja makan untuk disantap bersama keluarga.

Menu kuliner yang satu ini benar-benar menggugah selera. Daging bandeng yang empuk dan gurih karena sudah digoreng sebelumnya. Dikombinasikan dengan bumbu balado yang gurih pedas.

Sebenarnya sudah ada bumbu balado instan yang bisa dibeli di minimarket terdekat. Namun demikian, lebih mantap jika bumbunya dibuat sendiri.

Lagipula semua bahan dan bumbunya mudah didapatkan serta harganya cukup terjangkau. Jadi, jangan pernah ragu untuk coba memasaknya sendiri di rumah.

Sebelum mencobanya, silahkan Anda baca dulu uraian resep balado bandeng selengkapnya berikut. Semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 4 – 5 bandeng segar ukuran sedang
  2. 250 ml santan instan
  3. 2 buah jeruk nipis
  4. 1 buah tomat merah diiris tipis
  5. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Lumpia Udang Mayonais yang Cocok untuk Cemilan Keluarga

Bumbu yang dihaluskan

  1. 8 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  2. 4 buah cabai merah keriting
  3. 6 siung bawang merah
  4. 3 siung bawang putih
  5. 3 buah tomat merah ukuran besar
  6. ½ sendok teh garam
  7. ½ sendok teh gula pasir
  8. Kaldu bubuk secukupnya

Cara memasak balado bandeng

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah siap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep balado bandeng dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ikan bandeng di bawah air mengalir. Buang sisik dan semua kotoran di perut serta insangnya. Setelah itu, beri perasan jeruk nipis dan aduk merata. Diamkan sekitar 20 menit untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah 20 menit, cuci semua ikan bandengan di bawah air mengalir. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banya untuk menggoreng ikan bandeng. Pastikan minyak goreng sudah panas agar ikan tidak menempel di wajan saat digoreng. Setelah panas, masukkan satu per satu ikan bandeng ke dalam wajan. Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  3. Langkah berikutnya, panaskan lagi wajan penggorengan dan ganti minyak gorengnya. Lalu, beri minyak goreng secukupnnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum.
  4. Masukkan irisan tomat, ikan bandeng yang sudah digoreng tadi, serta santan. Aduk merata. Masak di api kompor kecil saja hingga mendidih. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasa. Jika rasanya masih kurang pas, tambahkan kaldu bubuk secukupnya lalu aduk sebentar.
  5. Setelah matang, matikan kompor dan balado bandeng siap disajikan. Siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan masakan yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang goreng merah secukupnya jika ada. Siapkan juga nasi hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Memasak Steak Ayam Saus Barberque yang Lezat ala Western

Memasak resep balado bandeng cukup mudah, bukan? Silahkan Anda coba sendiri di rumah. Setelah matang, ajak seluruh anggota keluarga mencicipinya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sponsor topwisata.info