Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Manisan Ubi Jalar Korea (Goguma Mattang)

Resep Manisan Ubi Jalar Korea (Goguma Mattang)

Goguma Mattang

Resep Goguma Mattang

Cobalah manisan ubi jalar (Goguma Mattang) ini resep ubi jalar yang terkenal di Korea. Gula karamel melapisi ubi jalar tebal yang telah digoreng. Hidangan ini memiliki bagian luar yang renyah dan bagian dalam yang lembut.

Mattang tampaknya berasal dari Cina. Proses karamelisasi gula secara kasar disebut sebagai “bás” dalam metode memasak mereka. Untuk lebih spesifiknya, gula dilelehkan secara menyeluruh sehingga tampak seolah-olah ada benang yang keluar dari sirup.

BAHAN-BAHAN UNTUK MANISAN UBI JALAR (PORSI 4 ORANG)

(Waktu persiapan : 35 menit termasuk waktu perendaman 30 menit, waktu memasak: 10 hingga 15 menit)

  1. 500g / 1,1 pon ubi jalar, Anda dapat menggunakan ubi jalar apa saja yang cocok untuk digoreng atau dipanggang (mis. Varietas beauregard). Sebagai informasi, saya menggunakan ubi jalar Korea.
  2. Minyak goreng untuk menggoreng (cukup untuk melumuri ubi jalar di dalam panci)
  3. Saus karamel:
  4. 3 sendok makan gula (mentah)
  5. 1 sendok makan minyak goreng (saya menggunakan minyak dedak padi)
  6. (Opsional) kacang tumbuk atau biji wijen sangrai – untuk hiasan
Baca Juga :  Resep Keumamah Khas Aceh yang Rasanya Mampu Menggoyang Lidah, Bisa Buat Lauk Makan Siang

*1 sendok makan = 15 ml

CARA MEMBUAT MANIS MANIS KENTANG

  1. Ubi jalar harus dicuci, dikupas, dan dipotong kecil-kecil jangan terlalu tebal karena akan memakan waktu lebih lama untuk matang. Kurangi pati dengan merendamnya selama 30 menit dalam air dingin.
  2. Kertas dapur dapat digunakan untuk menghilangkan air dari ubi jalar secara menyeluruh.
  3. Dalam panci besar, tambahkan minyak goreng dan panaskan hingga mencapai suhu 180 C/356 F (atau mendidih). Masak ubi hingga empuk, sekitar 5 hingga 8 menit.
  4. Letakkan ubi goreng di atas kertas dapur untuk menyerap kelebihan minyak setelah diangkat dari wajan.
  5. Dalam wajan yang sudah dipanaskan dengan baik, tambahkan minyak goreng dan taburkan gula pasir. Lelehkan dengan api sedang sampai gula larut, lalu kecilkan api dengan cepat. Selama satu hingga dua menit, masukkan ubi jalar ke dalam wajan dan aduk hingga tercampur rata dengan saus.
  6. Ubi jalar akan mendingin selama tiga sampai lima menit di atas kertas roti antilengket. Sajikan. (Untuk menambah rasa gurih, kamu dapat menghiasnya dengan kacang yang dihancurkan atau biji wijen).
Baca Juga :  Empuk dan Lembut, Ini Resep Roti Gulung Cinnamon Rolls

CATATAN

  1. Kamu bisa menyantap ubi yang dilapisi gula ini dengan membuatnya lembut di dalam dan renyah di luar. Kerenyahannya berasal dari lapisan gula tetapi lapisan gula biasanya akan luntur seiring berjalannya waktu, sehingga tidak bertahan lama. Oleh karena itu, cobalah memakannya dalam waktu tiga puluh menit setelah membuatnya.
  2. Beberapa orang Korea mengganti gula dengan madu atau sirup jagung. Kamu juga bisa menggunakan ini sebagai penggantinya. Ubi jalar akan menjadi lembab dan lembut, bukannya renyah saat menggunakan ini.

Lihat video Goguma Mattang

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan