Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Ubi, pisang dan kacang rebus buat Bekal Anak Sekolah

Membuat Ubi, pisang dan kacang rebus buat Bekal Anak Sekolah

Membuat Ubi, pisang dan kacang rebus (2)

Membuat Ubi, pisang dan kacang rebus

Cara membuat ubi rebus, pisang dan kacang tanah

Untuk membuat ubi rebus, pisang, dan kacang tanah, Anda membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut: 

  1. 1 kg kacang tanah 
  2. 2 sdm garam 
  3. Air secukupnya (sampai kacang terendam) 
  4. Ubi jalar 
  5. Pisang 

Langkah Membuat ubi rebus, pisang dan kacang tanah : 

  1. Mulailah dengan membersihkan kacang dari kotoran dan kotoran[1]. Kemudian, bilas sampai bersih dan tambahkan ke dalam panci berisi air dengan garam. Didihkan air dan biarkan kacang matang hingga empuk dan empuk.
  2. Untuk membuat ubi rebus, mulailah dengan mencuci dan mengupas ubi. Potong menjadi potongan-potongan kecil dan tambahkan ke dalam panci berisi air mendidih. Masak ubi hingga empuk dan empuk[2]. Untuk pisangnya, pilih pisang yang matang namun keras, lalu potong menjadi potongan-potongan kecil. Tambahkan ke dalam panci berisi air mendidih dan masak sampai lunak dan empuk [3].

Kesimpulannya, membuat ubi rebus, pisang, dan kacang tanah adalah cara sederhana dan enak untuk menikmati bahan-bahan bergizi tersebut. Hanya dengan beberapa bahan dan langkah sederhana, Anda sudah bisa membuat camilan atau hidangan penutup yang mengenyangkan dan menyehatkan.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Bahan yang Tepat** – Pilih ubi yang keras dan bebas dari bintik-bintik lunak atau noda. Carilah pisang yang sudah matang tetapi tidak terlalu empuk, dengan sedikit warna hijau di batangnya. Saat memilih kacang, pilihlah kacang mentah tanpa garam untuk direbus.

**Persiapan dan Pembersihan** – Cuci ubi hingga bersih untuk menghilangkan kotoran dan kotoran. Gosok kulit secara lembut menggunakan sikat sayur. Untuk pisang, kupas kulitnya dan potong-potong untuk direbus. Jika menggunakan kacang mentah, bilas dengan air dingin untuk menghilangkan kotoran atau kotoran.

Baca Juga :  Resep Omelet ala Hotel yang Mudah Dibuat di Rumah

**Teknik Merebus** – Masukkan ubi ke dalam panci besar dan tutupi dengan air. Didihkan air lalu kecilkan api hingga mendidih selama sekitar 15-20 menit, atau sampai ubi empuk. Untuk pisang, masukkan ke dalam air mendidih dan masak selama 10-15 menit hingga lunak. Dengan kacang tanah, rebus selama 1-2 jam hingga matang dan empuk.

**Meningkatkan Rasa** – Pertimbangkan untuk menambahkan batang kayu manis atau beberapa irisan jahe ke dalam panci saat merebus ubi untuk menambah rasa. Anda juga bisa menambahkan sedikit garam ke dalam air untuk meningkatkan rasa manis alami ubi jalar. Untuk pisang, menambahkan sedikit ekstrak vanila atau taburan gula merah dapat meningkatkan rasa manis alaminya. Saat merebus kacang, menambahkan garam ke dalam air dapat menambah rasa pada kacang saat dimasak.

**Melayani dan Menikmati** – Setelah direbus, sajikan ubi, pisang, dan kacang tanah sebagai lauk bergizi dan beraroma, atau masukkan ke dalam resep lain. Ubi jalar dapat dihaluskan dan dibumbui untuk menambah rasa yang lezat, sedangkan pisang rebus dapat dihaluskan dan digunakan dalam makanan yang dipanggang atau dinikmati sebagai hidangan penutup sederhana. Kacang rebus bisa dibumbui dengan garam dan dinikmati sendiri sebagai camilan.

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ubi rebus, pisang, dan kacang tanah? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ubi rebus, pisang, dan kacang tanah antara lain ubi jalar, pisang, kacang tanah, garam, dan air.

Baca Juga :  Resep coklat Rasanya ala Silverqueen, Cocok buat Hari Valentine

Q: Bagaimana langkah-langkah membuat ubi rebus, pisang, dan kacang tanah? A: Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: – Pertama, bersihkan ubi jalar dan potong menjadi potongan-potongan kecil. – Kemudian, rebus ubi jalar dalam air mendidih selama 15-20 menit atau hingga empuk. – Sambil menunggu ubi jalar matang, siapkan kacang tanah dengan cara memanggangnya hingga matang. – Setelah itu, rebus pisang dalam air mendidih selama 10-15 menit. – Selanjutnya tiriskan ubi jalar, kupas kulitnya, dan potong-potong. – Setelah pisang matang, kupas kulitnya dan potong-potong. – Terakhir, sajikan ubi rebus, pisang, dan kacang tanah dengan taburan garam.

Q: Apakah ubi rebus, pisang, dan kacang tanah dapat disantap sebagai camilan atau makanan penutup? A: Ya, kombinasi ubi rebus, pisang, dan kacang tanah ini dapat disantap sebagai camilan sehat atau makanan penutup yang lezat. Rasa manis dari ubi jalar dan pisang, ditambah dengan tekstur renyah kacang tanah, menciptakan paduan rasa yang memuaskan.

Q: Apakah ada variasi lain yang dapat ditambahkan ke dalam sajian ubi rebus, pisang, dan kacang tanah ini? A: Anda dapat menambahkan madu atau sirup maple sebagai pemanis tambahan, atau bahkan menaburkan rempah-rempah seperti kayu manis atau jahe untuk memberikan sentuhan rasa yang berbeda.

Q: Apakah sajian ini cocok untuk orang-orang yang sedang menjalani diet sehat? A: Ya, ubi rebus, pisang, dan kacang tanah merupakan camilan sehat yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Ubi jalar dan pisang kaya akan antioksidan dan nutrisi penting, sedangkan kacang tanah mengandung protein dan lemak sehat. Oleh karena itu, sajian ini cocok untuk mereka yang menjalani diet sehat.

Baca Juga :  Resep Sayap Ayam Korea Ala Rumahan

Referensi : 

1.   Resep Kacang Rebus (Kacang Godog) oleh Bunda Bagus.  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari cookpad.com/id/resep/1906811-kacang-rebus-kacang-godog 

2.   4 Cara Rebus Ubi Jalar yang Benar, Mulai dari Cuci Ubi.  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari www.kompas.com 

3.   320 resep kacang rebus pisang rebus enak dan mudah.  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari cookpad.com/id/cari/kacang%20rebus%20pisang%20rebus 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan