Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Capcay Goreng Jawa wajib anda coba

Resep Capcay Goreng Jawa wajib anda coba

Capcay Goreng

Resep Capcay Goreng Jawa

Recipe By siti
Course: Capcay Goreng Cusine:ID Difficulty:Starter

Servings

2 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

10 minutes

Calories

200 kcal

INGREDIENTS

  1. wortel

  2. kembang kol

  3. sawi hijau

  4. brokoli

  5. bakso sapi

  6. udang

  7. jamur kuping

  8. bawang putih

  9. bawang bombay

  10. saus tiram

  11. kecap manis

  12. minyak wijen

  13. garam

  14. merica

  15. penyedap rasa

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Pertama-tama, siapkan semua bahan dan bumbu yang diperlukan. Cuci bersih semua sayuran dan potong-potong sesuai dengan selera.

  2. Langkah 2

    Panaskan minyak di wajan, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
    Masukkan bakso sapi dan udang, tumis hingga matang. Tambahkan sayuran yang membutuhkan waktu memasak lebih lama seperti wortel dan kembang kol.

  3. Langkah 3

    Setelah sayuran setengah matang, tambahkan sayuran lain seperti sawi hijau, brokoli, dan jamur kuping. Aduk rata dan tambahkan saus tiram, kecap manis, garam, merica, dan penyedap rasa. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur sempurna.

NOTES

    Agar capcay goreng Jawa Anda lebih lezat, Anda bisa menambahkan sedikit air kaldu ayam atau sapi saat proses memasak. Hal ini akan memberikan rasa yang lebih gurih pada hidangan Anda. Selain itu, pastikan untuk tidak terlalu lama memasak sayuran agar tetap renyah dan tidak kehilangan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Capcay goreng merupakan salah satu hidangan yang populer di Indonesia, terutama di daerah Jawa. Hidangan ini terdiri dari berbagai macam sayuran yang diolah dengan cara digoreng, sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan lezat. Capcay goreng Jawa memiliki rasa yang khas dan berbeda dari capcay goreng pada umumnya. Berikut ini adalah resep capcay goreng Jawa yang bisa Anda coba di rumah.

Baca Juga :  Apa Resep Membuat Kue Kering Sus Cokelat

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat capcay goreng Jawa, Anda memerlukan berbagai macam bahan yang mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket terdekat. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain wortel, kembang kol, sawi hijau, brokoli, bakso sapi, udang, jamur kuping, bawang putih, bawang bombay, saus tiram, kecap manis, minyak wijen, garam, merica, dan penyedap rasa. Anda juga bisa menambahkan bahan lain seperti daging ayam atau tahu sesuai dengan selera.

Langkah-langkah Pembuatan

  1. Pertama-tama, siapkan semua bahan dan bumbu yang diperlukan. Cuci bersih semua sayuran dan potong-potong sesuai dengan selera.
  2. Panaskan minyak di wajan, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  3. Masukkan bakso sapi dan udang, tumis hingga matang. Tambahkan sayuran yang membutuhkan waktu memasak lebih lama seperti wortel dan kembang kol.
  4. Setelah sayuran setengah matang, tambahkan sayuran lain seperti sawi hijau, brokoli, dan jamur kuping. Aduk rata dan tambahkan saus tiram, kecap manis, garam, merica, dan penyedap rasa. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur sempurna.
Baca Juga :  Mau Makan Gado-Gado Yang Lezat Dan Sehat? Baca Dulu Resepnya Berikut

Tips Tambahan

Agar capcay goreng Jawa Anda lebih lezat, Anda bisa menambahkan sedikit air kaldu ayam atau sapi saat proses memasak. Hal ini akan memberikan rasa yang lebih gurih pada hidangan Anda. Selain itu, pastikan untuk tidak terlalu lama memasak sayuran agar tetap renyah dan tidak kehilangan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Penyajian

Capcay goreng Jawa siap disajikan selagi hangat. Hidangkan capcay goreng Jawa dengan nasi putih hangat sebagai pendampingnya. Anda juga bisa menambahkan kerupuk atau acar sebagai pelengkap untuk menambah cita rasa hidangan Anda. Selamat menikmati!

Kesimpulan

Capcay goreng Jawa merupakan hidangan yang lezat dan bergizi. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah pembuatan yang sederhana, Anda bisa mencoba membuat hidangan ini di rumah. Jangan lupa untuk menyesuaikan bumbu dan sayuran sesuai dengan selera Anda. Selamat mencoba!

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apakah capcay goreng Jawa bisa disimpan dalam lemari es? Ya, Anda bisa menyimpan capcay goreng Jawa dalam lemari es selama 1-2 hari. Pastikan untuk memanaskannya kembali sebelum disajikan.

Bisakah saya menggunakan sayuran lain selain yang disebutkan dalam resep? Tentu saja! Anda bisa menambahkan atau mengganti sayuran sesuai dengan selera dan ketersediaan bahan di rumah.

Apakah saya bisa menggunakan saus sambal sebagai pengganti saus tiram? Bisa, namun saus sambal akan memberikan rasa pedas yang lebih kuat. Pastikan untuk menyesuaikan jumlahnya agar tidak terlalu pedas.

Baca Juga :  Memasak Daging Lebih Bervariasi, Ini Resep Roasted Beef dengan Gravy Saus

Dapatkah saya menggunakan bumbu instan sebagai alternatif dari bumbu yang disebutkan? Bisa, namun bumbu instan cenderung mengandung MSG dan bahan pengawet lainnya. Lebih baik gunakan bumbu alami untuk hidangan yang lebih sehat.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info